Referensi Denah Rumah Kecil Dengan Lahan Sempit

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Tinggal di daerah perkotaan untuk sekarang ini, memang sedikit susah mendapatkan tanah dengan ukuran yang luas untuk membangun rumah kita. Di satu sisi keterbatasan ketersediaan tanah, dan sisi lainnya adalah harga tanah yang sudah cukup tinggi.

 

(Image Pinterest)

 

Pada saat membangun rumah impian, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah membuat denah rumah sesuai dengan yang diinginkan. Agar tidak ada kesalahpahaman dengan arsitek. Selain itu, rumah Anda juga bisa sesuai dengan yang Anda harapkan serta memudahkan proses pembangunan.

Jika Anda masih bingung, disini ada beberapa contoh denah rumah sederhana berkonsep rumah modular yang sangat cocok buat kalian yang baru saja berkeluarga dan ingin mencobanya.

 

Bentuk Rumah Modular

 

(Image Pinterest)

 

Dengan lahan yang terbatas terkadang Anda akan kesusahan untuk mendesain rumah. Bentuk rumah modular yang terdiri dari ruangan yang berbentuk modular dapat mengolah lahan yang terbatas tersebut secara efektif. Karena penataan ruangnya yang strategis yaitu dengan membagi kedua sisi lahan menjadi dua fungsi area yang berbeda. Keterbatasan lahan yang ada, tentu tidak akan menjadi halangan dalam mewujudkan rumah kecil Anda.

 

Pengurangan Sekat pada Rumah dengan 1 Kamar Tidur

 

(Image Pinterest)

 

Berikan sekat ruangan yang cukup besar antara ruang keluarga dengan kamar tidur, dengan ukurannya tiga perempat dinding tingginya. Dengan penggunaan sekat ini, dapat memaksimalkan ruangan yang lainnya. Misal dijadikan sebagai ruang keluaga atau ruangan yang lainnya.

Baca Juga:  Motif Cat Ruang Tamu yang Recommended Anda Gunakan

Sekat ruangan pun dapat dimanfaatkan bukan hanya sebagai dinding pemisah, melainkan sebagai tempat menaruh TV ataupun menaruh hiasan dinding lainnya. Zonasi sisa ruang lainnya dapat diiisi berbagai furniture lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan pelapis lantai berbahan kayu, dapat memberikan nuansa hangat di dalam ruangan. Penambahan karpet dan pot tanaman tentunya akan mempercantik ruangan.

 

Denah Rumah Sederhana dengan Ruang Sisa

 

(Image Pinterest)

 

Denah rumah sederhana selanjutnya adalah penataan rumah modular dengan satu kamar. Desain rumah modular ini benar-benar dapat memaksimalkan lahan yang benar sempit.

Dengan pembagian 3 ruang, antara lain kamar tidur, toilet dan stu ruang serba guna. Salah satu ruang yang menjadi ruang serba guna ini dapat dimanfaatkan sebagi ruang tamu, ruang keluarga sekaligus ruang dapur.

Sang pemilik rumah pun dapat menyesuaikan ruang serba guna ini menjadi segala jenis ruang sesuai kebutuhannya. Sebagai contoh, menjadikan sebagai living room yang dijadikan satu dengan ruang kerja, ruang baca atau ruang makan.

Dengan sisa lahan yang ada, dapat dijadikan sebagai ruang santai dengan tema out door. Sebagai coffe table, atau teras rumah yang disesuaikan dengan kegemaran dari masing-masing pemiliknya.

 

Rumah yang Dilengkapi dengan Taman Belakang

 

(Image Pinterest)

 

Rumah berikutnya adalah desain rumah modular dengan desain dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Desain rumah ini cocok bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki satu orang anak.

Baca Juga:  Cara Menata Dapur Kontrakan dengan Desain Sederhana

Rumah dengan 2 kamar tidur ini di desain dengan lay out yang cukup baik. Dengan pemanfaatan space yang luas untuk living room, dan sisa ruang yang ada diisi dengan area dapur dan sebuah tempat penyimpanan (storage). Dengan pemanfaatan space yang luas di dalam area living room, tentunya memberikan kebebasan bagi sang pemilik untuk mendekorasi area tersebut sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Terdapat sedikit sisa ruang di bagian depan rumah, dapat dimanfaatkan sebagai deck ataupun teras mungil sebagai tempat bersantai. Berikan juga pinta dan jendela dengan bahan kaca dan bukaan yang besar agar sirkulasi udara maupn cahaya menjadi lancar di dalam rumah.

Nah, itulah beberapa denah rumah sederhana yang bisa Anda coba terapkan pada rumah impian Anda bersama dengan keluarga kecil Anda. Walaupun sederhana, pasti akan tetap memberi kenyamanan apabila didesain sebaik mungkin.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp