Ini Beberapa Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Untuk Rumah Anda

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog

Hunian menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi siapapun tanpa terkecuali, karena dijadikan tempat untuk bernaung kita sekeluarga. Beragamnya rumah dengan lahan minimalis di era modern ini, menuntut pemiliknya untuk selalu berpikir kreatif.

Desain ruangan harus disesuaikan dan dioptimalkan dengan luas lahan yang dimiliki, supaya terasa nyaman saat ditempati. Terutama untuk ruang tamu, yang akan memberikan kesan pertama saat memasuki sebuah rumah.

 

Ini Beberapa Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Untuk Rumah Anda
Image via Pinterest.com

 

Banyak orang memilih desain ruang tamu minimalis modern untuk menyiasati rumah ‘mungil’ mereka. Apa saja desain tersebut? Mari simak ulasannya.

 

Elemen Kayu

 

Dulunya, elemen kayu identik dengan rumah bergaya klasik dengan ukiran yang kompleks untuk ornamen ataupun perabotnya. Namun saat ini, elemen kayu menjadi alternatif sebagai perpaduan sempurna untuk rumah minimalis modern. Contoh penggunaan elemen kayu misal pada lantai yang bermotif kayu, rak sederhana dengan kayu motif pedesaan (rustic wood), atau meja dan kursi yang berbahan dasar dari kayu.

Elemen kayu pada desain ruang tamu akan memberikan suasana menyatu dengan alam, bersih dan terkesan hangat karena kesederhanaan yang diciptakan. Gunakan elemen kayu yang tanpa ukiran dan berbentuk tidak kompleks. Selain materialnya, Anda bisa juga memilih warna elemen kayu untuk perabot sofa atau karpetnya untuk menyajikan nuansa yang senada.

Baca Juga:  Tips Menata Dapur Minimalis Agar Tetap Rapi dan Elegan

 

Warna-warna Netral

 

Warna-warna netral seperti putih gading, abu-abu, atau coklat mampu memberikan kesan terang dan luas pada rumah minimalis Anda. Gunakan warna-warna tersebut pada warna dasar dinding atau pintu. Warna-warna tersebut akan mudah masuk untuk segala jenis warna dari perabot Anda sehingga lebih mudah untuk disesuaikan. Penataan desain interior ruangan pun akan menjadi lebih mudah dengan penggunaan warna-warna netral tersebut.

 

Tema Monokrom

 

Tema monokrom yang melibatkan warna hitam putih telah populer beberapa tahun belakangan ini. Jika warna monokrom diimplementasikan pada rumah yang minimalis, maka akan menghasilkan desain ruang tamu yang modern dan mewah namun tetap simpel. Anda bisa memainkan warna monokrom pada perabot di ruang tamu Anda.

Sebagai contoh, gunakan lampu gantung monokrom di atas sofa kecil dan meja bundar yang berwarna senada. Perpaduan desain ini akan menciptakan kesan ruangan yang elegan dan sederhana. Semua tampak manis dan pas meskipun Anda menambahkan beberapa pot tanaman hijau di sekitarnya.

 

Bata Ekspos Putih

 

Jika Anda lebih berani lagi bermain-main dengan dinding, bisa mengganti dinding konvensional dengan bata ekspos putih. Desain ini sesuai dengan rumah yang ingin menerapkan gaya Skandinavia. Hal tersebut dikarenakan bata ekspos yang putih dan unik akan menciptakan kesan ruangan yang lapang, hangat dan tampak bersih.

Baca Juga:  Rumah Idaman Sederhana Cantik Bernuansa Klasik

Tambahkan dekorasi yang mencolok di sekitar dinding untuk menghindari kesan yang membosankan. Misal dengan menambahkan karpet bermotif besar-besar atau sofa dengan sarung bantal warna warni. Permanis dengan vas bunga dengan bunga mungil warna-warni di atas meja ruang tamu Anda. Dapat juga dengan menambah ornamen lampu gantung dari bahan metal, untuk memperlengkap dekorasi ruangan yang menampilkan kemewahan.

 

Aturan 1/3 Untuk Rumah Berplafon Tinggi

 

Tak sedikit rumah minimalis mewah yang hadir dengan plafon tinggi. Plafon model seperti ini, tidak akan mengurangi effort Anda untuk menyiasati desain ruang tamu minimalis modern untuk rumah. Plafon tinggi telah memberi kesan lega dan luas pada ruang tamu. Tugas Anda hanya tinggal mendekorasi saja supaya ruang tamu tampak lebih manis.

Untuk mendekorasi rumah dengan plafon tinggi butuh kecermatan dan ketepatan. Ada aturan 1/3 dekorasi pada dinding yang bisa Anda gunakan. Maksudnya adalah Anda bisa memberi ornamen pada dinding hingga sepertiga dari ruang dinding yang tinggi.

Isilah dengan ornamen lukisan di bagian tengah, sofa dengan warna mencolok di bagian bawah, atau jam dinding besar pada bagian atas. Sisakan bagian atas dinding supaya tidak terkesan dipaksakan menumpuk dan tampak lebih leluasa dipandang.

Desain ruang tamu minimalis modern memberikan pengaruh besar pada rumah Anda. Bisa jadi desain ruang ini akan menjadi patokan untuk desain ruangan lainnya. Kunci desain ruang tamu minimalis hanya terletak pada kenyamanan dan keterbukaan untuk tamu dan tuan rumah berinteraksi.

Baca Juga:  Dekorasi Rumah Kecil tapi Mewah di Tiap Part

Jadi pilihlah warna, perabot, dan ornamen secermat mungkin. Jika masih menemui sedikit keraguan diri atau timbul pertanyaan, konsultasikan terlebih dahulu kepada jasa interior desain Anda. Demi hasil yang maksimal dan tentunya, sesuai dengan keinginan anggota keluarga.

Semoga bermanfaat.

 

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp