Ini Karakteristik Rumah Bergaya Tudor

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Desain rumah bergaya tudor merupakan desain rumah yang sangat unik. Desain rumah ini bisa dengan mudah dijumpai di negara asalnya yakni negara Inggris. Jika tertarik untuk memiliki rumah dengan desain ini, Anda bisa mengaplikasikan beberapa ciri khasnya.

 

 

Desain Bangunan yang Mirip Dengan Kastil

 

Karakteristik rumah bergaya tudor yang pertama, dapat terlihat dengan jelas dari bentuknya. Desain rumah ini seringkali dibuat mirip seperti kastil-kastil yang ada di negara Eropa. Atap rumah ini selalu berbentuk meruncing ke atas dan ditutupi jerami, tanah liat, atau batu bata.

 

Desain rumah mirip kastil (Image via pinterest.com)

 

Jendelanya juga dibuat khusus dengan desain yang artistik. Pembuatan jendela ini memanfaatkan penggunaan kayu sebagai bahan utamanya. Terdapat juga penambahan susunan batu yang menambah keindahan dari jendela tersebut.

 

Warna Rumah yang Khas

 

Rumah dengan warna yang khas (Image via pinterest.com)

 

Desain rumah bergaya tudor selalu memiliki warna cat rumah yang khas pada setiap rumahnya. Pemilihan warna cat ini tentunya tak bisa sembarangan. Hal ini karena warna cat pada rumah dapat menunjukkan status sosial sebuah keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut.

 

Cerobong Asap yang Estetik

 

Hal lain yang tak pernah absen dari desain rumah ini adalah cerobong asapnya. Cerobong asap memang menjadi komponen yang penting untuk rumah-rumah yang ada di negara Eropa.

Baca Juga:  Berikut Daftar Jenis Apartemen Berdasarkan Sistem Kepemilikannya

 

Cerobong asap yang estetik (Image via pinterest.com)

 

Hal tersebut dikarenakan cerobong asap dapat membantu mengeluarkan asap dari perapian, agar tak ada anggota keluarga yang keracunan karena menghirup asap terlalu banyak. Penambahan batu bata yang tersusun rapi di atasnya membuat cerobong asap terlihat semakin estetik.

 

Pintu yang Ikonik

 

Pintu yang ikonik (Image via pinterest.com)

 

Rumah Tudor sangat erat kaitannya dengan desain pintu yang khas. Pintu pada rumah-rumah Tudor ini menggunakan desain yang cukup unik yakni desain Palladian. Desain Palladian ini menggunakan batu sebagai komponen utamanya. Penyusunan batu-batu ini seringkali dipadukan dengan sentuhan akhir plester yang menjadi ciri khasnya.

 

Rumah yang Besar dan Megah

 

Rumah besar dan megah (Image via pinterest.com)

 

Hampir semua rumah dengan desain Tudor ini berukuran besar dan megah. Halaman rumahnya juga berukuran cukup luas. Tak hanya halamannnya saja yang luas, namun kamar dan ruangan lain dalam rumah ini juga memiliki ukuran yang cukup besar.

 

Kerangka Rumah yang Terbuat Dari Kayu

 

Rumah jenis Tudor ini menggunakan kerangka yang terbuat dari beberapa potongan balok kayu. Potongan balok kayu tersebut seringkali terlihat tidak rata karena hanya menggunakan kekuatan tangan manusia saja untuk memotongnya.

 

Kerangka rumah dari kayu (Image via pinterest.com)

 

Baca Juga:  Desain Interior Apartemen 2 Kamar Berbasis Smarthome Yang Menarik

Potongan balok kayu ini kemudian disusun berbentuk seperti anyaman. Pada bagian dindingnya diberi campuran tanah liat dan pasir untuk semakin mengokohkannya. Kerangka yang terbuat dari kayu ini dilapisi dengan tar berwarna hitam agar kayu tak mudah keropos.

Desain rumah Tudor ini memang mirip dengan desain rumah-rumah Eropa lainnya. Namun, ada satu hal yang membuatnya tampak berbeda, yakni desain atapnya yang sengaja dibuat meruncing ke atas sehingga mirip dengan kastil-kastil kerajaan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp