Pengertian Perumahan Cluster

The Rumah Property – Blog.

Perumahan jenis Cluster mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal sudah banyak daerah perumahan jenis cluster ini di Indonesia dan peminatnya juga tidak sedikit. Agar bisa mengenal lebih dalam tentang pengertian perumahan cluster, simak ulasannya di bawah ini.

 

Perumahan di Daerah Sunyi dan Tenang

 

 

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang perumahan jenis cluster ini adalah biasanya dibangun di kawasan asri dan tenang. Anda bisa menemukan perumahan cluster di pinggiran kota, ketika masuk pasti suasana sunyi langsung terasa. Selain itu, perumahan ini juga dilengkapi banyak tanaman rindang.

 

Memiliki Gaya Rumah Modern dan Mewah

 

sierra rumah mewah 3 lantai di lebak bulus

 

Selanjutnya adalah desain rumah di perumahan cluster ini umumnya sangat modern dan tentunya mewah. Jenis atapnya tinggi dengan bentuk segitiga, miring atau datar. Untuk warna rumahnya, mayoritas sama. Rumah ini pasti tingkat dan hanya dibatasi oleh tembok saja.

Bagian depan rumahnya juga tidak dibatasi pagar jadi langsung berhadapan dengan jalanan. Di sekitar rumah biasanya dikelilingi oleh banyak tanaman hias yang menambah keasrian. Secara keseluruhan rumah ini tampak mewah.

 

Sistem Keamanan Satu Akses

 

estate management sierra at serenia hills lebak bulus

 

Membahas tentang pengertian perumahan cluster, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana sistem keamanannya? Biasanya menggunakan sistem one gate system atau sistem keamanan satu arah. Artinya hanya ada satu pintu masuk dan keluar dan terletak di bagian depan perumahan.

Baca Juga:  Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Alasannya adalah agar petugas keamanan lebih mudah melakukan pemantauan. Karena berada di pinggir kota dan dibangun di wilayah yang sunyi, jadi jangan heran ketika Anda pergi kesana, jarang ditemukan orang berlalu lalang.

 

Jumlah Rumahnya Banyak

 

sierra rumah mewah 3 lantai di lebak bulus

 

Jika pada umumnya perumahan jenis lain memiliki jumlah unit rumah yang tidak terlalu banyak, berbeda dengan cluster. Jumlah rumahnya bisa mencapai 30 an hinggga 100 an unit lebih dalam satu kawasan. Biasanya, rumah-rumah ini juga dibagi ke beberapa sub komplek.

 

Sudah Dilengkapi Fasilitas

 

 

Alasan mengapa orang-orang ingin tinggal di perumahan jenis cluster adalah karena sudah ada beberapa fasilitas yang tersedia, jadi tidak perlu repot-repot membeli lagi. Akan tetapi fasilitas tersebut tidak bisa digunakan oleh penghuni kelompok rumah yang lain. Alasannya agar tidak cepat rusak.

Perancang rumah jenis cluster memang sengaja menyediakan fasilitas tersebut untuk menambah kenyamanan dari pembeli. Jika Anda ingin tinggal di perumahan ini pastikan menjaga fasilitas yang ada dengan baik.

 

Membutuhkan Lahan yang Luas

 

sierra by serenia hiils

 

Pengertian perumahan cluster terakhir adalah rumah yang dibangun di lahan luas. Ketika Anda masuk, akan tampak jarak antar rumah agak jauh jadi terlihat luas. Hal ini disebabkan ada banyak unit yang dibangun di perumahan cluster. Selain itu, desain rumah cluster juga modern dan kekinian.

Baca Juga:  Ide Variasi Cat Tembok Ruang Tamu Agar Lebih Hidup

Membangun rumah modern yang tampak mewah tersebut membutuhkan banyak lahan. Selain itu yang membuatnya tampak luas adalah desain fasad rumah yang menarik.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp