Cara Menghilangkan Jamur Di Plafon Rumah

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

 

Therumahproperty.com – Blog.

Pasti menjijikkan bukan jika melihat plafon rumah ditumbuhhi jamur yang menempel? Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan jamur di plafon rumah tersebut. Tips dan trik pada ulasan di bawah ini perlu Anda ketahui agar dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

 

Mengecek Penyebab Munculnya Jamur

 

Sebelum membersihkan jamur di plafon, Anda harus mengetahui penyebab tumbuhnya jamur tersebut. Jika jamur timbul akibat plafon yang bocor sehingga sering terkena tetesan air, maka perbaiki dahulu plafon yang bocor dan ganti plafon yang berjamur tersebut dengan  papan plafon yang baru.

Selain itu, jamur dapat tumbuh karena tidak ada ventilasi udara yang cukup. Cara yang harus dilakukan yaitu membiarkan cahaya matahari masuk sewaktu-waktu jika pada ruangan terdapat jendela. Anda juga bisa menggunakan kipas angin agar kelembabab ruangan tetap terjaga.

 

Menyiapkan Peralatan Pembersih Jamur

 

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan untuk membersihkan jamur tersebut. Siapkan sarung tangan, safety helmet, kacamata pelindung, lap bersih, kapi (jika perlu), roll cat atau kuas, serta cat tahan jamur atau cairan pembersih jamur. Anda juga butuh bangku yang tinggi.

Caranya adalah bersihkan jamur dengan lap bersih atau menggunakan kapi jika jamur sudah mengeras. Setelah bersih, berikan cairan pembersih jamur pada plafon dengan roll cat dan keringkan. Setelah itu lapisi lagi dengan cat tahan jamur. Lakukan pengecatan ulang pada plafon jika diperlukan.

Baca Juga:  Tips Menata Dapur Minimalis Agar Tetap Rapi dan Elegan

 

Menggunakan Cuka

 

Tahukah Anda jika cara menghilangkan jamur di plafon rumah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa cairan yang sering dijumpai. Yang pertama adalah cuka putih. Cuka putih dianggap cukup ampuh untuk meghilangkan kotoran berupa jamur tersebut.

Caranya campurkan cuka dengan sedikit air atau tanpa air. Kemudian semprot pada area plafon yang berjamur. Diamkan selama beberapa jam, setelah itu bersihkan dengan sikat, kapi, atau lap bersih sampai benar-benar bersih.

 

Menggunakan Hidrogen Peroksida

 

Cara lainnya yaitu menggunakan cairan hidrogen peroksida. Cukup semprotkan cairan tersebut dengan konsentrasi 3% pada plafon berjamur. Biarkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan lap bersih yang basah atau alat bantu lainnya untuk menghilangkan jamur yang sudah menempel pada plafon.

 

Menggunakan Bubuk Soda Kue

 

Cara terakhir yaitu menggunakan bubuk soda kue. Campurkan soda kue tersebut dengan air, bisa juga ditambahkan dengan cuka. Setelah itu, semprotkan pada plafon yang berjamur dan biarkan beberapa menit. Kemudian, bersihkan jamur dengan menggosoknya menggunakan lap basah atau alat lainnya.

Perawatan yang benar akan menjaga bagian plafon rumah tetap bersih. Ulasan cara menghilangkan jamur di plafon rumah di atas bisa diterapkan untuk mengatasi masalah plafon rumah yang sulit dibersihkan. Jika kondisi setiap bagian rumah bersih, pastinya Anda akan semakin nyaman tinggal di rumah.

Baca Juga:  Dekorasi Rumah dengan Sentuhan Nuansa Alam agar Terlihat Segar

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp