Karakteristik Rumah Gaya Skandinavian

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Sama seperti fashion, hunian juga memiliki tren uniknya sendiri. Belakangan ini, hunian dengan gaya Skandinavian banyak diminati karena modelnya yang sederhana, unik, dan menarik. Berikut karakteristik rumah gaya Skandinavian yang perlu Anda ketahui.

 

Memiliki Aksen yang Sederhana dan Menarik

 

Image via pinterest

 

Pertama, rumah dengan gaya Skandinavian memiliki model aksen yang terlihat sederhana dan menarik. Kendati tidak memiliki banyak motif, gaya Skandinavian cenderung terlihat kalem dan tenang. Dimulai dari struktur bangunan hingga bagian interiornya, gaya rumah ini kental dengan unsur minimalis.

Berkat aksen yang sederhana, rumah Skandinavian banyak diminati oleh generasi masa kini yang menginginkan hunian nyaman dan sederhana. Kesan minimalis juga akan semakin menonjol jika dipadukan dengan faktor lain seperti warna cat dan aksesoris rumah.

 

Menggunakan Warna yang Natural

 

Image via pinterest

 

Rumah bergaya Skandinavian lekat dengan warna natural yang tidak mencolok. Warna-warna dasar seperti putih dan abu-abu paling banyak digunakan pada rumah Skandinavian ini. Jika ingin menambahkan sedikit warna terang, Anda bisa menggunakan biru laut, hijau muda, dan pink.

Penggunaan variasi dari warna-warna diatas karena tingkat saturasinya tidak terlalu mencolok dan cocok dipadukan dengan warna natural. Kebanyakan dari warna yang dipilih merupakan bagian dari warna alam agar cahaya bisa masuk ke dalam ruangan dengan sempurna.

Baca Juga:  Kelebihan Rumah Sederhana dan Keuntungan Tinggal Didalamnya

 

Bentuknya Terlihat Fleksibel

 

Image via pinterest

 

Rumah gaya Skandinavian memiliki unsur fleksibel dan tidak kaku. Dalam setiap ornamennya, terdapat sisipan ‘fleksibel’ yang membuatnya tampak nyaman dan hangat. Seperti pada bagian perabotan, bagian kakinya akan dibuat agak diagonal dan tidak terlalu menyiku.

Tampilan yang fleksibel ini membuat rumah Skandinavian tidak terlalu tajam. Karakter utama dari rumah ini menjadi terkesan lembut dan tidak menekan sehingga membuatnya semakin nyaman untuk ditinggali.

 

Memanfaatkan Pencahayaan Secara Maksimal

 

Image via pinterest

 

Salah satu ciri khas utama dari gaya Skandinavian adalah pemanfaatan cahaya semaksimal mungkin. Berbeda dengan rumah bergaya lain, gaya Skandinavian lebih menonjolkan cahaya alami sebagai sumbernya.

Hal inilah yang membuat para arsitek sering merancang rumah bergaya Skandinavian dengan jendela atau kaca di bagian dinding dan atap. Penerapan kaca atau jendela ini dimaksudkan agar cahaya dari luar bisa masuk dan menyatu dengan ornament di bagian dalam rumah.

 

Unsur Kayu yang Menonjol

 

Rumah dengan gaya Scandinavian memang mengusung alam sebagai konsep utamanya. Karena itu, rumah Skandinavian memasukkan unsur kayu sebagai salah satu ornament penting di dalamnya. Bahkan desain interior dari rumah Skandinavian hampir didominasi oleh unsur kayu.

 

Image via pinterest

 

Mulai dari tekstur hingga warnanya, unsur kayu dibuat menonjol. Kemunculan unsur kayu ini membuat kesan interaksi dengan alam. Umumnya, perabotan di rumah Skandinavian juga terbuat dari kayu yang dibuat selaras dengan warna dari cat dindingnya.

Baca Juga:  Desain Taman Minimalis Untuk Hunian Yang Lebih Nyaman

Demikianlah karakteristik dari rumah gaya Skandinavian yang bisa Anda contoh. Bagaimana? Tertarik dengan paduan desain minimalis yang menyatu dengan alam ini?.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp