Tips Membeli Apartemen Di Tengah Kota Untuk Pemula

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Beberapa Tips Membeli Properti Apartemen Bagi Pemula

 

Gambar Gedung Apartemen
Ilustrasi gambar apartemen (pinterest.com)

 

The Rumah PropertyBlog

Apartemen adalah salah satu jenis hunian yang banyak diminati oleh masyarakat perkotaan, karena apartemen merupakan tempat tinggal yang menawarkan gaya hidup praktis di era modern sekarang ini. Apartemen biasanya dibangun serentak oleh pengembang dan menawarkan berbagai tipe unit di dalamnya.

Terdapat berbagai tipe apartemen yang dapat Anda pilih, dari tipe studio, tipe 1 Bed Room, Tipe 2 Bed Room, dan Tipe 3 Bed Room pada umumnya. Namun, terdapat tipe lain yang memiliki ukuran lebih besar dari beberapa tipe tersebut. Misalnya, tipe 4 Bed Room maupun tipe unit Penthouse.

Tipe unit apartemen biasanya dihitung berdasarkan jumlah kamar, namun berbeda dengan tipe Penthouse. Tipe ini dikatakan cukup spesial, biasanya terletak di lantai teratas dan memiliki ukuran yang cukup luas.

Apartemen memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung dari segi lokasi dan fasilitas yang didapatkannya. Semakin lengkap fasilitas dan kemudahan akses yang didapatkan (lokasi strategis), tentu akan mempengaruhi segi harga dari apartemen itu sendiri.

Dari berbagai tipe, tipe studio merupakan salah satu tipe yang paling banyak diminati khususnya bagi seorang pemula yang ingin membeli apartemen.  Tipe ini merupakan tipe terkecil dan memiliki harga yang relatif terjangkau dibanding tipe lainnya.

Selain faktor dari harga juga dinilai minim resiko maupun secara perhitungan finansial. Fungsi apartemen selain sebagai tempat hunian, juga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan instrumen investasi properti Anda. Akan tetapi membeli apartemen tidak bisa dalakukan dengan sembarangan, terutama bagi Anda yang masih pemula.

Baca Juga:  Rekomendasi Tanaman Pembersih Udara Untuk Ruangan Di Rumah

Berikut adalah tips beli apartemen di tengah kota untuk pemula.

 

Memiliki Tempat Yang Strategis

 

(tisconsulting.org)

Sebelum membeli sebuah apartemen, pastikan memilih apartemen yang memiliki lokasi cukup strategis, serta sesuai dengan kebutuhan. Apartemen yang memiliki lokasi strategis, akan memberikan keunggulan berbagai fasilitas.

Biasanya apartemen tersebut dekat dengan beberapa fasilitas umum dan penting, seperti fasilitas transportasi maupun kemudahan akses, fasilitas pusat pembelanjaan, fasilitas rumah sakit, fasilitas sekolah, fasilitas perkantoran, fasilitas pusat perniagaan (kawasan bisnis) dan fasilitas lainnya.

Khususnya bagi para pebisnis, memilih apartemen strategis di tengah kota sangatlah penting. Karena hal tersebut menjadi faktor utama, yang akan memudahkan serta menunjang dalam segala aktifitas keseharian. Jadi, pastikan tempat tersebut sesuai dengan keinginan.

 

Perhatikan Harga Sebelum Membeli

 

(heatersforlife.com)

 

Beberapa unit apartemen memiliki harga beli yang sangat variatif, dimana harga tersebut tidak sama dengan harga apartemen lainnya. Perbedaan ini tergantung pada lokasi apartemen, view unit, serta fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Jika membeli apartemen, selain mempertimbangkan lokasinya, pastikan juga sesuai dengan budget Anda. Jangan sampai membeli sebuah apartemen melebihi batas budget, dan tidak menganggu cash flow.

 

Perhatikan Cara Pembayaran

 

 

(shoptiq.com.sg)

Disaat hendak membeli apartemen, Anda akan disediakan beberapa pilihan cara bayar dari pengembang. Diantaranya, cicilan bertahap (installment), KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), dan secara tunai (hard cash).

Cicilan bertahap langsung kepada Developer biasanya memberikan kemudahan bagi calon pembeli, karena tidak perlu diperlukan syarat-syarat khusus. Konsumen langsung dapat melakukan angsuran kepada pengembang, namun jangka waktunya tidak bisa panjang hingga puluhan tahun dan ditentukan oleh pihak Developer.

Baca Juga:  Ini Daftar Furniture Ala Korea Yang Bisa Ditaruh Di Apartemen Anda

Berbeda dengan KPA, konsumen dapat melakukan cicilan dengan jangka waktu yang lebih panjang hingga puluhan tahun. Namun, konsumen wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak Bank.

Jika Anda ingin membeli apartemen, dianjurkan membeli dengan cara tunai. Karena ketika Anda melakukan pembayaran dengan cara ini, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan tersebut bisa berupa diskon pembelian dan sebagainya.

 

Memilih Pengembang Dengan Reputasi Terjamin

 

 

(isre.com.au)

 

Salah satu tips beli apartemen untuk pemula adalah memilih pengembang yang sudah memiliki reputasi terjamin. Terlebih, dengan memilih pengembang atau developer yang sudah memiliki reputasi, track record yang jelas dan sudah terbukti. Misalnya, memiliki pengalaman membangun apartemen atau proyek properti lain sebelumnya.

Dengan pengalaman tersebut, dapat menjadikan kepercayaan kita untuk membeli produknya dan memberikan rasa aman dalam berinvestasi properti.

Hal ini, tentunya sangatlah penting untuk Anda perhatikan, karena dalam membangun sebuah apartemen dibutuhkan prosedur dan perizinan yang sangat kompleks.

 

Fasilitas Yang Dimiliki

 

(rumahdijual.com)

 

Dalam membeli apartemen, pastikan untuk memperhatikan fasilitas yang dimilikinya. Selain itu, berbagai fasilitas wajib ada di sebuah apartemen tentunya perlu Anda perhatikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tentang bagaimana apartemen tersebut memberikan rasa aman dan kenyamanan untuk dijadikan sebuah tempat tinggal.

Fasilitas keamanan adalah salah satu faktor utama dalam membeli sebuah apartemen. Dengan fasilitas keamanan yang terjamin, akan membuat rasa aman bagi Anda maupun keluarga.

Baca Juga:  Cara Menata Dapur Sempit yang Efektif untuk Dapur Minimalis

Fasilitas kedua yang dirasa penting adalah fasilitas parkir. Kebutuhan parkir di kawasan perkotaaan dirasa cukup penting, karena tiap penghuni rata-rata memiliki mobil atau kendaraan lainnya.

Selain itu, biasanya di suatu apartemen menawarkan berbagai fasilitas pendukung yang didapatkan di dalamnya. Tersedia berbagai jenis fasilitas yang dapat kita jumpai, seperti fasilitas kolam renang, taman bermain anak-anak (childreen playground ), gym (tempat olahraga), jacuzzi, steam & sauna, area komersil, dan berbagai fasilitas lainnya.

 

Prospek Inventasi

 

(businesscycle.com)

 

Apartemen akan menjadi salah satu properti yang memiliki nilai investasi tinggi di dalamnya jika memiliki berbagai keunggulan di dalamnya. Selain dijadikan tempat tinggal, apartemen merupakan properti yang dapat dijadikan sebagai inventasi masa depan.

Karena harga sebuah apatemen akan terus menerus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun berikutnya dalam periode tertentu. Selain memperoleh capital gain tersebut, apartemen tersebut dapat disewakan untuk menghasilkan return.

Agar mendapatkan sebuah apartemen yang bagus dari beberapa sisi keunggulan, tentunya sangat penting mengetahui tips beli apartemen dahulu. Terutama bagi Anda yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam membeli apartemen.

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

The Rumah Property (therumahproperty.com) merupakan situs web Real Estate Agent (agen properti) di Jakarta. Situs web The Rumah Property (therumahproperty.com) menyuguhkan kumpulan artikel tentang seputar properti, serta memasarkan berbagai properti piihan terbaik untuk Anda.

Kami associate agent dari Premium One Property, salah satu perusahaan agen properti profesional (property agency) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Premium One Property adalah salah satu Official Property Agency yang telah menjalin kerjasama dengan banyak Developer ternama, untuk memasarkan produk-produk unggulan dan terbaru.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan properti Anda

× Chat WhatsApp