Kelebihan dan Kekurangan pada Bisnis Kos-Kosan atau Rumah Kos

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Bisnis Rumah Kost

 

The Rumah Property – Blog.

Saat ini, di berbagai kawasan perkotaan banyak kita jumpai banyak terdapat rumah kos-kosan yang menyewakan tiap kamar bagi yang membutuhkan tempat untuk beristirahat. Sebagian rumah kos-kosan ini berlokasi cukup strategis, baik dekat dengan area kampus, dekat dengan kawasan perkantoran maupun area pusat perbelanjaan. Sehingga, bagi beberapa kalangan melihat hal ini sebagai salah satu peluang.

Bisnis kos-kosan di kawasan kota-kota besar seperti Jakarta dan kota sekitarnya dapat dikatakan menjamur. Sebut saja dalam lingkup area Jabodetabek ini (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Karena, didapati banyaknya warga yang menjadi pendatang di beberapa kota ini. Menyebabkan kebutuhan tempat tinggal di daerah perantauan menjadi tinggi, dan untuk memenuhi hal tersebut kos-kosan ataupun kontrakan menjadi salah satu pilihan.

Dari berbagai hal, dapat dikatakan bisnis atau usaha rumah kos kosan ini begitu menggiurkan serta menguntungkan. Karena dapat menghasilkan sebuah penghasilan rutin tiap bulannya atau passive income bagi sang pelaku bisnis. Selain itu, bisnis ini dapat dikatakan tidak begitu ribet dan dapat dijalankan oleh siapapun. Yang mengundang berbagai kalangan meminati dan menekuni salah satu bisnis ini.

 

kelebihan dan kekurangan bisnis rumah kos

 

Bukan hanya investor yang sudah mahir dalam berinvestasi properti saja yang yang membangun rumah kos-kosan, tetapi banyak dijumpai warga di wilayah Jabodetabek ini yang merubah tempat tinggalnya menjadi sebuah rumah kos-kosan demi menghasilkan sebuah tambahan penghasilan. Tak khayal, menjadikan bisnis ini mulai dilirik banyak orang.

Namun selain terdapat beberapa kelebihan pada bisnis atau usaha rumah kos kosan ini, juga pastinya terdapat kekurangan juga di dalamnya. Mari kita simak ulasan berikut ini.

 

Kelebihan Bisnis Rumah Kos Kosan

 

1. Rumah Kos Memiliki Tingkat Permintaan Yang Tinggi

 

Kebutuhan akan sewa tempat tinggal seperti rumah kos ini dapat dikatakan cukup tinggi jika kita melihat di beberapa kota-kota besar atau kawasan perkotaan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Ditemui beberapa daya tarik yang mengundang banyak pendatang ke wilayah Jabodetabek. Diantaranya banyak terdapat perkantoran, pabrik atau lapangan pekerjaan yang tersedia.

Menyebabkan daya tarik bagi perantauan dari luar daerah yang datang untuk mencari pekerjaan dan sebuah tempat tinggal, karena harga sewanya relatif lebih terjangkau. Menjadikan rumah kos ini salah satu pilihan favorit tempat tinggal sementara selama berada di kota perantauan. Sehingga, banyak dijumpai rumah kos kosan yang dekat dengan kawasan perkantoran ataupun pabrik.

Baca Juga:  Contoh Sofa Ruang Tamu Kecil dengan Warna Netral

 

demand curve

Ilustrasi gambar demand and supply (thebalance.com)

 

Faktor lain terdapat banyak Universitas atau fasilitas pendidikan, sebagai salah satu contoh mungkin di kawasan Margonda, Depok. Disana terdapat beberapa universitas yang cukup terkenal, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Politeknik LP3I Jakarta – Kampus Depok dan NIBA Business School, dan lainnya.

Berbagai Universitas tersebut terletak di dekat kawasan penting dan strategis di Depok yaitu di Jalan Margonda Raya yang terkenal terdapat banyak fasilitas seperti pusat perbelanjaan dan Mal, angkutan umum, tempat kuliner dan berbagai fasilitas lainnya.  Berbagai keunggulan tersebut yang banyak menarik perhatian para calon mahasiswa baru untuk mencari sewa rumah kost di dekat kampus.

 

2. Rumah Kos Memiliki Capital Gain Tinggi

 

Capital gain yang didapatkan dari nilai properti rumah kos-kosan. Capital Gain adalah istilah dari kenaikan harga per tahun yang didapatkan di bidang investasi properti.

Kenaikan harga properti ini, biasanya didapatkan maksimal dalam kurun waktu yang sedikit panjang, dalam periode lebih dari lima tahun. Proses kenaikan yang tajam pada rumah kos ini tergantung dari lokasi strategis yang dimiliki oleh rumah kosan tersebut, atau fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang dapat menaikkan harga properti menjadi lebih tinggi dari kenaikan secara umum.

 

Gambar ilustrasi nilai capital gain (applonline.com)

 

Misalnya, kemudahan akses yang didapat, terdapat fasilitas yang lengkap dari segi transportasi (akses tol dan trasnportasi umum), layanan umum, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan suatu kawasan perkantoran, dekat dengan area kampus, dan berbagai faktor keunggulan lain yang dimiliki.

Biasanya, capital gain yang diperoleh oleh rumah kos ini lebih tinggi jika dibandingkan rumah ataupun hanya sekedar tanah kosong saja.

 

3. Rumah Kos Memiliki Sebuah Capital Rate Yang Menarik

 

Rumah kos dapat memiliki capital rate yang tinggi dibandingkan dengan sebuah rumah yang disewakan atau sekedar menyewakan sebuah tanah kosong. Untuk Rumah kos tersendiri juga dapat memberikan sebuah capital rate di angka yang cukup tinggi sekitar 5-7%, jika dilengkapi dengan berbagai fasilitas lebih di dalamnya.

Baca Juga:  Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Menarik

Jika kita tinggal di kawasan Jabodetabek, nilai lebih yang didapatkan untuk menaikkan harga sewa di rumah kos tersebut, diantaranya. Sudah disediakan fasilitas yang elgnkap di dalam kamar seperti, ranjang/kasur, lemari, meja kerja atau meja belajar, lemari pakaian, kulkas, kamar mandi di dalam kamar, air cooler (AC) untuk pendingin ruangan.

Selain itu memiliki berbagai fasilitas lainnya, seperti dapur bersama, plus paket laundry, fasilitas parkir mobil dan motor, serta pintu gerbang plus penjaga keamanan di pintu masuk dan keluar rumah kos tersebut yang dinlengkapi dengan CCTV.

 

Gambar ilustrasi capital rate (capitalretail.com)

 

Karena fasilitas lengkap tersebutyang terdapat pada  beberapa rumah kos dengan konsep exclusive/mewah di Jabodetabek, menjadikan harga sewa tiap kamarnya menjadi tinggi. Bahkan ada beberapa yang dibanderol dari jutaan rupiah bahkan mencapai diatas sepuluh juta rupiah per bulannya dengan lokasi premium di tengah kota.

Selain memiliki berbagai keuntungan ataupun keuggulan, tentunya bisnis rumah kos juga memiliki beberapa kekurangan. Mari simak ulasannya berikut ini.

 

Kekurangan Yang Dimiliki Bisnis Rumah Kos

 

 1. Pemilik Rumah Kos Harus Bisa Manage Dengan Baik

 

Para pemilik rumah kos harus dapat me-manage usaha atau bisnis rumah kos nya dengan baik tentunya. Pertama pasti harus menyiapkan beberapa peraturan yang dapat mengatur dengan baik para penghuninya agar dapat menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama bagi para penghuni rumah kos tersebut.

 

Gambar ilustrasi fasilitas laundry (facilities.georgetown.edu)

 

Selain peraturan yang dapat menjaga ketertiban umum penyewa kamar kos, harus diberikan nilai lebih pada rumah kos. Sebagai contoh, pemilik rumah kos dapat memberikan pelayanan lebih dan kenyamanan bagi para penghuninya.

Seperti, menyediakan jasa laundry bagi penghuni rumah kos, memberikan jasa penjaga rumah kos untuk keamanan, orang yang membersihkan lingkungan serta fasilitas yang ada serta layanan lainnya yang dibutuhkan demi kenyamanan penyewa kos. Jadi, pemilik kos harus menyewa atau mempekerjakan orang lain untuk dapat memenuhi serta memberikan beberapa fasilias dan layanan pada rumah kos-kosan tersebut.

Baca Juga:  Keuntungan Beli Apartemen Yang Bisa Anda Dapatkan

 

2. Kadang Penyewa Membayar Telat Uang Kos-an

 

Terkadang pembayaran penghuni kos dapat telat, mundur atau tidak tepat waktu sejak tanggal mereka masuk atau menyewa ke unit kamarnya.

 

Gambar ilustrasi pembayaran (pymnts.com)

 

Kendala seperti pembayaran yang telat ini sering terjadi di kalangan penyewa mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri dan masih mengandalkan kiriman orang tuanya, atau para karyawan yang memiliki penghasilan tidak terlalu tinggi. Sebagai pemilik rumah kos, suatu saat akan menemui kendala seperti ini.

 

3. Rumah Kos Dapat Sepi Jika Beberapa Fsilitas Ini Tidak Ada

 

Rumah kos dapat menjadi sepi dari penyewan dan tidak banyak diminati lagi jika beberapa fasilitas yang menjadi daya tarik dan nilai lebihnya pindah atau tutup. Misalnya, yang menjadi daya tarik rumah kos tersebut adalah dekat dengan area kampus, dekat dengan kawasan perkantoran, atau dekat dengan sebuah pusat perbelanjaan atau mall.

 

Gambar ilustrasi pusat perbelanjaan mal (ecerep.com)

 

Misalkan saja kampus/Univesitas, kantor, pusat perbelajaan tersebut tutup atau pindah. Hal tersebut dapat terjadi, tetapi masih dalam prosentase kemungkinan yang sangat kecil. Karena sebagian besar baik pihak kampus atau Universitas, kantor Perusahaan ataupun sebuah pusat perbelanjaan telah memiliki tempat mereka sendiri (segi kepemilikan properti, tanah dan bangunan).

Demikian artikel kami, mengenai kelebihan dan kekurangan pada bisnis Rumah Kos atau Kos-kosan ini. Apakah Anda akan menjadi tertarik dengan bisnis Rumah Kos ini, dan mencobanya?

Jika Anda berminat berinvestasi atau ingin membeli rumah kos-kosan yang dijual baik dekat area kampus dan dekat dengan kawasan perkantoran. Kami memiliki beberapa listing properti Rumah Kos-kosan Dijual, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Rumah Kost 8 Kamar plus Sisa Lahan Dapat Dikembangkan di Kawasan Margonda Depok Dekat Dengan Kampus UI (Universitas Indonesia) dan Kampus Gunadharma.

2. Rumah Kost 16 Kamar Sudah Terisi Penyewa di Kawasan Margonda Depok Dekat Mal Margo City.

3. Rumah Kost Exclusive 20 Kamar di Kebagusan Dekat Dengan Kawasan Perkantoran Arcadia TB Simatupang, Jakarta Selatan.

4. Jual Rumah Kost Exclusive di Kemang Jakarta Selatan.

5. Rumah Kost 27 Kamar Okupansi Bagus di Tebet Jakarta Selatan.

 

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi rumah kost.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp