Ketahui Perbedaan Perumahan Residence dan Cluster Berikut

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Perbedaan Perumahan Residence dan Perumahaan Cluster

 

The Rumah PropertyBlog

Perumahan Residence ataupun Cluster ini, seringkali jadi perbincangan antara kita dengan teman atau dengan keluarga. Bahkan obrolan santai ini pun terkadang dapat melebar hingga ke pembahasan lainnya seperti pengertian dari perumahan regency, pengertian townhouse dan istilah lain yang bersangkutan.

Hingga kini, dapat dijumpai banyak developer yang menyediakan beberapa tipe hunian yang dapat Anda pilih, seperti beberapa konsep hunian perumahan regency, perumahan resindence, cluster, maupun townhouse.

Berdasarkan jenisnya, rumah residence dan cluster sejauh ini banyak dilirik. Namun, bagi pemula di dunia pembelian properti, mungkin masih belum cukup familiar dengan perbedaan keduanya. Untuk itu, kali ini akan di bahas lebih jauh tentang perbedaan perumahan resindence dan cluster.

 

Perumahan Residence

 

Perumahan residence adalah perumahan dengan rumah yang ada di dalamnya adalah rumah berkonsep minimalis dan sederhana dengan tampilan fasad sama dan dibangun dalam jumlah yang cukup banyak hingga ratusan unit rumah. Biasanya, perumahan residence ini terletak di pinggiran kota dengan lingkungan yang masih asri dan bebas polusi.

Perumahan ini memiliki desain tipe dan ukuran yang sama, hanya saja memiliki letak yang berdampingan atara satu rumah dengan yang lainnya dalam beberapa blok. Jenis hunian ini sangat cocok bagi yang ingin lebih hemat karena harganya relatif terjangkau.

Baca Juga:  Desain Interior Apartemen Single Unit Berikut Bisa Jadi Inspirasi Anda!

 

perbedaan residence dan cluster

Foto perumahan residence

 

Terdapat beberapa kelebihan memilih perumahan residence ini. Diantaranya, perumahan ini memiliki jarak yang dekat antara satu rumah dengan rumah yang lain. Sehingga, memudahkan dalam bersosialisasi antar penghuni.  Perumahan residence juga memiliki berbagai fasilitas penunjang, baik di dalam kawasan hunian tersebut maupun fasilitas eksternal yang terdapat di sekitarnya.

Biasanya terdapat taman, masjid, sekolah, minimarket, dan fasilitas pendukung lainnya baik di dalam area perumahan ataupun area sekitar. Namun, semua fasilitas itu tidak semua bisa didapatkan, tergantung dari luasan lahan yang dimiliki serta konsep awal yang ditawarkan dari pihak pengembang. Untuk itu, alangkah baiknya cek terlebih dahulu ya fasiltas yang didapatkan jika berminat ingin memilikinya.

Tak hanya itu, perumahan ini juga menyesuaikan kebutuhan financial masing-masing peminat dari tipe rumah yang ditawarkannya.

 

Perumahan Cluster

 

Perumahan cluster merupakan perumahan yang memiliki kualitas premium. Perumahan ini pada umumnya di bangun di wilayah permukiman atau kawasan perkotaan dengan mengusung konsep yang sangat modern dan tertata rapih.

Dapat dijumpai di beberapa unit rumah di dalamnya, juga menggunakan fitur teknologi smart home sebagai fasilitas lebih yang didapatkan dalam sebuah hunian. Sehingga, dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan tersendiri bagi penghuninya.

Keamanannya pun sangat terjamin, karena terdapat sistem keamanan satu kali 24 jam. Serta beberapa titik di dalam area komplek perumahan ini diawasi dengan menggunakan CCTV, ditambah para petugas yang berjaga dan berpatroli di kawasan kompleks perumahan.

Baca Juga:  Inspirasi Sederhana Untuk Ruang Tamu Mungil

Beberapa kelebihan dari perumahan ini, pertama keamanannya maksimal. Karena selain terdapat CCTV di perumahan ini, terdapatnya penjagaan oleh pihak keamanan di akses masuk dan keluar kompleks. Sehingga, tidak semua orang dapat masuk secara bebas jika ingin memasuki kawasan pemukiman ini sebelum diperiksa oleh pihak keamanan.

 

rumah cluster zenith serenia hills lebak bulus

Gambar brosur Cluster Zenith di Serenia Hills Lebak Bulus

 

Fasilitas yang diberikan bahkan begitu lengkap mengingat adanya kolam renang, jogging track, pusat kebugaraan dan lainnya. Terkadang, bahkan ada yang menyediakan hingga fasilias Club House serta ruang serba guna yang dapat digunakan para penghuni untuk menyelenggarakan beberapa event atau kegiatan tertentu di dalam kompleks perumahan cluster tersebut.

Bahkan, beberapa perumahan cluster juga menyediakan pengelolaan oleh pihak Estate Management untuk merawat dan menjaga semua fasilitas di area perumahan. Sehingga, segala fasilitas di dalamnya selalu terawat dan dapat berjalan dengan baik untuk menunjang segala aktifitas dari para penghuni. Sosialisasi antar penghuni kompleks pun juga tetap terjaga, karena tidak ada pagar yang menghalangi satu rumah dengan rumah yang lain.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat diketahui beberapa perbedaan antara perumahan residence dan cluster.  Anda yang sedang bingung mencari sebuah hunian untuk keluarga, perumahan mana yang sesuai dengan kriteria diatas yang sesuai dengan kebutuhan saat ini?

Perumahan residence dengan konsep minimalis dan sederhana atau perumahan cluster dengan konsep modern dan kualitas serta fasilitas premium? Semua kembali dari segi keinginan serta kebutuhan Anda dan pastinya sisi budget.

Baca Juga:  Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Kombinasi Warna Cerah

Pilih hunian yang sesuai kebutuhan dan budget Anda. Kemudian, sesuaikan dengan cara bayar yang cocok dengan keuangan Anda. Karena, banyak dijumpai beberapa promo dari pihak developer yang menawarkan beberapa pilihan dan kemudahan untuk cara bayar.

Selain cara bayar tunai, Anda dapat melakukan cara bayar cicilan bertahap ke Developer (installment), atau melalui cicilan yang lebih panjang hingga puluhan tahun lamanya. Misalnya melalui pembiayaan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) melalui beberapa Bank pilihan yang telah melakukan kerjasama dengan Developer tersebut.

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp