Mengenal Ciri Khas Desain Apartemen Tropical

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Di negara tropis seperti Indonesia, bangunan-bangunan seperti rumah dan apartemen yang bergaya tropis tentu menjadi hal yang biasa. Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui ciri khas dari rumah tropical. Selain rumah, Anda juga perlu mengenal ciri khas dari desain apartemen tropical di Indonesia.

 

Menggunakan Alat Peneduh Bangunan

 

Alat peneduh bangunan (Image via pinterest.com)

 

Ciri pertama yang perlu Anda ketahui dari desain apartemen tropical adalah menggunakan alat peneduh bangunan. Pada apartemen tropical, alat peneduh yang biasa digunakan adalah Sun Shading Device. Alat peneduh ini biasanya diletakkan pada bagian dinding atau pada bagian kaca luar apartemen.

Alat peneduh ini berfungsi untuk mencegah radiasi dari terik matahari secara langsung pada apartemen. Selain itu, alat ini juga berguna untuk menghasilkan bayangan di bawah bagian apartemen. Hal inilah yang menyebabkan lingkungan di area apartemen menjadi teduh dan sejuk meskipun cuaca panas.

 

Terdapat Sistem Pengolahan Air Hujan

 

Perlu Anda ketahui bahwa pada desain apartemen tropical biasanya terdapat sistem pengolahan air hujan. Biasanya pengolahan air hujan pada bagian tapak ini terbagi dalam 2 bagian. Ada yang dibuat agar air hujan jatuh ke perkerasan dan ada yang dibuat agar air hujan dapat langsung jatuh ke tanah.

Air hujan yang jatuh ke perkerasan ini nantinya akan dialirkan ke saluran air yang ada di sekitar apartemen. Kemudian, aliran air tersebut nantinya bermuara pada sumur resapan. Sementara itu, air hujan yang langsung jatuh ke tanah akan diserap melalui biopori yang tidak terdapat perkerasan.

Baca Juga:  Ini Inspirasi Model Taman Minimalis Sederhana

 

Memaksimalkan Penggunaan Kaca sebagai Bukaan

 

Penggunaan kaca (Image via pinterest.com)

 

Tidak jauh berbeda dengan rumah tropis, apartemen tropical juga didesain dengan memaksimalkan penggunaan kaca sebagai bukaan. Hal ini bertujuan agar cahaya yang masuk ke setiap sudut ruangan apartemen lebih optimal. Cara tersebut dapat menghemat biaya penggunaan listrik yang diperlukan.

Setiap sudut ruangan dalam apartemen juga akan mendapat cahaya matahari yang cukup. Penggunaan kaca yang maksimal pada apartemen tropical tentunya dapat mengurangi penggunaan lampu pada siang hari. Hal ini juga dapat membantu menekan beban yang harus dikeluarkan untuk penggunaan listrik.

 

Terdapat Kolam Renang Outdoor

 

Kolam berenang outdoor

 

Salah satu ciri yang terdapat dalam apartemen tropical adalah terdapat kolam renang outdoor. Biasanya kolam renang ini terletak pada bagian tengah dari komplek apartemen yang ada. Hal tersebut dibuat dengan tujuan agar privasi penghuni apartemen di dalamnya tetap terjaga sehingga merasa nyaman.

Kolam renang outdoor ini dilengkapi dengan kursi-kursi santai dilengkapi dengan beberapa tumbuhan hijau yang menyejukkan mata. Selain itu, kolam renang ini juga dapat dijadikan sebagai pemandangan tambahan bagi Anda sebagai penghuni apartemen tersebut.

 

Dilengkapi dengan Indoor Garden

 

Kesan warna hijau dari sebuah bangunan tropis sepertinya tidak bisa dipisahkan. Untuk memberikan kesan yang menyatu dengan alam, tidak sedikit apartemen tropical yang dilengkapi dengan indoor garden. Hal tersebut tentunya dapat menambah keindahan di dalam apartemen dan menyejukkan mata.

Baca Juga:  Rumah Minimalis Sangat Cocok Dijadikan Smarthome Seperti ini

ARTIKEL LAINNYA

Ingin Membeli Properti?

Layanan Chat Jual - Beli & Sewa Properti

Therumahproperty.com – Situs agen properti online di Jakarta.

Situs website jual – beli dan sewa properti. Dapatkan berbagai listing properti dijual dan disewakan di berbagai lokasi strategis dengan harga terbaik disini.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp