Pengertian Bisnis Properti dan Keuntungan Menjalankannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Mengenal Pengertian Bisnis Properti

 

The Rumah Property – Blog

Bisnis properti merupakan bisnis dengan prospek keuntungan yang besar dan menjanjikan di dunia, tidak heran banyak pihak maupun pelaku bisnis yang mulai mencobanya. Bukan itu saja, bisnisnya juga mudah dijalankan karena tidak terlalu ribet dan cocok untuk pemula.

 

pengertian bisnis properti dan keuntungan menjalankannya

 

Pengertian bisnis properti adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh perorangan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang kepemilikan properti yang dapat dijadikan sebuah aset, baik berupa tanah, bangunan serta segala sarana dan prasarana yang terdapat di dalamnya sebagai satu kesatuan.

Tentu saja hal ini, akan dapat memberikan keuntungan secara jangka panjang bagi yang terjun dan menekuninya.

Bisnis properti ini bisa dipahami sebagai sebuah bisnis yang bergerak di bidang jual-beli atau sewa-menyewa tanah dan berbagai aspek terkait di dalamnya. Hal-hal yang tergolong dalam kategori tersebut adalah jual beli ataupun sewa bangunan beserta sarana prasarana dari berbagai jenis produk properti yang dapat dijumpai di pasaran.

Ada banyak sekali produk bisnis properti yang bisa dijumpai. Beberapa yang saat ini populer di Indonesia tentu saja adalah jenis properti untuk tempat tinggal atau residensial, seperti rumah atau perumahan, rumah susun atau apartemen/kondominium, bangunan/gedung untuk mahasiswa atau pelajar dalam menempuh suatu pendidikan (dorminotory), hingga villa.

Baca Juga:  Rekomendasi Konsep Rumah Gaya Inggris

Selain produk properti untuk tempat tinggal atau hunian diatas, juga terdapat beberapa produk properti yang lain. Produk properti tersebut dapat dilihat dari tujuannya. Diantaranya, properti untuk komersial, properti untuk industri, dan properti untuk tujuan khusus.

Yang termasuk di dalam properti komerisal, seperti toko ritel, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran (office tower), hotel, ruko atau rukan, dan lainnya. Contoh dari properti industri, seperti gudang, pabrik atau manufaktur sebagai tempat produksi maupun perakitan (assembling), hingga kawasan industri.

Dan contoh properti untuk tujuan khusus atau dikenal dengan istilah special purpose property, seperti bandara, terminal bus, lapangan golf, sekolah, tempat ibadah, dan lainnya

Dalam bisnis tersebut juga banyak istilah penting yang harus dikenali lebih jauh bagi para pelakunya seperti, developer atau dikenal dengan perusahaan/pengembang properti, agen properti atau juga dikenal dengan broker properti, capital gain, return of investment, breakeven point dan sebagainya.

 

Pengertian Perusahaan Properti

 

 

Di dalam bisnis properti, tidak terdengar asing satu istilah satu ini, yaitu perusahaan properti atau sering dikenal dengan sebutan developer. Sebelum itu, perlu dipahami pengertian dari perusahaan properti tersebut.

Pengertian perusahaan properti adalah suatu perusahaan ataupun perorangan yang mengembangkan dan membangun suatu lahan (tanah) menjadi suatu produk properti beserta segala sarana dan prasarana yang lengkap di dalamnya menjadi satu kesatuan. Sehingga, produk properti tersebut memiliki nilai (value). Selain itu, perusahaan properti juga sering dijumpai memasarkan produk properti yang tengah dikembangkannya.

Baca Juga:  Bingung Cari Ide Desain Apartemen Minimalis? Berikut Ulasannya

Sebagai contoh, perusahaan properti (developer) membangun suatu kompleks perumahan diatas lahan 1 hektar lengkap berupa sarana prasarana. Yang dimana, di dalam lokasi perumahan tersebut terdapat unit rumah lengkap dengan segala fasilitasnya. Berbagai fasilitas umum yang dapat dijumpai, diantaranya, fasilitas jalan, ketersediaan sumber air bagi penghuni rumah, fasilitas taman bermain anak-anak, taman, tempat ibadah, pos penjagaan di gerbang masuk keluar kompleks, pagar keliling kompleks, dan sebagainya.

Beberapa contoh perusahaan properti, antara lain Intiland Development Tbk, Ciputra Development Tbk, Sinar Mas Land, Agung Podomoro Land Tbk, Jaya Real Property Tbk, Bumi Serpong Damai Tbk, PT Metropolitan Kentjana Tbk (Pondok Indah Group) dan lainnya.

Dapat dikatakan, perusahaan properti ini menjual ataupun menyewakan berbagai properti yang dibutuhkan oleh khalayak umum. Seperti rumah, apartemen, ruko, rukan, gedung perkantoran/kantor, tanah (kavling) dan lainnya.

 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Properti

 

pengertian bisnis properti dan keuntungan menjalankannya

 

Selain pengertian bisnis properti, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa keuntungan menjalankan bisnis tersebut sebagaimana berikut.

  1. Harga Jual Yang Terus Meningkat

Keuntungan menjalankan bisnis properti pertama adalah harga jualnya di Indonesia yang meningkat tajam setiap tahunnya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis properti mengundang ketagihan para pelakunya. Namun, dalam menjalankannya, tentu harus mengenali beberapa kiat sukses bisnis properti.

 

  1. Nilai Tambahan Yang Tinggi Di Lokasi Strategis
Baca Juga:  Inspirasi Interior Apartemen Minimalis Tanpa Sekat

Jika lokasi propertinya ada di tempat strategis dan aksesnya mudah dijangkau, dan dengan banyak fasilitas yang mendukung, tentu nilai tambahan properti menjadi semakin besar. Dengan nilai tambah yang tinggi tersebut, tidak heran jika banyak yang terus menekuninya.

 

  1. Tidak Tergerus Karena Efek Inflasi

Keuntungan menjalankan bisnis properti adalah tidak tergerus karena efek inflasi yang terjadi pada suatu negara. Inflasi terjadi dan mempengaruhi nilai mata uang di satu negara. Hanya saja jika berbisnis properti, inflasi tersebut tidak mengganggu bisnis yang Anda jalankan.

Dari ulasan di atas, Anda bisa kian memahami bagaimana pengertian bisnis properti serta keuntungan menjalankannya. Tergiur untuk mencobanya?

Anda bahkan bisa mencoba bisnis properti tanpa modal, contohnya dengan menjadi seorang agen properti atau membantu menjualkan properti milik orang lain di media sosial, portal properti atau website yang Anda miliki. Anda juga bebas untuk berkreasi dengan ide-ide kreatif lainnya.

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp