Ide Desain Rumah Gaya Mediterania

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Rumah gaya mediterania juga memiliki peminat yang cukup banyak. Pasalnya, rumah yag mulai populer pada 1940 ini sangat cocok untuk iklim tropis. Hal tersebut menjadikan rumah ala mediterania disesuaikan dengan kemampuan beradaptasinya dengan matahari sepanjang tahun. Berikut ide desain tipe ini.

 

Outlook Lebih Menonjol Ke Dinding Putih

 

Image via pinterest

 

Gaya mediterania memang lebih diadaptasikan untuk rumah yang terletak di kawasan khatulistiwa. Hal tersebut karena pemukiman di daerah ini terpapar iklim tropis sepanjang tahun.

Letak geografis yang demikian menjadikan pemukiman mediterania cenderung menerima sinar matahari sepanjang tahun. Cara menyesuaikannya adalah dengan memberikan warna putih untuk bagian eksteriornya.

Warna putih cenderung memberikan kesan cerah dan segar. Kelebihan lainnya adalah warna putih sulit menyerap panas sehingga sangat cocok agar ruang dalam juga tidak terasa panas. Selain itu, warna putih adalah warna cerah yang netral sehingga tepat untuk dipadukan dengan warna cerah lain apa saja.

 

Memiliki Atap Keramik

 

Rumah gaya mediterania memberikan ciri khas utama yaitu memiliki atap keramik. Atap yang terbuat dari keramik ini tentu saja bertujuan untuk penyesuaian di udara iklim tropis.

 

Image via pinterest

 

Penggunaan atap keramik ini merupakan hasil percampuran kreasi desain meksiko dan spanyol. Pada umumnya atap dibuat tida terlalu menonjol seperti pada rumah gaya eropa. Atap gaya mediterania cenderung lebih simpel dengan satu bagian saja namun besar.

Baca Juga:  Cara membersihkan Dapur Berdasarkan Tiap Komponennya Agar Selalu Bersih

Kesan mediterania yang lebih sempurna juga ditekankan pada pemberian warna atap. Mediterania lebih identik dengan atap berwarna merah sebagai cir khasnya.

 

Memiliki Banyak Jendela dan Ventilasi

 

Mengingat gaya mediterania ini diperuntukkan untuk rumah di kawasan beriklim tropis, maka perlu untuk menjaga sirkulasi ruangannya tetap stabil. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan banyak jendela dan ventilasi di beberapa bagian rumah.

 

Image via pinterest

 

Penambahan jendela dan ventilasi ini tentu saja memiliki fungsinya tersendiri. Hal mendasar yang dapat dipengaruhi dengan adanya komponen ini adalah ruang dalam rumah tidak cepat pengap karena sirkulasi udara dapat bergantian terus menerus.

Anda dapat memanfaatkan bagian interior dengan menambahkan vegetasi yang cocok diiletakkan secara indoor. Hal tersebut akan menambahkan kesan hidup dalam rumah. Penambahan vegetasi ini akan mudah dilakukan karena ruangan memiliki sirkulasi udara dan cahaya matahari dapat masuk dengan baik.

 

Dua Lantai Dilengkapi Balkon yang Sejuk

 

Rumah gaya mediterania juga hadir dalam desain dua lantai. Umunya desain ini dilengkapi balkon yang cantik sebagai aksen dinding bagian luarnya.

 

Image via pinterest

 

Pada bagian balkon ini Anda dapat memberikan kesan lebih hidup dengan menambahkan beberapa tanaman. Hal tersebut akan membuat balkon rumah menjadi taman minimalis yang menambah kesejukan di bagian rumah atas.

Baca Juga:  Konsep Desain Rumah Gaya Eropa Kuno

Selain itu, taman yang terbentuk di balkon ini akan mengurangi panas ketika siang hari. Anda dapat menambahkan tumbuhan menembpel maupun gantung untuk lebih menyesuaikan suhu ruang atas melalui taman mini di balkon.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp