Pengertian Dekorasi Eksterior dan Contohnya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Membangun rumah yang sederhana bukan berarti tidak bisa memberikan sentuhan estetik. Anda bisa menampilkan kesan estetik rumah pada dekorasi eksteriornya. Sebelum menerapkan dekorasi eksterior pada rancangan Anda ada baiknya kenali dulu pengertian dekorasi eksterior dan contohnya berikut:

 

Pengertian Dekorasi Eksterior

 

Image via pinterest

 

Pada masa kini desain rumah menjadi hal yang penting untuk sebuah bangunan karena bisa meningkatkan kualitas pemiliknya. Sebuah desain secara tidak langsung dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya. Membahas mengenai desain secara umum ada dua macam yaitu interior dan eksterior.

Pembahasan kali ini akan fokus pada makna dekorasi eksterior suatu bangunan. Secara kontekstual dekorasi eksterior mencakup seluruh bagian luar bangunan meliputi teras, halaman, pintu, dinding, jendela, spot car dan taman.

Menurut pengertian umum di atas ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan pengertian dekorasi eksterior dan contohnya. Misalnya pendapat Suptandar yang mengatakan dekorasi eksterior adalah cara mendesain bagian luar ruangan dengan menyeimbangkan kenyamanan, keamanan, serta kepuasan.

Pendapat lain tentang pengertian dekorasi eksterior datang dari Ching, menurutnya sebuah rancangan dalam menata bagian eksterior guna mengekspresikan ide tanpa mengurangi nilai estetik alaminya. Beberapa pengertian tersebut tentu telah menggiring opini Anda untuk menarik kesimpulan.

Selain menilik dari makna teorinya Anda juga bisa mengetahui makna dekorasi eksterior dari perbedaannya dengan dekorasi interior. Untuk desain interior fokus dekorasinya terletak pada elemen dalam ruangan sedangkan eksterior pada rancangan bangunan dan elemen pendukung berdirinya bangunan.

Baca Juga:  Ide Taman Bertema Tropis Ini Sangat Cocok untuk Rumah Anda

Berikutnya jika dilihat dari prinsip kerja dekorasi interior hanya bertumpu pada permainan desain seluk beluk ruangan sedangkan dekorasi eksterior memerlukan prinsip kekuatan material, dan model dengan gaya dan selera sesuai.

 

Contoh Dekorasi eksterior

 

Selain mengenal apa itu dekorasi eksterior? Untuk bisa membuat rancangan eksterior yang baik Anda perlu lebih mengenal pengertian dekorasi eksterior dan contohnya.  Secara umum desain eksterior dibedakan menurut model dan materalis yang digunakan sehingga tercipta beberapa contoh berikut:

 

  • Dekorasi Sederhana Minimalis

 

Image via pinterest

 

Contoh dekorasi ekterior pertama adalah tipe sederhana minimalis. Tipe dekorasi seperti ini sangat cocok untuk tipe rumah 36 dan 45 yang tidak terlalu luas dengan lahan seadanya. Pada desain ini Anda bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada dibanding memperluas wilayah.

 

  • Dekorasi Modern

 

Image via pinterest

 

Berikutnya contoh dekorasi ekterior adalah tipe modern. Contoh dekorasi kedua ini banyak dimanfaatkan pada bangunan-bangunan saat ini untuk menunjukkan kelas pemiliknya. Dekorasi seperti ini lebih menonjolkan beberapa sisi bangunan dengan permainan warna yang kontras.

 

  • Dekorasi Bernuansa Tropis

 

Image via pinterest

 

Selanjutnya contoh dekorasi eksterior untuk rumah bernuansa tropis. Tipe ini biasanya digunakan pada rumah-rumah yang bergaya klasik tapi tetap elegan dengan sebagian besar elemennya dupadukan dengan bahan alami seperti batu, kayu dan tanaman-tanaman.

Baca Juga:  Alasan Pilih Bisnis Kos-kosan di Jabodetabek Sebagai Passive Income Anda

 

  • Dekorasi Rumah Industri

 

Image via pinterest

 

Contoh terakhir adalah dekorasi eksterior rumah industri. Tipe dekorasi seperti ini sebenarnya lebih banyak diminati karena memadukan jenis materalis klasik dari alam dengan modern sehingga bangunan terlihat lebih elegan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp