Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern yang Estetik

Therumahproperty.com – Blog

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang perlu diperhatikan dengan seksama secara penataan maupun desain keseluruhan. Berikut ini beberapa inspirasi desain kamar mandi modern yang dapat menambah kenyamanan saat digunakan.

 

Tipe Minimalis Transparan

 

Pilihan pertama yang bisa Anda coba adalah tipe minimalis transparan. Keuntungan menggunakan model ini adalah ruangan kamar mandi menjadi terlihat lebih luas karena pandangan juga tidak terhalang apapun.

 

 

 

Komponen Utama

 

Karena mengusung konsep minimalis sekaligus transparan, maka komponen pertama yang harus Anda siapkan tentunya kaca bening dengan ketebalan ideal. Selain untuk tujuan keamanan, kaca yang tebal dapat terhindar dari berbagai resiko kerusakan dan kemungkinan terburuk lainnya.

Gunakan pula frame dari alumunium untuk melindungi setiap sisi dan kaca. Alumunium lebih direkomendasikan karena materialnya ringan, kokoh, dan tahan karat. Pilih warna gelap untuk dipadukan dengan kaca bening agar terlihat serasi dan menyatu.

Letakkan bathtub berukuran sedang di salah satu sisi kamar mandi agar space ruangan lebih banyak. Anda juga bisa menambah sekat untuk digunakan sebagai tempat mandi. Gunakan kaca buram untuk menjaga privasi diri sendiri. 

 

Interior Tambahan

 

Berbagai pernak-pernik dan ornamen memang dibutuhkan untuk menambah nilai estetika pada kamar mandi. Pada desain kamar mandi modern tipe minimalis transparan, Anda bisa menambahkan lampu LED di belakang kaca rias dan beberapa titik plafon atau atap.

Gunakan lampu LED dengan warna orange cerah dengan tujuan menciptakan kesan hangat pada ruangan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan keset di luar maupun di dalam pintu. Hal ini akan membuat kamar mandi Anda selalu bersih serta terlihat lebih rapi. 

 

Tipe Monokrom

 

 

 

Rekomendasi desain kamar mandi selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah tipe monokrom. Model tersebut banyak digunakan oleh para pecinta konsep minimalis dan simpel, sekaligus menekan biaya secara cukup signifikan.

Baca Juga:  Teras Mungil dan Cantik yang Terkesan Minimalis Modern

 

Komponen Utama

 

Interior utama seperti bathtub diletakkan di salah satu pojok ruangan dengan pemasangan permanen. Gunakan warna senada dengan dinding agar terlihat serasi dan lebih luas. Jangan lupa berikan space antara 10-20 cm di setiap sisi bathtub untuk digunakan sebagai peletakkan alat mandi.

Buat sekat berukuran 50 x 200 cm untuk memisahkan antara bathtub dengan shower, sehingga Anda bisa mandi dengan leluasa. Gunakan juga batu granit atau batuan alam pada sisi terluar sekat yang berfungsi sebagai aksen dan penambah variasi.

Anda bisa meletakkan toilet pada sisi lain dari sekat antara bathtub dengan shower. Hal ini akan memudahkan dalam proses perawatan kamar mandi nantinya. Posisikan toilet merapat pada dinding, sehingga kamar mandi tidak terlihat sesak.

 

Interior Tambahan

 

Salah satu interior tambahan yang perlu diperhatikan yaitu jendela. Anda bisa memasangnya di atas bathtub dengan ukuran antara 50 x 70 cm, sehingga seisi ruangan tidak terlihat gelap dan mencekam. Tambahkan cermin rias berukuran sedang di belakang toilet agar lebih rapi dan cantik dipandang.

 

Tipe Minimalis Ruangan Sempit

 

 

 

Desain kamar mandi modern nomor tiga adalah tipe minimalis, khususnya untuk Anda yang memiliki ruangan cukup sempit. Walaupun demikian, hal itu bukanlah sebuah alasan untuk membuat kamar mandi nyaman digunakan serta berkonsep modern.

 

Komponen Utama

 

Material yang banyak dibutuhkan untuk merealisasikan konsep tersebut adalah batuan alam atau sejenis granit. Selain memiliki kesan alami yang cukup menonjol, material ini memiliki resistensi kuat terhadap air. Usia pemakaian batuan alam pun cukup panjang, yakni mencapai 10 tahun keatas.

Baca Juga:  5 Trik Merubah Interior Rumah Yang Simple Dan Mudah

Tempatkan closet pada salah satu pojok kamar mandi, lalu beri sekat dengan dinding tipis yang diberi finishing batuan alam. Pada bagian belakang closet juga menggunakan ubin batu secara vertikal untuk menciptakan aksen menarik.

Sisi lain dari sekat tersebut bisa Anda fungsikan sebagai tempat mandi. Apabila Anda menginginkan berendam, maka gunakan bathtub berukuran sedang agar tidak memenuhi ruangan. Sekeliling tempat mandi juga bisa diberikan penghalang menggunakan batuan secara menyeluruh.

 

Interior Tambahan

 

Guna mempercantik tampilan ruangan, Anda bisa menambahkan pemasangan kaca rias beserta tempat cuci muka atau tangan. Tempatkan di depan kloset dengan jarak antara 50-100 cm agar tidak terlalu sesak. Gunakan lampu berwarna orange cerah agar seisi ruangan terlihat lebih hangat.

 

Tipe Ringkas dan Elegan

 

 

 

Rekomendasi desain kamar mandi modern berikutnya yaitu tipe ringkas dan elegan. Pada model ini, Anda bisa memanfaatkan ruangan berdimensi sempit sekalipun tanpa meninggalkan kesan modern dan menarik dilihat.

 

Komponen Utama

 

Material pokok yang harus ada dalam desain kamar mandi ringkas dan elegan adalah batu marmer dan kayu. Kedua bahan baku tersebut sengaja dipilih karena memiliki nuansa yang khas serta cukup tahan lama usia pemakaiannya.

Pilihlah batuan marmer hitam untuk dipasang pada tempat cuci muka. Pastikan semua bahan tersebut sudah dipoles dan melalui tahapan finishing yang rapi, sehingga hasil akhir akan terlihat lebih berkilau dan menawan.

Kayu juga cukup penting dalam menerapkan desain kamar mandi tipe ringkas dan elegan. Bahan tersebut diaplikasikan dalam bentuk frame jendela, ventilasi, maupun kaca rias. Hal ini akan membuat kamar mandi Anda terlihat vintage dan klasik.

 

Baca Juga:   Gambaran Desain Rumah Townhouse Minimalis

Interior Tambahan

 

Salah satu aksen yang bisa dipilih untuk mempercantik tampilan yaitu penambahan wallpaper 3D. Gunakan model batu bata berwarna putih polos untuk menyesuaikan tampilan dengan material utama. Selain itu, aplikasi wallpaper 3D juga melindungi dinding Anda dari percikan air. 

 

Tipe Minimalis Versi 2

 

Pilihan terakhir yang patut Anda lirik adalah tipe minimalis versi 2. Perbedaan paling mencolok dari model minimalis nomor 1 adalah pada penempatan interior dan material penyusunnya.

 

 

 

Komponen Utama

 

Seperti pada model minimalis pertama, Anda harus menyediakan kaca bening dengan ketebalan antara 5-10 mm. Penggunaan kaca bening pada model kali ini lebih hemat dan ringkas karena sudah terpotong dengan tinggi bathtub.

Pada salah satu sisi bathtub, beri sekat dengan dinding bata sesuai lebar bathtub. Sisi lain dari sekat tersebut nantinya difungsikan sebagai tempat mandi sekaligus Closet. Beri warna monokrom agar kesan minimalis lebih terlihat dan menyatu dengan interior lainnya.

Penempatan bathtub adalah merapat pada dinding dengan instalasi jenis permanen. Pada bagian lantai, Anda bisa menggunakan lantai dari kayu yang sudah dilapisi dengan resin atau epoxy. Selain terlihat lebih mewah, lapisan tersebut akan membuat lantai lebih tahan lama dan tahan air.

 

Interior Tambahan

 

Interior tambahan pada model minimalis versi 2 adalah tempat cuci tangan sekaligus kaca rias. Tempatkan pada bagian depan tempat mandi, sehingga lebih mudah diakses dan tidak mengganggu mobilitas. Anda juga dapat menambahkan tempat penjemuran handuk di sebelah kaca rias.

Salah satu desain kamar mandi modern di atas bisa Anda terapkan di rumah. Jangan lupa untuk menghitung estimasi biaya secara keseluruhan agar hasil akhir dapat sesuai dengan harapan, sehingga kamar mandi menjadi nyaman digunakan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp