Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Sebagai Pembersih Udara Dalam Ruangan

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog

Tanaman merupakan alah satu alat yang bisa digunakan dekorasi ruangan. Penggunaan tanaman untuk mendekor ruangan bukan hanya memperindah, namun dapat memfilter udara di dalamnya juga. Salah satu tanaman yang bisa membersihkan udara dalam ruangan adalah lidah mertua. Berikut cara merawat tanaman lidah mertua tersebut.

 

 

Memastikan Lidah Mertua Mendapat Cukup Sinar Matahari

 

Secara umum seluruh tanaman yang mengandung klorofil selalu membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh, begitu pula lidah mertua. Tanaman satu ini menggunakan sinar matahari untuk mengolah makanan dan untuk tetap mempertahankan hidupnya.

Lidah mertua memiliki penampakan seperti pedang yang sejajar dan bentuknya serumpun dengan warna hijau dengan tepian kuning mencerminkan kandungan klorofilnya. Alasan inilah yang menjadikan lidah mertua meskipun ada dalam ruangan cukup sehat untuk menyegarkan udaranya.

Supaya tanaman lidah mertua dalam ruangan memperoleh sinar matahari sesuai porsi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela. Selain itu, Anda juga bisa menyiasati dengan menjemur tanaman di pagi-siang hari. Semua cara penempatan bunga ini tergantung faktor paparan cahaya yang diterima ruangan.

 

Lidah Mertua Cukup Disiram Dua Kali Dalam Seminggu

 

cara merawat tanaman lidah mertua selanjutnya adalah menyiraminya maksimal dua kali seminggu. Tanaman membutuhkan air untuk dapat melakukan pengolahan makanan atau fotosintesis begitu pula lidah mertua.

Baca Juga:  Rekomendasi Desain Interior Kantor Minimalis

Kebutuhan lidah mertua akan air tidak seperti tanaman lainnya, karena tanaman ini memiliki kemampuan survive tinggi. Lidah mertua bisa hidup dalam kondisi air yang sangat sedikit.

Tanaman ini tidak butuh banyak air sehingga sangat cocok ditaruh di dalam ruangan. Menyiram tanaman lidah mertua ini perlu tetap dilakukan untuk menjaga pasokan airnya supaya tanaman tidak mengering.

Lidah mertua yang terlalu banyak mengonsumsi air akan cenderung cepat busuk sedangkan tanaman yang airnya cukup cenderung tumbuh subur. Nah, jika bisa tumbuh dengan subur, maka manfaat tanaman dalam rumah ini akan semakin maksimal lagi dalam membersihkan udara.

 

Memakai Pupuk Organik

 

Berikutnya yang harus Anda lakukan agar lidah mertua bisa tetap subur adalah memberikan pupuk organik. Pemberian pupuk bisa disesuaikan dengan media tanam yang dipakai sebelumnya, seperti tanah dipasangkan dengan kompos.

Lidah mertua akan lebih subur jika diberi pupuk organik dari pada memakai pupuk kimia. Pupuk organik selain menambah unsur hara yang diserap tanaman, juga mengurangi polusi akibat pestisida yang bisa saja terjadi. Lidah mertua bisa juga disebut tanaman yang ramah lingkungan.

Tahap ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja saat memutuskan untuk menanam lidah mertua. Alasan lain pemilihan pupuk kompos adalah lidah mertua tidak suka banyak air, sedangkan pestisida atau lainnya cenderung menyumbang air lebih banyak.

Baca Juga:  Inspirasi Penataan Interior Kamar Utama yang Menawan

 

Membersihkan Tanaman Dari Gulma

 

Faktor yang paling penting untuk diperhatikan saat merawat lidah mertua adalah memastikannya bersih dari gulma. Kebanyakan lidah mertua yang dijadikan tanaman ruangan ditumbuhi juga gulma berupa rumput liar, sehingga membuat penampilannya kurang bersih.

Gulma-gulma yang menghalangi lidah mertua tumbuh bebas bisa Anda bersihkan dengan tangan tanpa memanfaatkan pestisida yang membahayakan.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

SECONDARY PROPERTY

The Rumah Property (therumahproperty.com) merupakan situs web Real Estate Agent (agen properti) di Jakarta. Situs web The Rumah Property (therumahproperty.com) menyuguhkan kumpulan artikel tentang properti, serta memasarkan berbagai properti piihan terbaik untuk Anda.

Kami associate agent dari Premium One Property, salah satu perusahaan agen properti profesional (property agency) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Premium One Property adalah salah satu Official Property Agency yang telah menjalin kerjasama dengan banyak Developer ternama, untuk memasarkan produk-produk unggulan dan terbaru.

ARTIKEL LAINNYA

RUMAH

APARTEMEN

LISTING SECONDARY

×

Konsultasikan kebutuhan properti Anda

× Chat WhatsApp