Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Keramik kamar mandi yang kusam sangat tidak nyaman dilihat dan biasanya akan menyurutkan minat orang lain untuk menggunakannya. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Bahan-bahan berikut ini dapat membantu membersihkan keramik kamar mandi yang kusam.

 

Cairan Pembersih Lantai

 

Image via pinterest

 

Cara paling mudah dan sering dilakukan untuk membersihkan kamar mandi adalah menggunakan cairan pembersih lantai. Bahan ini pada umumnya telah diformulasikan khusus untuk membersihkan dan mengangkat kerak pada keramik.

Cara menggunakan bahan ini sangat simple. Anda hanya perlu menuangkan produk pembersik lantai pada keramik kamar mandi. Kemudian gosok permukaan keramik dengan sikat agar larutan tersebut meresap secara merata pada keramik.

Tunggulah sekitar 10 hingga 15 menit, lalu gosok lagi permukaan keramik tersebut untuk mengangkat kerak. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga tidak ada cairan pembersih lantai yang tersisa pada keramik.

 

Cairan Pencuci Piring

 

Selain digunakan untuk mencuci peralatan makan dan masak, cairan pencuci piring ternyata dapat digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam. Hal ini karena cairan pencuci piring diformulasikan untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sisa sabun pada peralatan berbahan apapun.

 

Image via pinterest

 

Untuk membersihkan keramik dengan bahan ini, pertama Anda dapat memasukkan larutan ini ke botol semprot agar mudah digunakan. Kemudian, semprotkan cairan ini ke seluruh permukaan keramik kamar mandi yang berkerak. Sikatlah keramik tersebut sambil sesekali disemprot dengan cairan yang sama.

Baca Juga:  Pilihan Tanaman Untuk Balkon Apartemen

Jika sudah selesai, bilaslah dengan air bersih sampai tidak ada sabun yang tersisa. Anda dapat menambah langkah dengan menuang boraks atau ammonia lalu menggosoknya para keramik dengan kerak membandel agar lebih bersih sempurna.

 

Garam Non Iodium

 

Garam bertekstur kasar ini memiliki kandungan mineral tinggi yang terbukti ampuh digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi dari kerak yang membuatnya terlihat kusam. Penggunaan bahan ini akan semakin baik apabila ditambah dengan cuka putih.

 

Image via pinterest

 

Caranya, Anda perlu menyiapkan bahan berupa 2 kg garam non iodium dan cuka putih terlebih dahulu. Kemudian siram keramik kamar mandi dengan cuka putih. Taburi keramik kamar mandi yang basah tersebut dengan garam non iodium.

Gosok keramik dengan kawat alumunium atau sikat kamar mandi. Jika sudah bersih, maka bilaslah seluruh permukaan keramik kamar mandi menggunakan air hangat.

 

Larutan HCL

 

Larutan HCl atau larutan asam klorida memiliki kandungan asam yang sangat kuat, yang dapat digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam. Namun cara ini cukup berbahaya, sehingga disarankan untuk mengenakan baju lengan panjang dan masker ketika menuangkan HCl.

 

Image via pinterest

 

Pertama-tama, Anda harus mencampur larutan ini dengan air dalam sebuah ember. Kemudian percikkan campuran ini pada keramik yang akan dibersihkan secara merata. Setelah itu, gosoklah keramik dengan sikat secara hati-hati, dan bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga:  Rak Untuk Kamar Tidur

Untuk menerapkan cara ini, Anda harus ekstra hati-hati. Anda tidak boleh menggunakan larutan ini terlalu banyak karena dapat merusak keramik. Hindari pula percikan larutan HCl pada kulit secara langsung karena akan menimbulkan efek samping.

 

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp