Inspirasi Model Plafon untuk Ruang Utama yang Elegan

Therumahproperty.com – Blog.

Ruang utama menjadi salah satu ruangan yang umumnya dapat dilihat oleh orang lain karena umumnya dipergunakan untuk menyambut tamu. Tidak heran jika ruang utama begitu diperhatikan desainnya mulai dari dinding hingga plafonnya. Berikut ini inspirasi desain ruang utama.

 

Perpaduan Basic Plafon dengan Desain Up Ceiling 

 

 

Ruang utama ini didesain dengan konsep semi open space. Hal ini memungkinkan satu ruang ini dapat difungsikan menjadi dua ruangan. Desain plafon yang dibuat berbeda menjadi salah satu alternatif untuk mempertegas bagian ruang.

Satu ruang terdepan dapat difungsikan sebagai tempat untuk menyambut tamu. Oleh karena itu, plafon di ruang tamu tersebut didesain lebih on point dengan up ceiling. Sementara itu, ruangan di belakangnya yang dibatasi dengan rangka bangunan menggunakan desain basic ceiling.

Pada desain up ceiling ini, plafon bagian dalam dibuat tidak begitu menjorok. Perbedaan ketinggian plafon dibuat tipis saja dengan memberikan sedikit celah. Celah yang tercipta diantara plafon bagian luar dan dalam tersebut diaplikasikan LED strip berwarna putih.

Baca Juga:  Ingin Punya Rumah Di Pondok Indah? Ini Daftar Kelebihan Kawasan Tersebut

Bias cahaya dari LED strip ini memantul dengan elegan di langit-langit ruangan. Tepat di tengah-tengah plafon diberikan downlight berbentuk persegi.

Penataan lampu pada desain basic plafon dibuat lebih sederhana, yakni dengan memposisikan dua downlight persegi di tengah ruangan. Selain itu, terdapat juga dua lampu sorot di tepian plafon yang membiaskan cahayanya ke dinding.

 

Perpaduan Desain Up and Down Ceiling

 

 

Desain plafon ruang utama ini jauh lebih kompleks, yakni dengan memadukan dua tipe ceiling pada satu pusat ruangan yang sama. Pada mulanya plafon di desain down ceiling, kemudian dinaikkan kembali dengan memberi celah untuk LED strip.

Tidak hanya sampai di sana. Plafon yang sudah di desain up ceiling kemudian diturunkan kembali dan membentuk rangka persegi. Pada bagian dalam rangka persegi tersebut ditambahkan kembali profil down ceiling yang berpotongan dan membentuk tanda + (plus).

Penataan lampu pada plafon ini pun begitu terkonsep. Penataan lampu pada bagian plafon terluar diposisikan mengelilingi down ceiling dengan jarak yang sama. Selain itu, jenis lampu yang sama juga ditempatkan di tengah ruang persegi yang tercipta oleh rangka-rangka down ceiling.

Baca Juga:  Adanya Fasilitas Apartemen Indoor Berikut Sangat Penting Dipertimbangkan Sebelum Membeli

Tidak sampai di situ, lampu gantung klasik juga begitu on point menghiasi plafon ruangan. Lampu gantung klasik diposisikan tepat di tengah-tengah perpotongan rangka yang berbentuk tanda + (plus).

ARTIKEL LAINNYA

LISTING UNGGULAN

error: Agen properti di Jakarta