Ini Daftar Karakteristik Rumah Tropical yang Wajib Anda Pahami

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog

Setiap rumah tentu memiliki karakteristiknnya masing-masing dari segi desainnya, salah satunya adalah rumah tropical. Bagi Anda yang ingin membangun rumah tropical ini, ada beberapa karakteristik rumah tropical yang perlu dipahami. Hal ini bertujuan agar rumah yang dibangun sesuai dengan yang diinginkan.

 

 

Menggunakan Sirkulasi Udara Silang

 

Karakteristik pertama yang biasanya ada pada rumah tropical adalah menggunakan sirkulasi udara silang. Hal tersebut bertujuan agar udara yang masuk dapat bersirkulasi dan merata ke seluruh sudut ruangan. Udara dengan sirkulasi yang baik ini dapat membuat rumah menjadi nyaman dan sejuk.

Sirkulasi udara silang juga dapat membuat jumlah udara yang masuk lebih banyak. Selain itu, hal ini juga dapat membuat cahaya yang masuk ke dalam rumah lebih optimal. Oleh sebab itu, secara tidak langsung hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih hemat dalam penggunaan listrik di pagi hari.

 

Bentuk Atap Miring atau Segitiga

 

Karakteristik rumah tropical yang kedua adalah bentuk atapnya yang miring atau segitiga. Sebagaimana diketahui bahwa di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia ini memiliki curah hujan yang tinggi. Oleh sebab itu, bentuk atap seperti ini bertujuan untuk membuat air hujan jatuh ke tanah secara langsung.

Bentuk atap yang miring atau segitiga ini juga dapat membantu mengurangi udara panas yang masuk ke rumah. Hal inilah yang membuat rumah tropical ini terasa sejuk meskipun cuaca sedang panas. Udara sejuk yang masuk ke rumah akan membuat Anda betah berlama-lama tinggal didalam rumah, bukan?

Baca Juga:  Pilihan Model Lemari Ruang Tamu Minimalis Terbaru

 

Memiliki Teritisan yang Lebar

 

Desain rumah tropical tidak hanya menggunakan bentuk atap yang miring tetapi dilengkapi juga dengan teritisan yang lebar. Pada musim panas, teritisan yang lebar ini bertujuan untuk melindungi rumah Anda dari paparan sinar matahari secara langsung yang masuk ke dalam rumah.

Sementara itu, teritisan yang lebar ini pada musim hujan dapat berfungsi untuk mengurangi tampias air hujan yang disertai dengan angin kencang. Bentuk teritisan ini biasanya mengikuti tinggi rendahnya rumah yang dibangun. Apabila rumahnya semakin tinggi, maka teritisan yang dibuat akan semakin lebar.

 

Terdapat Taman atau Pepohonan di Halaman Rumah

 

Karakteristik rumah tropical yang berikutnya adalah terdapat taman atau pepohonan di halaman rumah. Hal ini tentu sudah biasa Anda jumpai di rumah-rumah yang ada di Indonesia, bukan? Hampir setiap rumah memiliki taman atau pepohonan di halaman rumahnya. Inilah yang membuat rumah tampak sejuk.

Tidak sedikit orang-orang yang membuat taman bunga di halaman rumahnya. Selain bunga, pepohonan dan buah-buahan juga banyak ditanam di halaman rumah tropical tersebut. Hal tersebut tentunya sangat menunjukkan karakteristiknya sebagai rumah tropical yang asri dengan pepohonan di sekitar rumah.

ARTIKEL LAINNYA

The Rumah Property (therumahproperty.com) merupakan situs web Real Estate Agent (agen properti) di Jakarta. Situs web The Rumah Property (therumahproperty.com) menyuguhkan kumpulan artikel tentang seputar properti, serta memasarkan berbagai properti piihan terbaik untuk Anda.

Kami associate agent dari Premium One Property, salah satu perusahaan agen properti profesional (property agency) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Premium One Property adalah salah satu Official Property Agency yang telah menjalin kerjasama dengan banyak Developer ternama, untuk memasarkan produk-produk unggulan dan terbaru.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan properti Anda

× Chat WhatsApp