Inspirasi Desain Rumah Tropis 2 Lantai Berikut Bisa Diterapkan di Hunian Anda

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

 

The Rumah Property – Blog.

Rumah tropis merupakan salah satu desain rumah yang dirancang dan disesuaikan dengan iklim tropis. Biasanya rumah berdesain tropis terdiri dari 1 hingga 2 lantai. Desain rumah tropis 2 lantai memiliki banyak sekali peminat. Bagi Anda yang berniat untuk membuat rumah tropis dengan 2 lantai, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

 

Menggunakan Plafon Beton Pada Lantai 2

 

Plafon beton (Image via pinterest.com)

 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat desain rumah tropis yang memiliki 2 lantai adalah penggunaan plafon. Hal ini dikarenakan plafon dapat memepengaruhi kenyamanan di rumah tropis Anda yang terdiri dari 2 lantai. Suhu di lantai 2 biasanya akan terasa lebih panas jika dibandingkan lantai 1.

Untuk membuat lantai 2 sejuk seperti lantai 1, Anda dapat menggunakan plafon yang berbahan beton. Penggunaan plafon dengan bahan beton ini akan memberikan suasana sejuk seperti di lantai 1. Oleh sebab itu, hal ini sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang bingung memikirkan desain rumah tropis 2 lantai.

 

Membuat Taman Atap

 

Taman Atap (Image via pinterest.com)

 

Memiliki rumah tropis dengan 2 lantai tentunya harus dapat Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Pada bagian atap rumah, bisa Anda berikan beberapa hiasan seperti taman yang dapat menambah kesejukan. Sebagaimana diketahui bahwa rumah tropis ini identik dengan tanaman hijau yang menyegarkan.

Baca Juga:  Pilihan Gaya Ruang Tamu Lesehan Minimalis

Anda tidak perlu menanam tanaman dalam pot untuk membuat taman atap ini. Anda bisa menaman tanaman kecil yang merambat seperti rerumputan. Taman atap ini secara tidak langsung dapat menurunkan suhu panas di bawahnya. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kelembapannya.

 

Memaksimalkan Penggunaan Material Alami

 

Penggunaan material alami (Image via pinterest.cl)

 

Perlu Anda ketahui bahwa kesan yang natural pada desain rumah tropis 2 lantai tidak hanya berasal dari tumbuhan hijau. Penggunaan material yang alami juga dapat menambah kesan rumah tropis yang benar-benar alami. Diantara material alami yang dapat Anda gunakan adalah kayu dan rotan.

Beberapa perlengkapan rumah juga dapat Anda pilih yang menggunakan material-material alami tersebut. Anda dapat memilih kursi yang berbahan dasar kayu maupun hiasan-hiasan dari rotan. Selain kayu dan rotan, Anda juga dapat menggunakan batu-batu alam sebagai ornamen di lantai 2.

 

Memperbanyak Ruang Terbuka

 

Ruang terbuka (Image via in.pinterest.com)

 

Rumah tropis yang memiliki 2 lantai tentunya harus dilengkapi dengan beberapa ruang terbuka. Hal ini bertujuan untuk menambah ruang gerak penghuni rumah lebih leluasa dalam beraktivitas. Ruang terbuka di rumah tropis ini juga akan menambah kesan yang asri. Ruang terbuka juga akan menyejukkan mata Anda.

Fungsi lain dari banyaknya ruang terbuka pada rumah tropis dengan 2 lantai ini adalah untuk melancarkan sirkulasi udara yang masuk. Di sisi lain, Anda juga harus memperhatikan desain dari ruang terbuka yang akan dibuat ini. Privasi Anda ketika beraktivitas juga harus tetap terjaga dan tetap nyaman.

Baca Juga:  Tips Agar Lantai Rumah Tetap Wangi

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp