Contoh Tata Ruang Kantor

The Rumah Property – Blog.

Ruang kantor memiliki pengaruh besar pada kinerja karyawan, dimana efisiensi kerja dapat tercipta dengan tata ruang yang tepat. Ada berbagai macam tata ruang kantor yang dapat Anda gunakan untuk menyamankan karyawan Anda. Berikut beberapa contoh tata ruang kantor yang dapat diterapkan.

 

Ruang Kantor Besar Terbuka

 

Tata ruang kantor terbuka banyak diminati oleh perusahaan maupun lembaga untuk menunjang kelancaran komunikasi antar sesama sehingga dapat saling terbuka. Penataan kantor ini biasanya digunakan pada industri kecil yang hanya memiliki satu ruang kantor saja.

 

 

Tata ruang ini tidak menggunakan partisi atau sekat apapun untuk memisahkan antar individu maupun divisi. Meja berukuran cukup panjang ditata dalam satu baris yang rapi, dimana satu meja dapat digunakan oleh lebih dari satu karyawan.

Hal ini membuat ruang kantor terasa lebih luas dan akrab satu sama lain. Namun, konsep ini lebih nyaman apabila digunakan pada kantor berukuran kecil di lingkungan yang tenang agar kinerja karyawan tidak terganggu.

 

Ruang Kantor Tim

 

Sebuah lembaga maupun perusahaan tentu terbentuk dari berbagai divisi atau tim yang memiliki tugas masing-masing. Untuk menunjang kinerja tim, Anda dapat menggunakan konsep ruang kerja tim, yaitu ruang kerja yang memisahkan karyawan berdasarkan bidang kerjanya.

 

 

Contoh tata ruang kantor menggunakan desain ini dapat Anda terapkan pada konsep ruang terbuka maupun tertutup. Pada prinsipnya sama. Jika digunakan pada konsep ruang tertutup, setiap divisi memiliki ruang khusus yang tertutup.

Baca Juga:  Mau Beli Hunian Minimalis? Ketahui Beberapa Ruangan Yang Perlu Diperhatikan

Sedangkan pada konsep ruang terbuka, desain ruang kantor tim memberi jarak atau sekat untuk membatasi setiap divisi. Anda dapat menggunakan taman kecil yang memanjang sebagai batas wilayah setiap divisi, dengan demikian ruangan tetap terlihat luas dan lebih asri.

 

Ruang Kantor Partisi Setengah

 

Partisi atau sekat pada umumnya berguna untuk memberi privasi pada karyawan agar dapat focus bekerja. Partisi dinilai dapat menyerap kebisingan hingga pada tingkat tertentu. Meski demikian, partisi setengah masih memungkinkan Anda untuk saling berbincang ketika berdiri.

 

 

Pada prinsipnya, desain partisi setengah digunakan untuk menutup bagian depan area kerja karyawan hingga rata-rata sebatas mata. Apabila Anda menggunakan meja panjang yang digunakan berhadapan, maka, Anda dapat menempatkan partisi pada bagian tengah panjang meja.

Begitu pula jika Anda menggunakan meja berbentuk bulat untuk tiga atau empat karyawan. Anda dapat memberi partisi pada setiap area kerja karyawan yang berpusat di tengah lingkaran. Hal ini sekaligus memperjelas batas area kerja karyawan.

 

Ruang Kantor Tertutup

 

Pada jenis pekerjaan yang membutuhkan privasi, desain ruang kantor tertutup sangat dianjurkan. Desain ini dapat diterapkan dengan tipe kubikal maupun ruang kerja yang tertutup sempurna. Pada tipe kubikal, basanya setiap ruang kerja karyawan disekat oleh tiga partisi.

 

 

Bukan partisi setengah, tapi tipe ini menggunakan partisi yang utuh hingga menutup seluruh ruang kerja. Sedangkan pada tipe ruang tertutup sempurna, tiga partisi ini kemudian dilengkapi dengan pintu sehingga ruang kerja terasa lebih privat.

Baca Juga:  Jenis Furniture untuk Rumah Mewah yang Bisa Jadi Rekomendasi untuk Anda

Selain menjaga privasi kerja, contoh tata ruang kantor yang satu ini juga dapat membantu menjaga konsentrasi kerja. Anda tidak akan terlalu terganggu dengan kebisingan di luar ruang kerja Anda.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp