Ini Karakteristik Rumah Gaya Jepang Tradisional

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Salah satu ciri khas yang cukup unik dari rumah Jepang adalah dari pintu gesernya. Nah, karakteristik dari rumah gaya Jepang tradisional  memiliki jenis arsitektur yang khas dan cukup menarik. Elemen tradisional dari rumah ala Jepang ini masih banyak diterapkan hingga saat ini.

 

Memiliki Genkan yang Merupakan Raung Transisi

 

Image via pinterest

 

Ketika Anda mengunjungi salah satu rumah tradisional Jepang, hal yang pertama akan Anda lihat adalah area Genkan yang merupakan sebuah ruang transisi antara area outdoor dan area indoor pada rumah. Pintu utama ini memiliki letak yang sedikit rendah jika dibandingkan dengan lantai rumah.

Genkan difungsikan sebagai tempat untuk meletakkan sepatu pada rak yang telah disediakan lalu beerganti menggunakan sandal dalam rumah.

 

Memiliki Mushiko Mado yang Merupakan Pintu Geser Bercelah Kecil

 

Image via pinterest

 

Karakteristik dari rumah tradisional Jepang selanjutnya adalah adanya Mushiko Mado yang dijadikan sebagai pintu geser rumah jepang. Pintu ini akan dijadikan sebagai pintu utama dengan celah-celah kecil. Selain itu, ada juga pintu geser bernama Shoji yang memiliki celah besar.

 

Menggunakan Tatami yang Merupakan Lantai Anyaman Jerami

 

Image via pinterest

 

Tatami merupakan salah satu karakteristik yang cukup menonjol dari rumah Jepang, yakni lantai yang khas dan terbuat dari anyaman jerami Igusa. Material ini digunakan pada pembuatan rumah untuk memberikan kesan hangat pada musim dingin.

Baca Juga:  Daftar Manfaat Coworking Space Berikut Penting Anda Ketahui

Tatami juga dijadikan sebagai salah satu elemen rumah terpopuler di Jepang. Hal ini pun masih berlaku hingga saat ini. Anda bisa menemukannya pada beberapa kursi lesehan yang biasanya digunakan sebagai alas duduk.

 

Memiliki Tokonoma yang Merupakan Ruang Pajangan Benda Artistik

 

Image via pinterest

 

Ketika memasuki rumah gaya Jepang tradisional, maka Anda akan melihat lantai yang berbeda ketinggiannya pada salah satu sisi ruangan. Bagian inilah yang dinamakan dengan Tokonoma. Tokonoma digunakan untuk meletakkan dekorasi artistik.

 

Menggunakan Byobu yang Merupakan Partisi Artistik khas

 

Image via pinterest

 

Elemen lain yang menjadi karakteristik dari rumah tradisional Jepang adalah Byobu. Byobu merupakan sebuah partisi ruangan lipat yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan sebagai alat pemisah ruangan. Byobu biasanya akan dibuat dengan berbagai lukisan yang cukup artistik.

 

Memiliki Engawa yang Merupakan Koridor Luar Rumah Tradisional

 

Image via pinterest

 

Pada rumah tradisional Jepang tentu akan ada yang namanya koridor luar ruangan. Elemen yang satu ini biasanya disebut dengan Engawa. Engawa merupakan pemisah antara bagian dalam rumah dengan bagian luar.

 

Penggunaan Eleman Kayu

 

Image via pinterest

 

Arsitektur dari rumah tradisional Jepang juga sangat erat kaitannya dengan penggunaan elemen kayu pada setiap jengkal ruangan. Hal ini tentu akan menampilkan sisi alami dari hunian tradisional Jepang tersebut.

Baca Juga:  Daftar Fasilitas Rumah Modern Yang Memudahkan Aktivitas Sehari-Hari

Material kayu yang ada pada arsitektur khas Jepang pada umumnya tidak memiliki finishing. Namun, diperlukan coating untuk membuatnya memiliki daya tahan yang baik. Tampilan alami inilah yang memberikan nilai estetika pada hunian tradisional Jepang.

Inilah beberapa karakteristik yang ditampilkan dari rumah gaya Jepang tradisional. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya dirumah Anda?

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp