Pengertian Taman Tematik dan Contohnya

The Rumah Property – Blog.

Kehadiran taman pada suatu tempat dapat membuat suasana di sekitar menjadi lebih segar. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin membuatnya. Salah satunya adalah taman tematik. Belum pernah mendengar tentang taman tematik? Berikut pengertian taman tematik dan contohnya.

 

Pengertian Taman Tematik

 

Taman tematik merupakan suatu taman yang sengaja dibuat berdasarkan tema tertentu. Koleksi tanaman yang ditanam di taman tersebut hanya dipilih yang memiliki daya guna sama meskipun jenisnya berbeda.

 

Photo by Gunnar Ridderstrom on unsplash

 

Semua elemen yang digunakan pada taman tersebut pun juga disesuaikan dengan tema yang diangkat. Sebab itu, tema merupakan hal yang sangat penting dan harus dipersiapkan lebih dulu. Karena itu pula, kenyamanan dan keindahan sangat bergantung pada tema yang dipilih.

Tanaman koleksi yang ditanam pada taman koleksi tersebut harus dijaga dan dirawat dengan baik agar keindahannya selalu terjaga. Jika tanaman hias biasa keberadaannya dapat diubah bahkan diganti atau dihilangkan, tanaman koleksi tidak bisa diperlakukan demikian.

Tanaman koleksi pada taman tematik harus dijaga dan dirawat dengan baik agar keterpaduan dan keindahannya tetap terjaga. Begitupun dengan semua elemen pendukung yang ada. Dengan demikian, semua elemen pada taman tematik akan terlihat bersatu padu memberikan keindahan.

 

Contoh-Contoh Taman Tematik

 

Baca Juga:  Rekomendasi Desain Rak Hiasan Ruang Tamu

Setelah Anda mengetahui pengertian taman tematik sebaiknya dilanjutkan mengetahui contoh-contohnya. Hal tersebut tidak lain agar pemahaman Anda mengenai taman tematik bisa lebih dalam dan jelas. Berikut ini beberapa contoh taman tematik yang mungkin diantaranya ada di sekitar Anda.

 

1.Taman Aromatik

 

Photo by Erda Estremera on unsplash

 

Taman aromatik merupakan suatu taman yang dipenuhi dengan tanaman beraroma harum semerbak. Siapa sih yang tidak suka dengan aroma harum? Kehadiran taman tematik yang satu ini tentunya sangat disukai oleh banyak orang.

Tak hanya baunya yang harum, taman tersebut ternyata juga memiliki sifat aroma terapi. Jadi, siapapun yang berada di taman tematik tersebut lalu menghirup aroma wanginya, pasti tubuh terasa lebih segar dan menenangkan.

 

2.Taman Labirin

 

Photo by Robert Linder on unsplash

 

Taman labirin merupakan salah satu taman tematik yang dirancang menyerupai pembatas dan dibuat dengan sistem jalur berkelok-kelok. Taman yang satu ini terbilang anti mainstream karena dapat membuat pengunjungnya seperti berpetualang berjalan di tengah lorong dengan jalur yang rumit.

 

3.Taman Alphabet

 

Taman alphabet merupakan suatu taman tematik yang mengusung tema huruf-huruf abjad. Tanaman tersebut biasanya menggunakan tanaman yang mudah dibentuk agar bisa dibuat berbentuk huruf-huruf.

Tanaman tersebut tentunya sangat direkomendasikan bagi orangtua yang sedang mengajak anaknya jalan-jalan. Di sana mereka tidak hanya bermain, akan tetapi juga sekalian belajar mengenal huruf abjad.

Baca Juga:  Dekorasi Kamar Sederhana Tapi Unik 

Mau menciptakan taman tematik di sekitar Anda? Sudah paham bukan dengan pengertian taman tematik? Banyak sekali tema taman tematik yang bisa Anda pilih. Agar menghasilkan taman yang indah dan serasi, konsultasikan juga dengan mereka yang ahli mendesain taman ya.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp