Tips Menata Dapur Kecil Agar Rapi dan Indah Dipandang

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

The Rumah Property – Blog.

Memiliki dapur yang minimalis bukanlah halangan untuk membuatnya terlihat rapi. Justru ukurannya yang minimalis membuat Anda harus membuat ruangan tersebut menjadi serapi mungkin agar ruangan tidak terasa penuh. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menata dapur kecil agar rapi yang bisa Anda terapkan.

 

Memanfaatkan Ruang yang Ada di Bawah Tempat Cuci Piring

 

Tempat penyimpanan di bawah tempat cuci piring (Image via pinterest.com)

 

Pipa pembuangan air pada tempat cuci piring memiliki bentuk yang berkelok-kelok. Bentuk semacam itu seringkali terlalu banyak memakan tempat. Nah, jika dapur Anda ruangannya tidak terlalu besar, bisa memanfaatkan tempat yang ada semaksimal mungkin.

Salah satu caranya adalah memakai barang-barang fungsional, seperti membuat tempat penyimpanan di bawah tempat cuci piring. Meskipun tidak terlalu besar, setidaknya tempat terbatas tersebut dapat Anda gunakan untuk menyimpan peralatan mencuci, seperti sponge, lap dan sabun.

 

Kelompokkan Peralatan Sesuai Jenisnya

 

Mengelompokkan peralatan sesuai jenis (Image via pinterest.com)

 

Tips penataan dapur minimalis agar ruangan tetap terlihat rapi adalah dengan mengelompokkan peralatan sesuai jenisnya masing-masing. Misalnya, sendok, garpu dan pisau diletakkan pada satu tempat. Kemudian, piring, gelas dan mangkok juga diletakkan di tempat yang sama.

Lebih baik lagi jika Anda meletakkan piring, gelas, sendok dan garpu di tempat yang berdekatan dengan penyajian makanan atau meja makan. Jadi, ketika Anda hendak makan, peralatan tersebut mudah untuk dijangkau.

Baca Juga:  Rumah Modern 2 Lantai Minimalis 3 Kamar

 

Gunakan Laci yang Banyak

 

Penggunaan laci yang banyak (Image via za.pinterest.com)

 

Laci merupakan tempat penyimpanan yang tidak memakan banyak tempat, karena biasanya laci berada bersama meja ataupun kitchen set. Untuk menyingkat tempat, maksimalkan laci yang tersedia. Simpan peralatan-peralatan dapur Anda di dalam laci tersebut, kemudian tata sebaik mungkin agar Anda mudah mengambilnya.

Penggunaan laci sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur dinilai lebih rapi jika dibandingkan rak, karena peralatan yang disimpan dalam laci tidak terlihat. Berbeda dengan rak, jika barang yang diletakkan terlalu banyak akan terlihat menumpuk.

 

Gunakan Wadah yang Berjenis Sama untuk Menyimpan

 

Penggunaan wadah sejenis (Image via pinterest.fr)

 

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menata dapur kecil agar rapi selanjutnya adalah menggunakan wadah yang sama jenisnya untuk menyimpan bumbu-bumbu masakan. Wadah-wadah tersebut misalnya semacam toples, botol, atau wadah lain.

Bumbu-bumbu masakan yang biasanya ditaruh dalam toples, seperti gula, garam, kopi, teh dan lain sebagainya. Penggunaan wadah yang memiliki bentuk sama sangat direkomendasikan, karena Anda bisa dengan mudah menatanya, dan bisa ditumpuk, sehingga tidak menyita banyak tempat.

 

Manfaat Dinding yang Masih Kosong

 

Manfaat dinding dapur yang masih kosong (Image via br.pinterest.com)

 

Jika Anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk menata dapur kecil agar rapi, bisa memanfaatkan dinding. Jika dinding dapur Anda masih kosong, maka dapat digunakan sebagai tempat menggantung peralatan dapur.

Baca Juga:  Daftar Manfaat Coworking Space Berikut Penting Anda Ketahui

Mungkin akan terlihat sedikit berantakan, namun jika Anda bisa menatanya dengan tepat, maka akan terlihat rapi. Jangan terlalu banyak menggantung barang, pilih peralatan yang sekiranya sering digunakan agar dinding tidak terlihat terlalu penuh. Adapun beberapa barang yang bisa digantung seperti pisau, panci, dan peralatan lain.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp