Tips Memulai Bisnis Kos yang Menguntungkan

 

The Rumah Property – Blog.

Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah bisnis properti, seperti rumah kos. Hal tersebut dikarenakan harga sewa kos yang semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga menjadikan bisnis kos termasuk dalam investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis kos, berikut tips memulai bisnis kos yang bisa diterapkan.

 

Tentukan Lokasi Yang Tepat Dan Strategis

 

Langkah awal dalam memulai bisnis penyewaan hunian berupa kos-kosan ialah, dengan menentukan lokasi tempat didirikannya bangunan. Dengan melakukan survey lokasi terlebih dahulu, maka Anda akan mengetahui seperti apa area dan kondisi lingkungan yang akan dijadikan kos-kosan.

 

Tentukan lokasi yang tepat dan strategis (image via google)

 

Umumya bisnis ini memiliki tempat yang strategis, yaitu dekat dengan keramaian, seperti perkantoran atau kampus. Apabila target Anda merupakan kos-kosan rumah tangga, ada baiknya pilih tempat yang dekat dengan pasar atau supermarket, jalan raya, dan juga rumah sakit.

Tempat-tempat umum yang mudah diakses dari kos-kosan menjadi pertimbangan penting bagi para calon penghuni kos, dan hal ini dapat dijadikan patokan tarif sewa. Semakin banyak tempat strategis di dekat kos-kosan semakin tinggi biaya sewa yang bisa Anda pasang.

 

Menyediakan Hunian Yang Aman Dan Bersih

 

Sudah sewajarnya apabila setiap orang akan lebih tertarik dengan hunian yang aman dan bersih. Selain memberikan rasa nyaman, hal tersebut juga menjadikan para penghuni betah dan tidak ragu untuk memperpanjang waktu sewa.

Baca Juga:  Ingin Membuat Rumah Gaya Khas Jepang? Gunakan Elemen Dekorasi Rumah Tinggal Berikut!

Sediakan lingkungan yang rindang dan juga tidak terlalu lembab. Anda bisa menanam aneka tumbuhan hias di area kos. Selain enak dipandang, kos yang asri menjadikan para penghuninya hidup dengan sehat.

 

Menyediakan hunian yang aman dan bersih

 

Mengenai keamanan, terdapat beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Diantaranya dengan menyediakan petugas penjaga kos-kosan, membuat peraturan jam malam, melarang selain penghuni kos untuk bertamu atau bahkan menginap, dan beberapa hal lainnya.

Biasanya pengamanan yang ketat bisa diterapkan pada penghuni kots mahasiswa atau pekerja. Namun hal ini tidak dapat diterapkan sepenuhnya pada kos-kosan rumah tangga.

 

Memberikan Fasilitas Tambahan

 

Salah satu tips memulai bisnis kos yang cukup ampuh ialah dengan menyediakan beragam fasilitas tambahan bagi para penghuni kos. Dengan fasilitas tambahan yang Anda sediakan, menjadi daya tarik tersendiri bagi calon penghuni.

 

Memberikan fasilitas tambahan

 

Beberapa fasilitas tambahan tersebut diantaranya, adanya fasilitas free Wi-Fi, galon air minum gratis, pemasangan AC tiap kamar, kamar mandi dalam kamar, layanan laundry, jasa catering, dan beragam fasilitas lainnya.

 

Mempromosikan Kos Secara Rutin Dan Tepat Sasaran

 

Sebelum mempromosikan ke media masa, ada baiknya Anda pertimbangkan harga yang sesuai dengan kos tersebut. Semakin strategis area kos, semakin lengkap fasilitas yang ada, maka harga sewa juga semakin tinggi.

Baca Juga:  Ini Daftar Furniture Ala Korea Yang Bisa Ditaruh Di Apartemen Anda

Sebaliknya jika fasilitas dan area kos-kosan dapat dikatakan kurang ideal, maka Anda turunkan harga sewa dan setarakan dengan kos-kosan pada umumnya.

Kemudian promosikan kos tersebut melalui beragam media. Baik melalui media sosial, pamflet, warta koran, dan lain-lain. Untuk cara yang lebih hemat dan efisien, gunakan media sosial yang tak membutuhkan biaya iklan terlalu besar, dan sedang marak diminati banyak orang.

Semoga beberapa tips memulai bisnis kos di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda ke depannya, dan selamat mencoba.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp