Ingin Rumah Berfasilitas Lengkap? Tambahkan Area-Area Ini

Fasilitas rumah lengkap tentunya akan membuat keluarga merasa nyaman dan betah untuk berkumpul di hunian tersebut. Selain itu, fasilitas yang lengkap juga memudahkan Anda untuk berkegiatan tanpa harus keluar rumah terlebih dahulu.

Menyediakan fasilitas rumah yang lengkap bisa membuat waktu beristirahat semakin berwarna karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Lalu, apa saja fasilitas yang cocok ditambahkan di rumah? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

 

Private Gym

 

ruang olahraga dalam rumah

 

Bagi pecinta olahraga, memiliki private gym tentu saja menjadi impian agar bebas berlatih setiap hari. Keberadaan private gym ini menjadi fasilitas menarik agar pemilik rumah tidak perlu bingung untuk mencari tempat berolahraga.

Selain itu, private gym ini akan menjamin kenyamanan ketika berolahraga karena tidak perlu berbagi tempat dan fasilitas dengan orang lain. Anda bisa menggunakan fasilitas sendiri sesuka hati sesuai dengan waktu luang tanpa harus menyesuaikan dengan jam buka gym.

Apabila memutuskan membangun fasilitas private gym di rumah jangan lupa untuk menambahkan alat olahraga lengkap. Tambahkan alat olahraga kesukaan agar keluarga di rumah semakin bersemangat untuk menjaga kesehatan.

 

Private Pool

 

gambar kolam renang pribadi

 

Selain private gym, Anda bisa membangun kolam renang pribadi agar fasilitas rumah lengkap dan semakin nyaman. Private pool ini bisa dijadikan sebagai pilihan apabila Anda menyukai olahraga renang agar lebih leluasa.

Fasilitas satu ini juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dengan cara berenang bersama. Tak hanya itu, saja Anda juga bisa mendesain area private pool dengan indah agar bisa digunakan untuk berbagai acara.

Memiliki fasilitas private pool sendiri tentu saja akan menyenangkan karena tidak perlu bepergian ke tempat wisata untuk berenang. Selain itu, private pool juga terjamin kebersihan airnya karena tidak digunakan beramai-ramai dengan orang lain yang tidak dikenal.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Kamar Kos Minimalis

 

Entertainment Room

 

ruang home thetaer

 

gambar piano di dalam rumah

 

gambar ruang bilyard

 

Entertainment room merupakan ruangan khusus yang didesain untuk hiburan atau rekreasi sederhana bersama keluarga. Desain fasilitas ini bisa disesuaikan dengan hiburan favorit keluarga, sehingga waktu luang bisa dihabiskan bersama melalui fasilitas rumah lengkap yang sangat menyenangkan.

Ruangan yang dijadikan sebagai entertainment room bisa didesain untuk menjadi studio musik (ruang bermain musik), karaoke, dan bioskop dalam satu tempat ataupn sebagai ruang bilyard. Pada ruangan ini bisa ditambahkan fasilitas seperti sofa yang empuk, meja, televisi canggih, dan sound system.

Kehadiran entertainment room cukup membantu keluarga untuk mendapatkan hiburan ketika malas keluar rumah. Selain itu, fasilitas ini bisa lebih nyaman daripada tempat hiburan umum karena gaya hingga desainnya disesuaikan dengan favorit keluarga.

 

Pray Room atau Mushola

 

gambar ruang mushola

 

Apabila Anda ingin menghadirkan fasilitas lengkap di rumah, maka jangan lupa untuk membuat ruang khusus untuk dijadikan sebagai pray room. Anda bisa menyesuaikan pembuatan pray room ini sesuai dengan agama yang diyakini.

Misalnya, apabila keluarga Anda memeluk agama Islam, maka bisa membuat pray room berupa mushola. Selanjutnya, sesuaikan fasilitas di dalam mushola tersebut dengan fasilitas yang dibutuhkan ketika beribadah, seperti mukena, sarung, peci, sajadah, dan tasbih.

Selain itu, desainnya juga disesuaikan dengan aturan ibadah di agama yang diyakini, contohnya mushola harus menghadap ke kiblat. Pray room ini bisa dimanfaatkan untuk beribadah bersama keluarga, sehingga kebersamaan akan tetap terbentuk.

Beribadah bersama tentu saja akan membuat rasa kekeluargaan semakin erat, sehingga bisa hidup rukun bersama. Selain itu, ruangan khusus ini membuat Anda tidak perlu kesulitan lagi mencari tempat untuk beribadah karena pastinya kebersihannya akan selalu dijaga.

Baca Juga:  Tanaman Urban Jungle

 

Dapur Kering dan Dining Room

 

 

 

 

 

 

 

Fasilitas rumah lengkap umumnya akan menyediakan dua dapur sekaligus, yaitu dapur kotor dan kering. Dapur kotor digunakan untuk proses memasak dari awal yang biasanya terletak di area belakang dekat jendela agar asapnya tidak menyebar ke ruangan lain.

Selain itu, ada juga dapur kering yang kegunaannya khusus untuk menghangatkan masakan atau mengolah makanan instan. Dapur kering ini bisa menjadi fasilitas tambahan apabila Anda ingin memasak dalam kondisi bersih dan tidak memerlukan banyak perlengkapan.

Tak hanya itu saja, ruangan ini juga cocok dibangun apabila area rumah luas yang membuat kerepotan jika harus pergi ke dapur kotor. Peralatan di dapur kering biasanya lebih sederhana karena fungsinya juga cukup terbatas.

Umumnya dapur kering akan digabung dengan ruangan lain tanpa adanya sekat, yaitu dining room. Fungsi dari dining room sendiri, yaitu sebagai ruang makan keluarga agar kehangatan dalam menyantap makanan kian terasa.

Ruangan ini cocok dibangun agar keluarga bisa menyempatkan diri untuk makan bersama sebelum dan sesudah memulai aktivitas. Perabotan penunjang yang ada di dining room antara lain, satu set meja kursi serta peralatan makan yang lengkap.

Sementara untuk kapasitas peralatan bisa disesuaikan dengan jumlah keluarga yang ada di rumah. Adanya fasilitas dapur kering dan dining room ini akan membuat suasana makan di rumah semakin menyenangkan. Selain itu, fasilitas ini akan membuat Anda tidak malas memasak di rumah.

 

Ruang Kerja atau Library

 

gambar ruang kerja atau library

 

Bagi Anda yang sering mengerjakan tugas atau pekerjaan dari rumah, maka membuat ruangan khusus merupakan hal penting. Ruang kerja perlu dibangun agar fasilitas rumah lengkap dan membuat Anda bisa menyelesaikan tugas dengan nyaman.

Baca Juga:  Dekorasi Ruangan Apartemen Sederhana dan Menarik

Apalagi bagi keluarga yang memiliki anak, maka menyediakan ruang kerja menjadi lebih penting agar tetap konsentrasi dalam bekerja. Ruang kerja khusus juga membuat Anda tidak perlu mencari spot lain di rumah jika ingin menyelesaikan tugas dengan tenang.

Desain ruang kerja bisa disesuaikan dengan tema yang disukai agar lebih betah dan tidak merasa bosan. Misalnya, Anda bisa mendesain fasilitas ruang kerja bernuansa alam guna menghadirkan kesejukan ketika tengah mengerjakan tugas.

Anda juga bisa menyatukan ruang kerja dengan perpustakaan, sehingga bisa menjadikan tempat ini sebagai ruang baca sekaligus. Cara ini cocok digunakan karena koleksi buku di perpustakaan bisa dijadikan sebagai hiburan tersendiri ketika sedang lelah bekerja.

Menyatukan ruang kerja dan perpustakan juga membuat penggunaan lahan menjadi lebih efisien untuk menciptakan fasilitas rumah yang lengkap. Ruangan tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar yang nyaman bagi anggota keluarga lainnya agar bisa tetap merasa tentram.

Penataan dua ruangan yang digabung menjadi satu ini bisa tetap rapi asalkan Anda memisahkan peletakan dokumen kerja dan buku koleksi. Sediakan dua rak khusus yang masing-masing untuk menyimpan buku koleksi perpustakaan pribadi dan dokumen kerja agar tidak tercampur.

Menghadirkan fasilitas rumah lengkap bukan suatu hal mustahil asalkan Anda mampu mengatur penggunaan ruangan dengan bijak. Fasilitas rumah yang lengkap akan menunjang kenyamanan dan konsentrasi untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti menghabiskan waktu liburan akhir pekan.

Menyediakan fasilitas rumah secara lengkap akan membuat keluarga semakin nyaman berkumpul bersama. Sesuaikan kelengkapan fasilitas yang ada di rumah dengan kebutuhan keluarga agar semua ruangan bisa dimanfaatkan dengan baik.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp