Desain Rumah Bernuansa Alam Lengkap untuk Tiap Ruangan

Therumahproperty.com – Blog

Rumahku Istanaku, barangkali hal itulah yang menjadi salah satu motivasi untuk memikirkan setiap detail hunian pribadi. Apabila Anda menginginkan desain rumah bernuansa alam, maka simak penjelasan berikut ini dengan seksama agar rumah lebih nyaman sekaligus menyehatkan pikiran.

 

Desain Rooftop

 

 

Desain rooftop pada rumah yang mengedepankan nuansa alam adalah memakai konsep terbuka, artinya tidak ada atap atau pelindung apapun. Hal ini akan menambah kenyamanan para penghuninya kala bersantai dengan keluarga kala luang maupun menikmati waktu senja bersama.

 

Material Utama yang Dibutuhkan

 

 

Anda harus menyediakan lantai tegel berwarna abu-abu polos untuk digunakan sebagai dasar rooftop. Pilihlah tegel dengan dimensi yang cukup besar agar menghemat pengeluaran. Jangan lupa pula untuk memastikan kualitas dari tegel yang Anda beli supaya tahan lama.

Selain menggunakan tegel polos, gunakan keramik dengan motif klasik pada 2/3 bagian rooftop. Hal ini akan menciptakan perpaduan yang unik dan menarik untuk dilihat, sehingga Anda tidak mudah bosan ketika di rooftop.

Salah satu interior yang tidak boleh dilupakan adalah kursi dan meja. Anda bisa menggunakan model permanen atau yang bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan, asalkan memakai konsep minimalis. Hal ini bertujuan agar rooftop menjadi tidak sempit karena adanya interior tersebut.

 

Interior Tambahan

 

 

Guna mempercantik rooftop secara keseluruhan, ada beberapa interior tambahan yang bisa digunakan. Salah satunya adalah tanaman hias atau tabulampot. Letakkan pada sekeliling rooftop dengan pot berukuran sedang.

Anda juga bisa menanam pohon anggur atau tanaman merambat lainnya. Selain berfungsi sebagai pagar hidup, pemilik rumah juga dapat mengambil manfaat berupa buah dari tanaman tersebut. Pasang juga lampu berwarna orange atau jingga agar rooftop terlihat lebih istimewa.

 

Baca Juga:  Tips Dekorasi Rumah Minimalis Agar Nyaman Dihuni

Desain Ruang Makan

 

 

Ruang makan menjadi tempat selanjutnya yang perlu ditata dengan baik dalam desain rumah bernuansa alam. Hal ini akan membuat kenyamanan saat makan bersama keluarga menjadi lebih meningkat, sehingga momen tersebut akan selalu dinantikan setiap penghuni rumah.

 

Interior Utama

 

 

 

Meja dan kursi tentu menjadi perabot utama yang harus ada di ruang makan. Pada desain rumah yang memakai konsep alam, Anda disarankan untuk menggunakan meja dan kursi berbahan dasar kayu. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh kesan alami secara natural.

Pilihlah meja dan kursi model minimalis agar lebih mudah dirapikan ketika selesai makan. Selain itu, usahakan untuk tidak melapisi perabot tersebut dengan soda api atau pernis, karena akan menghilangkan nuansa alam.

Gunakan cairan epoxy atau resin agar meja dan kursi makan terlihat mewah namun tetap dengan nuansa alamnya. Guna menyatukan dengan berbagai interior lainnya, warnai dinding Anda menggunakan tipe monokrom coklat tua dan muda. 

 

Aksen Tambahan

 

 

 

Agar tampilan ruang makan menjadi lebih estetik dan sejuk dipandang mata, Anda bisa menambahkan rak dinding dari kayu. Isi rak tersebut dengan berbagai bahan makanan yang masih tersedia atau meletakkan tanaman jenis airplant agar lebih mudah dalam perawatannya.

 

Desain Ruang Keluarga

 

 

Desain rumah bernuansa alam pada bagian ruang keluarga pun terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak interior. Anda cukup memakai konsep minimalis serta mengaplikasikan warna monokrom untuk mempercantik seluruh ruangan.

 

Material Utama yang Dibutuhkan

 

 

Gunakan ubin polos berwarna krem sebagai dasar ruang keluarga. Warna krem sengaja dipilih agar nuansa cerah dan gembira selalu ada di dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, ruang keluarga akan menjadi tempat favorit melepas penat bersama-sama.

Baca Juga:  Tips Menata Dapur Minimalis Agar Tetap Rapi dan Elegan

Warna krem juga dianggap sebagai pengapliasian unsur alam di dalam rumah. tambahkan almari minimalis berbahan dasar kayu untuk meletakkan berbagai perabot dan televisi. Warna coklat tua dari lemari tersebut akan menyatu sempurna dengan ubin dan seluruh ruangan.

Kursi juga menjadi interior wajib yang harus Anda sediakan di ruang keluarga. Pilihlah kursi dengan dimensi lebar namun minimalis. Hal ini berfungsi untuk tempat bersantai dengan anggota keluarga lain sembari menonton hiburan kesayangan.

 

Interior Tambahan

 

Salah satu interior tambahan untuk ruang keluarga yaitu tirai atau gorden. Pilih warna gorden yang senada dengan ubin agar lebih serasi dan menyatu, yaitu krem. Model rolling door lebih disarankan agar Anda lebih mudah dalam membuka maupun menutupnya.

Anda juga bisa menambahkan berbagai lukisan maupun foto keluarga di sekeliling televisi agar ruangan lebih ramai dan berwarna. Gunakan lampu LED dengan kecerahan sedang untuk menerangi ruang keluarga kala malam hari.

 

Desain Ruang Dapur

 

Desain rumah bernuansa alam pada ruang dapur menggunakan konsep minimalis. Anda tidak perlu menyediakan banyak interior maupun ornamen hiasan, sehingga lebih hemat dalam hal pengeluaran. Berikut ini material utama yang dibutuhkan beserta interior tambahannya.

 

 

Material Utama yang Dibutuhkan 

 

Sama dengan ruang keluarga, Anda bisa memakai ubin berwarna krem untuk diaplikasikan pada lantai dapur. Tidak hanya itu, material tersebut bisa juga digunakan pada meja masak karena memiliki kesan bersih dan mewah.

Pada bagian depan pintu rak penyimpanan, gunakan bahan Plywood atau kayu yang dilapisi dengan resin atau epoxy. Kilauan dari proses finishing akan membuat rak penyimpanan menjadi lebih elegan serta usia pemakaian lebih lama.

Buat satu jendela besar di ujung lorong dapur atau di samping meja masak agar sinar matahari dapat masuk dengan cukup. Hal ini juga membuat sirkulasi udara lebih baik, sehingga ruang dapur tidak terasa pengap maupun menimbulkan bau tidak sedap.

Baca Juga:  Fasilitas Apartemen Mewah untuk Setiap Huniannya

 

Interior Tambahan

 

Buat rak minimalis dari kayu untuk meletakkan berbagai bumbu dapur. Hal ini juga memiliki fungsi untuk memudahkan saat Anda memasak. Proses perapian setelahnya pun bisa dilakukan dengan lebih cepat dan rapi.

 

Desain Taman

 

Taman menjadi bagian terakhir dalam perencanaan desain rumah bernuansa alam. Anda bisa membuat taman tipe indoor maupun outdoor sesuai dengan keinginan. Selain itu, desain dari taman tersebut juga tidak membutuhkan banyak ruang.

 

 

 

Material Utama yang Dibutuhkan

 

 

Bahan utama yang harus Anda siapkan adalah papan kayu berukuran kecil yang sudah diserut dan dirapikan. Material tersebut nantinya akan disusun sedemikian rupa dengan mengikuti pola tertentu sebagai dasar taman indoor.

 

 

Apabila Anda menyukai desain outdoor, maka dapat membuat taman tepat di depan jendela dapur. Hijau dan segarnya tanaman akan membuat pikiran menjadi lebih rileks dan menciptakan ketenangan tersendiri.

Gunakan tanaman seperti palem, aglonema, pisang hias, maupun monstera karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Pertumbuhan dari tanaman tersebut juga sangat baik, bahkan mampu menyerap berbagai zat racun di sekelilingnya. 

 

Interior Tambahan

 

 

 

Interior tambahan yang diperlukan untuk taman jenis indoor adalah kaca bening untuk sekat. Anda bisa memakai bahan akrilik dengan ketebalan 5 mm ke atas untuk menghemat pengeluaran. Gunakan pot plastik berukuran sedang untuk menempatkan tanaman beserta medianya.

Semua gambaran desain diatas merupakan salah satu alternatif saja. Gunakan smartphone Anda untuk mengakses berbagai referensi lainnya, sehingga rumah bernuansa alam yang diinginkan benar-benar terealisasi sesuai yang diharapkan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp