Ciri-ciri Desain Eksterior Gaya Mediterania

The Rumah Property – Blog.

Gaya eksterior Mediterania sudah banyak tersebar di sekitar Anda, baik untuk rumah maupun bangunan lainnya. Eksterior gaya ini sudah berkembang sejak tahun 90an lalu tersebar ke Indonesia. Gaya Mediterania tentunya memiliki ciri khas seperti model rumah lainnya, baik untuk bagian dalam & luar. Berikut ciri-ciri desain eksterior gaya mediterania yang perlu Anda ketahui.

 

Atap Terbuat Dari Tanah Liat

 

Ciri khas desain rumah bagian luar dengan gaya Mediterania adalah atapnya yang memakai bahan dasar tanah liat berwarna coklat kemerahan. Warna atap ini umumnya dipakai di semua bangunan bergaya Mediterania termasuk di Indonesia. Namun beberapa bangunan mengusung konsep atap yang lain.

 

Memiliki Penyangga yang Besar dan Kuat

 

Memiliki penyangga yang besar dan kuat

 

Selain memakai atap dari tanah liat, bangunan gaya Mediterania memiliki bentuk penyangga yang kuat dan besar. Bangunan dengan pilar yang kuat dan kokoh akan menambah kesan megah dan mewah. Selain itu juga terdapat kolam di bagian depan rumah.

 

Memakai Warna yang Cerah

 

Ciri-ciri desain eksterior gaya mediterania berikutnya adalah memilih warna cerah untuk semua bangunan. Warna cerah yang sering digunakan seperti kuning, salmon dan peach. Warna-warna tersebut juga dipadukan dengan yang netral. Hampir seluruh ruangan memakai warna cerah, jarang ada yang gelap.

Baca Juga:  Daftar Produk Smarthome Yang Sangat Recommended dimiliki di Rumah

Warna lain yang sering digunakan untuk gaya Mediterania adalah cokelat pasir, putih, hijau dan biru langit. Pilihan warna terkadang mengikuti asalnya, misalnya menginginkan gaya Mediterania Yunani yang didominasi dengan putih. Sedangkan untuk bangunan Mediterania di Spanyol biasanya berwarna coklat.

 

Berdinding Plester

 

Ciri khas yang paling menonjol dari bangunan gaya Mediterania adalah berdinding plester. Hampir semua bangunan gaya Mediterania dari negara manapaun memakai dinding berplester. Namun ada juga yang memakai dinding lain, yaitu terbuat dari batu, tanah liat, atau alam yang teksturnya agak kasar.

Tujuannya adalah agar rumah bisa terlindungi dari sinar matahari, hujan dan angin serta suhu panas. Hal ini beralasan karena wilayah Mediterania memang sering mengalami perubahan cuaca.

 

Serambi di Depan Rumah

 

Ciri-ciri desain eksterior gaya mediterania berikutnya adalah adanya serambi di depan rumah. Serambi dibuat dengan tambahan pilar di bagian kiri kananya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari rumah mediterania, dan memang menjadi ciri khas utama dari bangunan tersebut.

 

Bahan Dasar Bebatuan dan Marmer

 

Umumnya bangunan dengan gaya Mediterania terbuat dari bebatuan dan marmer, ini juga yang diaplikasikan di Indonesia. Dinding bangunan dengan menggunakan kedua bahan ini akan menambah kesan mewah dan tampak elegan.

 

 

Bentuk Jendela dan Pintu

 

Baca Juga:  Mau Beli Apartemen? Pastikan Ada Daftar Fasilitas Tambahan di Apartemen Berikut

Jendela pada rumah bergaya Mediterania biasanya berbentuk bulat atau persegi. Memiliki jumlah jendela yang banyak serta jaraknya tidak terlalu berdekatan. Untuk pintu biasanya berukuran besar dan dibuat melengkung pada bagian atasnya.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp