Pengertian dan Perbedaan Townhouse dengan Rumah Cluster serta Kelebihan dan Kekurangannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Townhouse dan Rumah Cluster

 

The Rumah Property – Blog

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan utama bagi tiap orang untuk dijadikan tempat berteduh serta tempat beristirahat. Pada era modern ini, terdapat beberapa jenis hunian yang dapat dijadikan pilihan bagi masyarakat.

Kebutuhan akan tempat tinggal memang cukup tinggi hingga saat ini, ditambah dengan padatnya penduduk di kawasan perkotaan. Selain itu, keterbatasan lahan di kawasan perkotaan juga semakin terbatas.

 

gambar townhouse
Gambar ilustrasi denah dan lay out Townhouse (pinterest.com)

 

Mungkin, beberapa hal tersebut yang menyebabkan harga tanah di kawasan perkotaan menjadi cukup tinggi dan memberikan pengaruh terhadap harga dari sebuah hunian. Beberapa jenis hunian akan rumah tapak pun terdapat beberapa pilihan, diantaranya adalah rumah cluster dan townhouse yang dapat dijadikan pilihan sebagai tempat tinggal.

 

premier estate 3
Ilustrasi gambar gerbang Perumahan Cluster Premier Etate 3 di Kranggan, Cibubur

 

Townhouse dan Rumah Cluster Salah Satu Hunian Favorit

 

(thememylogin.com)

 

Banyak orang yang mungkin sedikit bingung mengenai pengertian dari Townhouse dan Rumah Cluster, bahkan ada yang mengira dua jenis hunian ini sama. Padahal, selain pengertian dari 2 jenis hunian tersebut. Juga terdapat perbedaan, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Sebelumnya pernah kami tulis artikel yang membahas pengertian dan sejarah singkat mengenai Townhouse. Anda dapat membacanya pada artikel Apa Itu Pengertian Townhouse?

Dalam artikel kami kali ini, ijinkan kami sedikit mengulas tentang hunian yang menjadi salah satu favorit berbagai kalangan masyarakat, yaitu Townhouse serta Rumah Cluster. Mari simak ulasannya berikut ini.

 

Pengertian Townhouse

 

Pengertian Townhouse adalah suatu jenis hunian rumah tapak (landed house), yang lokasinya rata-rata berada di kawasan perkotaan atau pusat kota. Townhouse pada umumnya dibangun eksklusif dalam jumlah relatif cukup terbatas berkisar puluhan unit, antara 10 hingga 30-an unit jumlahnya. Townhouse memiliki fasadnya yang seragam, serta dibangun secara berdekatan antara satu unit dengan unit yang lain. Pada awalnya, Townhouse ini dibangun dengan konsep exclusive serta berfasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan ekpatriat dan kelas menengah keatas.

 

pondok indah town house
Gambar ilustrasi Pondok Indah Town House di Jakarta Selatan

 

Tipe bangunan Townhose di desain dengan eksklusif oleh seorang arsitek dan dibangun dengan 2 lantai atau 3 lantai pada umumya. Namun terdapat juga unit Townhouse di Jakarta untuk saat ini yang menawarkan dengan tipe bangunan 3 lantai maupun 4 lantai.

Sebagai contoh Townhouse di Jakarta adalah Pondok Indah Town House, yang berlokasi di Jalan Deplu Raya, Bintaro, Jakarta Selatan. Townhouse ini menawarkan rumah modern nan eksklusif dengan tipe 3 lantai dan 4 lantai. Proyek Townhouse ini dibangun oleh salah satu Developer terpercaya, yakni PT Metropolitan Kentjana Tbk (Pondok Indah Group), dengan menyajikan hunian Townhouse modern include dengan private lift (optional) di dalamnya.

Hunian Townhouse mewah di Jakarta Selatan ini sangat cocok untuk masyarakat moden yang menginginkan hunian dengan okasi strategis di kawasan perkotaan dan dekat dengan kawasan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan yang memiliki berbagai fasilitas lengkap di dalam kawasannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjunginya di laman Pondok Indah Town House.

 

lay out itpe daffodil Pondok Indah Town House
Pondok Indah Town House Daffodil Type Corner 6 – Gambar denah Townhouse dengan 4 Lantai

 

Unit Townhouse, biasanya sudah menyertakan garasi pada unit huniannya, karena mempertimbangkan dari segi calon pembelinya yang kemungkinan memiliki lebih dari 1 unit mobil/kendaraan. Townhouse sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap serta mewah di dalamnya.

Seperti, fasilitas Club House, kolam renang, tempat olahraga/pusat kebugaran (gym), area jogging track, ruang terbuka hijau dan taman sebagai ruang hijau di dalam kawasan hunian, lapangan tenis, lapangan basket, tempat barbeque area, area bermain anak-anak (children playground), dan lainnya.

Pada beberapa Townhouse, juga terdapat suatu tempat berkumpul bagi para penghuni, atau dapat dijadikan sebagai ruang serba guna, seperti ruangan yang terdapat di dalam fasilitas sebuah Club House. Terdapat fasilitas umum lainnya di dalam Townhouse, seperti tersedianya taman yang luas(backyard), yang di dalamnya terdapat Bungalow/Cabana kecil (gazebo) sebagai salah satu fasilitas bersama dan dapat dijadikan sebagai tempat bersantai maupun bersosialisasi para penghuni.

Lokasi Townhouse pada umumnya berada di kawasan perkotaan/tengah kota dengan lokasi yang cukup strategis. Diantaranya, dekat dengan sarana dan prasarana penting lainnya. Seperti dekat dengan fasilitas pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran, sekolah, rumah sakit, sarana trasnportasi publik, serta dekat dengan akses tol. Segala kemudahan akses menuju ke berbagai wilayah, yang akan membantu serta memudahkan mobilisasi penghuninya menuju ke berbagai tempat.

Baca Juga:  Ketahui Manfaat Meletakkan Tanaman Di Dalam Ruangan Yang Sangat Menyehatkan

 

peta lokasi Pondok Indah Town House
Pondok Indah Town House Lokasi – Dekat Mall, Perkantoran, Rumah Sakit dan Sekolah

 

Mengingat akan keterbatasan lahan yang dimiliki pada sebuah Townhouse, tentunya semua fasilitas yang disebutkan tidak semuanya dapat dihadirkan. Namun, beberapa fasilitas saja yang tersedia.

Townhouse juga memiliki keamanan yang cukup baik bagi penghuni. Dengan menerapkan sistem akses keluar masuk dengan satu pintu (one gate system). Pada akses pintu masuk dan keluar (gerbang) hunian tersebut, biasanya dilengkapi dengan pos penjagaan oleh pihak keamanan yang berjaga selama 24 jam.


Selain berjaga di pos gerbang keluar masuk lingkungan Townhouse, biasanya pihak keamanan juga melakukan patroli rutin di sekitar kawasan Townhouse dalam beberapa periode tertentu.

Pada sekeliling Townhouse juga terdapat pagar dinding beton yang mengelilinginya, sehingga hunian ini tertutup dan private bagi penghuni.

Karena keterbatasan lahan yang tersedia di tengah kota, menjadikan Townhouse dibangun dengan jumlah yang terbilang terbatas hanya puluhan unit saja. Townhouse merupakan salah satu hunian eksklusif dan tergolong mempunyai harga yang cukup tinggi atau mahal. Sedikit menengok ke belakang, sejak awal maraknya dibangun Townhouse yang menyasar para ekspatriat yang bekerja di Indonesia kala itu pada era tahun 1990-an.

Dijumpai saat itu, beberapa warga kota besar seperti Jakarta yang membeli Townhouse ini untuk disewakan kepada para pekerja asing tersebut. Beriring berjalannya waktu, bukan hanya untuk tujuan disewakan saja unit Townhouse, melainkan sudah dijadikan sebagai hunian atau tempat tinggal pribadi baik warga lokal maupun mancanegara di berbagai kota besar.

Bagi beberapa kalangan menengah keatas yang tinggal di kawasan perkotaan, Townhouse menjadi salah satu pilihan tempat tinggal favorit. Karena berbagai keunggulan yang didapatkan, selain segala fasilitas yang didapatkan, memiliki lokasi strategis di tengah kota, dekat dengan berbagai fasilitas umum, kemudahan akses dan Townhouse menawarkan hunian yang private.

Sehingga, beberapa kalangan ingin memiliki unit Townhouse ini karena berbagai keunggulannya, tanpa melupakan sisi prestise di dalam sebuah hunian mewah. Walaupun harga per unit Townhouse dapat dikatakan cukup tinggi, bahkan ada yang mencapai harga puluhan Milyar Rupiah tiap unitnya.

 

(smartlegal.id)

 

Bagi warga Mancanegara yang sedang bekerja di Indonesia, beberapa ekspatriat ini tidak hanya sekedar menyewa unit Townhouse saja saat mereka tinggal dan bekerja disini, melainkan membeli atau memiliki unit Townhouse.

Melalui Peraturan Pemerintah tahun 2015 yang mengatur mengenai pemilikan dan peraturan properti tempat tinggal tersebut, dan diatur dalam “Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 Tahun 2015 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia”.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Peraturan Pemerintah tersebut, Anda dapat membacanya melalui situs resmi Sekretariat Kabinet Pemerintah Indonesia setkab.go.id.

 

Pengertian Rumah Cluster

 

Sekarang akan kami bahas mengenai rumah cluster. Pengertian Rumah Cluster adalah hunian rumah tapak (landed house) yang dibangun oleh perusahaan pengembang properti dengan jumlah yang cukup banyak, hingga dapat mencapai 100 hingga 300 unit rumah. Rumah cluster juga hampir mirip dengan Townhouse, menerapkan akses satu pintu masuk dan keluar (one gate system). Rumah cluster juga dikelilingi oleh pagar tembok di sekliling kawasan hunian ini.

Satu akses pintu masuk dan keluar tersebut memudahkan pihak keamanan untuk mendata dan mengawasi orang yang masuk dan keluar dengan mudah, dan memudahkan mendata antara penghuni ataupun tamu (pengunjung). Dengan sistem ini akan memberikan rasa aman bagi penghuni. Tiap unit rumah yang dibangun juga berdekatan antara satu dengan yang lainnya serta tanpa pagar, hanya tembok pembatas antara satu rumah dengan rumah lain.

 

gerbang premier estate 2
Ilustrasi foto gerbang Perumahan Cluster Premier Etate 2 di Kodau, Jatiwarna Bekasi

 

Rumah Cluster pada umumnya menawarkan rumah tipe 1 lantai atau 2 lantai dan dengan desain minimalis. Terdapat berbagai fasilitas yang terdapat di dalam rumah cluster tersebut, antara lain taman, area bermain anak-anak, dan terkadang area jogging track.

Sedikit minim fasilitas yang terdapat di dalam rumah cluster ini, dan biasanya berlokasi di pinggiran kota dan rata-rata peminat/pembelinya adalah masyarakat kalangan menengah.

Namun, dengan perkembangan sekarang ini, dijumpai beberapa developer menghadirkan rumah cluster yang menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fitur fasilitas yang dihadirkan, diantaranya fasilitas Club House, kolam renang, tempat kebugaran, ruang terbuka hijau dan taman, arena bermain anak-anak, danau buatan, internet fiber optic, utilities underground, security system 24 hour + CCTV area serta pengelolaan kompleks perumahan oleh Estate Management.

Baca Juga:  Pengertian Industri Properti dan Daftar Peluang di Dalamnya

Untuk beberapa warga di kota besar sendiri seperti di Jakarta dan kawasan sekitarnya. Rumah Cluster pun cukup diminati, mengingat harganya masih relatif terjangkau bagi sebagian masyarakat, dan terdapatnya pagar keliling serta sistem keamanan dirasa cukup worth it untuk dimiliki. Beberapa rumah cluster yang berfasilitas lengkap di pinggir kota Jakarta adalah Premier Estate 2, Premier Estate 3, Synthesis Homes dan Serenia Hills. Bahkan di perumahan cluster Synthesis Homes dan Serenia Hills, menawarkan rumah cluster dengan teknologi smart home di dalamnya. Hanya Serenia Hills area perumahan meliputiyang memiliki luas lahan terbesar seluas 26 hektar hingga mencakup dua wilayah yaitu Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan.

Terkadang dijumpai dari beberapa kalangan peminat rumah cluster ini adalah pengantin muda yang baru saja menikah. Namun terkadang juga didapati beberapa orang tua yang ingin membelikan rumah untuk anaknya, atau untuk sekedar berinvestasi properti (rumah kedua).

Beberapa rumah cluster yang memiliki sedikit fasilitas pun, bagi beberapa orang dirasa sudah cukup untuk dijadikan sebuah tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi keluarga. Walaupun lokasi di pinggir kota dirasa tidak menjadi soal. Di sekitar kawasan rumah cluster biasanya sudah terdapat fasilitas transportasi umum dan kawasan yang sedang berkembang, sehingga cukup menarik untuk berinvestasi rumah tapak.

 

transportasi umum di kawasan jabodetabek
Ilustrasi foto transportasi angkutan umum (sindonews.com)

 

Biasanya, segala fasilitas transportasi umum yang tersedia di sekitar rumah cluster sudah mencukupi untuk memudahkan mobilisasi penghuni menuju ke berbagai tempat. Misalnya, kawasan Jabodetabek untuk kota Jakarta sendiri dan sekitarnya seperti Depok, Tangerang, Bogor, Bekasi dan daerah lainnya sudah terkoneksi dan masyarakat mudah untuk menuju berbagai tempat yang diinginkan.

Masyarakat telah banyak memanfatkan transportasi umum ini, dari beberapa orang yang memarkirkan kendaraannya di stasiun dan berangkat kerja ke Jakarta dengan naik kereta api. Jika saat bekerja dan berkantor di Jakarta pun tidak perlu khawatir akan soal transportasi. Karena banyak moda transportasi massal yang dapat digunakan jika sedang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, antara lain Bussway Trans Jakarta, MRT (Moda Raya Terpadu Jakarta – Jakarta Mass Rapid Transit), LRT (Lintas Rel Terpadu Jabodebek – LRT Jabodebek), dan jenis transportasi lainnya seperti ojek online untuk menempuh jarak yang lebih dekat.

Lalu dimana kelebihan serta kekurangan yang dimiliki Townhouse dengan Rumah Cluster?

Mari kita simak ulasannya sebagai berikut ini.

 

Kelebihan dan Kekurangan Townhose dengan Rumah Cluster

 

Pada penjelasan diatas, sudah sedikit mengulas tentang pengertian antara Townhouse dengan Rumah Cluster. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Townhouse serta Rumah Cluster?

 

(property24.com)

Kelebihan Townhouse

 

1. Memiliki Fasilitas Lengkap

Townhouse dapat dikatakan memiliki berbagai fasilitas lengkap di dalamnya. Fasilitas seperti tempat olahraga, akan memudahkan penghuni untuk menjaga kebugaran dengan hanya berjalan kaki keluar rumah untuk pergi ke tempat kebugaran (gym). Terdapat fasilitas kolam renang bagi yang memiliki hobi berenang, bermain tenis, bermain basket, lari pagi (jogging), dan memanfaatkan fasilitas Club House untuk berbagai leperluan. Para penghuni dapat melakukan olahraga kapanpun disaat menghendaki dan dimanjakan oleh berbagai fasilitas lain yang terdapat di Townhouse itu sendiri.

 

2. Keamanan Terjamin

Dengan menerapkan one gate system pada akses keluar masuk, disertai dengan penjagaan oleh pihak keamanan di gerbang depan, serta patroli pihak keamanan pada kawasan hunian menjadikan Townhouse sebuah hunian yang aman dan nyaman bagi para penghuni.

Terkadang, terdapat CCTV area pada beberapa titik di kawasan Townhouse yang turut mengawasi lingkungan sekitar hunian ini, ditambah tembok yang mengelilingi. Menjadikan Townhouse sebuah hunian yang aman.

 

3. Privacy Terjaga

Townhouse merupakan salah satu hunian private, karena dibangun dalam jumlah yang relatif terbatas antara 10 hingga 30 unitan saja. Ditambah dengan sistem keamanan yang ada, sehingga tidak bisa sembarang orang dari luar masuk ke kawasan hunian. Menjadikan privacy penghuni terjaga dengan baik.

 

4. Memberikan Prestise Tersendiri

Tiap unit Townhouse memiliki harga yang relatif mahal dan merupakan salah satu hunian mewah, sehingga hanya beberapa kalangan kelas menengah keatas yang dapat membeli atau memiliki. Hal ini yang memberikan prestise tersendiri bagi pemilik sekaligus penghuninya.

Baca Juga:  Apa Saja Fasilitas Apartemen Berbasis Smarthome yang Harus Ada?

 

Kekurangan Townhouse

 

1. Sosialisasi Terbatas

Karena unit pada Townhouse dibangun dan dipasarkan dengan jumlah unit yang relatif terbatas, menjadikan sedikitnya jumlah penghuni yang ada. Sehingga interaksi dan sosaialisasi para warga atau penghuni akan menjadi sangat minim dan cukup terbatas.

 

2. Harga Cukup Tinggi atau Mahal

Lokasi Townhouse yang berada di tengah kota atau kawasan perkotaan, memang dirasa sudah cukup tinggi dan tidak terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Hanya beberapa kalangan tertentu saja yang mampu membelinya.

 

3. Tampilan Depan Hunian atau Fasad Tidak Dapat Diubah

Townhouse memang memiliki tampilan depan atau fasad yang seragam antara satu unit dengan yang lain. Pemilik tidak dapat merubah fasad pada unit Townhouse miliknya sendiri. Biasanya, developer sudah memberitahu hal ini sejak awal kepada pembeli atau pemiilik unit Townhouse.

 

Kelebihan Rumah Cluster

 

1. Memiliki Satu Akses Pintu Keluar Masuk Memberikan Rasa Aman

Di dalam rumah cluster  menerapkan akses satu pintu keluar masuk (one gate system) pada kawasan hunian tersebut. Ditambah dengan pihak keamanan yang berjaga pada area tersebut, untuk mendata orang yang keluar masuk. Akan membuat rasa aman serta nyaman bagi para penghuninya.

 

2. Harga Lebih Terjangkau

Rumah cluster pada umumnya/sebagian besar berlokasi di pinggiran kota dan memiliki harga yang lebih terjangkau bagi beberapa kalangan. Hal ini menjadikannya salah satu hunian favorit bagi beberapa kalangan, baik untuk tempat tinggal ataupun sekedar berinvestasi. Ditambah dengan beberapa fasilitas yang terdapat di dalamnya.

 

3. Sosialisasi Terjaga Dengan Baik


Rumah Cluster dibangun dengan jumlah unit yang cukup banyak hingga ratusan unit (kisaran kurang atatu lebih antara 100-300 an) jumlahnya. Karena beberapa developer akan memasarkan dan membangunnya dengan jumlah ratusan unit dalam satu lahan. Hal tersebut yang akan menjadikan sebuah keutungan menjadikan Rumah Cluster ini sebagai salah satu tempat huniaan.

Dengan jumlah warga (keseluruhan penghuni) yang cukup banyak, menjadikan penghuni yang tinggal di dalamnya akan bertetangga dengan banyak orang. Sehingga, memungkinkan terjadinya interaksi dan sosialisasi dengan baik antara satu penghuni dengan yang lainnya.

 

4. Memiliki Beberapa Fasilitas Penunjang

Rumah cluster juga memiliki beberapa fasilitas yang terdapat di kawasan hunian ini yang dapat digunakan oleh para penghuni.

 

Kekurangan Rumah Cluster

 

1. Fasilitas Terbatas

Beberapa rumah Cluster pun juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah fasilitas minim yang terdapat di dalam kawaan hunian. Terkadang dijumpai di beberapa rumah cluster hanya tersedia beberapa fasilitas saja, misalnya hanya terdapat fasilitas tamanserta arena bermain anak-anak saja.

 

2. Lokasi Jauh dari Pusat Kota

Tinggal di suatu rumah cluster, rata-rata terletak di pinggiran kota. Bahkan, ada beberapa rumah cluster yang memang lokasinya terletak cukup jauh dari pusat kota. Misalnya rutinitas berangkat pulang bekerja di pusat kota. Karena, harus rela menempuh jarak yang cukup jauh ke tempat kerja.

 

3. Privacy Kurang Terjaga

Rumah cluster dibangun di sebuah lahan dengan jumlah rumah hingga ratusan unit di dalamnya. Sehingga, akan terdapat jumlah penghuni yang ramai (banyak orang). Hal ini menyebabkan privacy kurang terjaga.

 

4. Tidak Dapat Merubah Fasad Bangunan

Beberapa kekurangan yang lainnya yang dimiliki Rumah Cluster mungkin hampir sama dengan Townhouse, untuk tampilan fasad bangunan muka atau tampak depannya tidak dapat dirubah sesuai dengan keinginan dan selera oleh penghuni atau pemiliknya sendiri.

 

Kesimpulan:

Townhouse maupun rumah cluster merupakan jenis properti yang diperuntukkan untuk hunian atau tempat tinggal. Keduanya memang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Secara umum perbedaan townhouse dengan rumah cluster terlihat dari segi lokasi dan fasilitas yang terdapat. Namun, kedua jenis hunian ini cukup diminati oleh banyak orang, karena sama-sama merupakan rumah tapak atau landed house.

Townhouse atau Rumah Cluster yang akan Anda pilih sebagai pilihan untuk tempat tinggal? Kembali kepada pilihan serta perimbangan masing-masing. Dengan mempertimbangkan beberapa prioritas maupun segi kebutuhan Anda dalam mencari jenis hunian yang dibutuhkan. Misalnya, hunian dengan dua atau tiga kamar tergantung dari jumlah anggota keluarga.

Beberapa faktor juga dapat menjadi pertimbangan mempengaruhi keputusan Anda dalam memilih, diantaranya.

Pertama budget. Seusaikan dengan budget atau anggaran Anda dalam kebutuhan membeli tempat tinggal.

Kedua, pertimbangkan dari segi lokasi. Apakah lokasi tersebut strategis dekat dengan tempat Anda bekerja, tidak banjir atau rawan bencana alam, di kawasan sekitarnya terdapat berbagai fasilitas, dan kawasan tersebut akan terus berkembang.

Misalnya, dekat dengan akses tol, dekat dengan fasilitas pendidikan/sekolah untuk anak-anak, dekat dengan fasilitas pusat perbelanjaan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, ataupun lokasi tersebut dekat dengan kerabat atau keluarga Anda? Semakin strategis, tentunya akan semakin baik.

Memilih hunian dengan lokasi srategis, tentunya akan memberikan berbagai keunggulan maupun keuntungan bagi calon pemiliknya nanti jika sudah menpati huinan tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

Ingin Membeli Properti?

Layanan Chat Jual - Beli & Sewa Properti

Therumahproperty.com – Situs agen properti online di Jakarta.

Situs website jual – beli dan sewa properti. Dapatkan berbagai listing properti dijual dan disewakan di berbagai lokasi strategis dengan harga terbaik disini.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp