Tips Memilih Kos Bagi Mahasiswa

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

The Rumah Property – Blog.

Kos merupakan salah satu tempat penting bagi para mahasiswa. Memilih tempat kos tidak bisa sembarangan, pasalnya selama masa perantauan demi menuntut illmu, kos akan menjadi rumah kedua bagi mereka. Oleh karena itu tips memilih kos untuk mahasiswa berikut ini penting untuk Anda ketahui. Saat ini pun, pelaku bisnis kos sangat banyak, sehingga akan mudah menemukan kos yang tepat.

 

Tidak Jauh Dari Lokasi Kampus

 

Memilih kos yang berdekatan dengan kampus memiliki banyak kemudahan. Selain karena lebih dekat, hal tersebut menjadikan para mahasiswa dapat menghemat biaya transportasi.

 

Tidak jauh dari lokasi kampus (Image via pinterest)

 

Dengan jarak tempuh yang dekat maka untuk pergi ke kampus bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Disamping itu, apabila terdapat barang-barang yang tertinggal di kos, maka tidak perlu jauh-jauh atau memakan banyak waktu untuk mengambilnya.

 

Fasilitas yang di Sediakan

 

Beragam fasilitas yang umumnya disediakan oleh pemilik kos, diantaranya seperti AC (Air Conditioner), free Wi-Fi, air mineral gratis, jasa layanan catering, jasa layanan laundry, lahan parkir yang cukup luas, dan ragam fasilitas lainnya.

 

Fasilitas yang disediakan (Image via pinterest)

 

Dengan fasilitas yang memadai, tentu menjadikan para mahasiswa betah dan tak ragu memperpanjang waktu sewa, namun perlu diingat bahwa semakin lengkap fasilitas yang ada, maka semakin tinggi pula tarif yang akan dikenakan.

Baca Juga:  Inspirasi Cat Ruang Tamu dengan Gaya Minimalis

Selain itu tidak ada salahnya jika memasak makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran, atau cukup menggunakan kipas angin sebagai pengganti (air conditioner). Dapat pula dengan rajin-rajin mencuci baju di saat waktu luang, agar tidak mengeluarkan biaya laundry, semua tergantung kebutuhan masing-masing.

 

Lingkungan yang Aman dan Nyaman

 

Memilih hunian dengan lingkungan yang aman dan nyaman merupakan salah satu tips memilih kos yang sangat penting. Beberapa kos menyediakan petugas keamanan seperti satpam untuk menjaga lingkungan tetap kondusif.

 

Lingkungan yang aman dan nyaman (Image via pinterest)

 

Disamping itu ada juga kos yang menerapkan jam malam (batas bepergian di malam hari) sehingga pintu pagar tidak akan terbuka bagi para mahasiswa yang pulang malam-malam. Ada pula yang tidak memperbolehkan selain penghuni kos untuk bertamu lama-lama atau bahkan sampai menginap.

Beberapa kebijakan tersebut tentunya akan menciptakan suasana kos lebih kondusif dan terhindar dari ancaman bahaya. Karena tak jarang barang-barang berharga sejenis sepeda motor, laptop, handphone bahkan uang tunai yang berada di dalam hilang tanpa jejak.

Tak kalah pentingnya, pilihlah kamar kos yang memiliki ventilasi udara yang lebar, serta adanya tanaman-tanaman di sekitar. Sehingga menjadikan suasana kos terasa segar dan fikiran menjadi tenang. Sinar matahari yang cukup menjadikan ruangan tidak terlalu lembab.

 

Budget yang Bersahabat Dengan Kantung

 

Baca Juga:  Model Desain Sekatan Ruang Tamu Modern
Budget yang besahabat dengan kantong (Image via pinterest)

 

Dalam memilih kos ada baiknya sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pastikan harga yang ditawarkan sebanding dengan keadaan dan desain kamar, lingkungan sekitar, serta fasilitas yang disediakan. Bila perlu bandingkan dengan beberapa kos lainnya, sehingga Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih.

Diantara semua tips memilih kos tersebut yang tak kalah penting adalah kedekatan dengan pemilik kos. Karena secara tidak langsung bapak atau ibu kos tersebut akan menjadi orang tua Anda selama di tempat rantau, sehingga sisi kedekatan emosional antara penghuni dan pemilik kos merupakan hal yang penting.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp