Pilihan Model Plafon Ruang Tamu Yang Menarik

The Rumah Property – Blog

Penilaian awal seseorang terhadap suatu rumah saat berkunjung atau bertamu pastilah dari apa yang dilihat pertama kali, dan hal itu adalah ruang tamu. Karena kebanyakan orang, ruang tamu terletak berada paling depan dari denah sebuah rumah pada umumnya.

Untuk membuat kesan pertama yang baik untuk tamu yang datang, ruang tamu harus di desain dengan menarik, khususnya di bagian plafonnya yang juga akan banyak diperhatikan.

Lalu, apa saja pilihan model plafon ruang tamu yang menarik untuk dicoba di rumah Anda? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Plafon Model Lengkung

 

Model pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah plafon lengkung. Desain yang satu ini sesuai dengan ruang tamu yang strukturnya memanjang, sehingga lengkungan akan muncul seperti busur.Namun, juga cocok dengan ruang tamu yang berstruktur persegi.

 

Model plafon yang demikian ini memerlukan perhitungan yang tepat antara bentuk atap dan bentuk ruangan, sehingga sebelum pembangunan rumah pun harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pastikan sejak awal sebelum membangun rumah, Anda harus konsultasikan dulu dengan sang arsitek dan kontraktor. Agar, saat Anda menginginkan plafon yang mempunyai bentuk melengkung ini di dalam rumah, nantinya dapat terpasang dengan baik.

ara tamu yang berkunjung pasti dibuat terpukau olehnya. Selain terlihat unik, plafon ini juga memberikan kesan mewah pada rumah.

Baca Juga:  Tips Memilih Bunga Hidup Untuk Ruang Tamu

 

Plafon Model Datar

 

Berikutnya ada model plafon datar yang sangat cocok digunakan untuk plafon rumah guna menambah kesan nyaman dan simpel. Plafon yang seperti ini sangat sesuai dengan rumah yang atapnya cenderung rendah.

Desain ini juga berfungsi untuk memperluas ruangan agar tidak telihat sempit, karena bagian atas ruang tamu tidak memerlukan banyak space. Namun, untuk mencegah bentuk plafon yang mainstream karena desainnya datar, bisa disiasati dengan mencetak bentuk-bentuk yang unik.  Dengan demikian ruang tamu akan tetap kece dan menarik mata.

 

Plafon Dengan Dua Paduan Warna

 

Model plafon ruang tamu selanjutnya yakni dengan desain dua warna. Perpaduan antara warna-warna yang dipakai ini pun harus disesuaikan dengan warna interior ruang tamunya. Plafon yang seperti ini pada dasarnya hanya untuk pemanis ruangan saja.

Di sisi lain, plafon seperti ini juga digunakan untuk menambah kesan elegan bagi suasana rumah tersebut. Biasanya yang dipilih untuk dipakai adalah warna-warna yang polos. Hal ini berguna untuk memberi kesan sederhana atau simpel, walaupun ruang tamu tersebut harus memakai beberapa kombinasi warna. Namun, usahakan memadukan pilihan kedua warna tersebut agar terlihat kontras

 

Plafon Dari Kreasi Tekstil

 

Selanjutnya adalah plafon yang dibuat dari kreasi tekstil. Model plafon yang seperti ini bisa diaplikasikan di ruang tamu yang berbentuk minimalis. Hal ini berguna untuk menambah interior di dalam ruang tamu tanpa harus menambah atribut barang di dalamnya.

Baca Juga:  Model Ruang Tamu Minimalis Modern dengan Dominasi Warna yang Netral

Ruang tamu yang memakai desain seperti ini biasanya memunculkan nuansa damai sebagai kesan pertamanya. Untuk memaksimalkan desain, pembuatannya juga harus ditunjang dengan pemilihan bahan tekstil yang sesuai dengan interior, baik dari segi bahan maupun warnanya. Tujuannya adalah agar perpaduannya pun tetap dapat dan terlihat serasi.

 

Plafon Dengan Material Reflektif

 

Berikutnya ada plafon dari material reflektif, yang bisa dijadikan alternatif interior ruang tamu agar tampil lebih menarik. Bahan material yang dapat dipilih antaranya adalah logam, cermin atau kaca, keramik, maupun bahan-bahan sejenisnya. Pemilihan desain plafon yang seperti ini juga harus disesuaikan dengan desain interior ruang tamu, agar kesan yang dipadu padankan dapat menyatu dengan baik.

Material plafon ini sendiri berguna untuk menambah kesan keindahan, juga menambah pemandangan di dalam rumah. Dengan demikian, ruang tamu yang di dapat akan lebih bergaya, karena desainnya yang terlihat berbeda.

 

Plafon Berupa Susunan Kayu

 

Alternatif desain model plafon ruang tamu yang terakhir adalah dari susunan kayu. Hal ini masih jarang dipakai untuk mempercantik interior rumah, sehingga kesan menarik dan unik sangat tepat disematkan untuk model ini. Dengan menggunakan kayu yang disusun-susun, plafon rumah tidak akan terasa kosong.

Selain itu, dengan memakai kayu sebagai plafon ruang tamu akan terasa lebih sejuk dengan material alami ini. Sedangkan bentuknya yang unik, bisa menambak kesan estetik dan klasiknya semakin kental lagi.

Baca Juga:  Referensi Denah Rumah Kecil Dengan Lahan Sempit

Pastinya sangat cocok bukan untuk para pecintanya? Namun, Anda harus pandai merawatnya agar terhindar dari gangguan rayap.

 

Plafon merupakan salah satu elemen penting di dalam rumah maupun, apalagi pada ruang-ruang di dalamnya. Seperti pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dan ruangan lainnya. Maka dari itu, plafon menjadi konsentrasi utama para pemilik rumah, khususunya pada bagian ruang tamu. Karena merupakan ruangan pertama yang akan dijajaki, jika ada orang yang berkunjung ke rumah dan dapat memberikan kesan para tamu.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa model plafon untuk ruang tamu yang menarik, semoga bemanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

Ingin Membeli Properti?

Layanan Chat Jual - Beli & Sewa Properti

Therumahproperty.com – Situs agen properti online di Jakarta.

Situs website jual – beli dan sewa properti. Dapatkan berbagai listing properti dijual dan disewakan di berbagai lokasi strategis dengan harga terbaik disini.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp