Cara Menata Dekor Ruang Tamu Kecil agar Lebih Sempurna

The Rumah Property – Blog

Sebuah rumah pasti memiliki banyak ruangan yang memiliki fungsi berbeda-beda, termasuk ruang tamu. Ruang tamu biasanya didekor semaksimal mungkin hingga memberi kesan nyaman dan indah bagi siapa saja yang sedang bertamu ke rumah Anda.

Akan tetapi masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mendekor ruang tamu, apalagi untuk dekor ruang tamu kecil. Berikut daftar tipsnya.

 

Meletakkan Sofa Berbentuk Panjang

 

Ruang tamu yang tidak begitu luas bisa diisi dengan sofa berbentuk panjang yang ukurannya hampir sama dengan luas ruang tamu pada rumah Anda.

Mengapa hanya sofa? Karena ruangan berbentuk minimalis tidak cocok jika ditempati banyak barang. Hal itu akan membuat terlihat ruangan menjadi berantakan.

 

Manfaatkan Pemandangan Jendela di Depan Ruang Tamu

 

Cara lain untuk mendekorasi ruang tamu Anda yang berbentuk minimalis adalah dengan memanfaatkan pemandangan yang ada di luar.

Hamparan pohon dan tanaman bisa menjadi latar untuk ruang tamu Anda karena tidak membutuhkan banyak furniture. Ini bahkan akan menambah kesan sederhana namun tetap terlihat mewah.

 

Letakkan Meja di Tengah Ruangan

 

Dekor ruang tamu kecil selanjutnya adalah dengan meletakkan sebuah meja di bagian tengah ruangan. Namun, Anda jangan sampai asal pilih meja.

Alangkah baiknya jika meletakkan meja yang berbentuk unik dan menarik sehingga saat tamu mengunjungi rumah Anda, meja tersebut akan menjadi pusat perhatian mereka.

Baca Juga:  Warna Cat untuk Ruang Tamu yang Cocok untuk Pasangan Muda

Untuk warna meja, sesuaikan dengan warna sofa dan karpet Anda

.

Meletakkan Rak Dinding Tempel

 

Anda bisa meletakkan rak dinding tempel di bagian belakang ruang tamu dan jangan lupa untuk meletakkan beberapa barang simpel guna menjadi pendukung dari dekorasi ruang tamu.

Susunlah benda-benda tersebut dengan rapi dan menarik agar enak dipandang. Dekorasi ini mungkin bisa membuat Anda betah duduk-duduk di ruang tamu dan enggan keluar rumah.

 

Bentuk Langit-Langit yang Tinggi

 

Jika Anda dan pasangan sedang membangun sebuah rumah lalu menginginkan ruang tamu berbentuk minimalis, namun tetap tampak mewah, Anda bisa memesan bentuk dekor dengan langit-langit yang tinggi pada ruang tamu.

Bentuk dekorasi ini membuat ruang tamu Anda menjadi lebih lapang. Tentu saja ukuran sebenarnya dari ruang tamu yang kecil tidak akan terasa.

 

Meletakkan Karpet

 

Penataan dekor ruang tamu kecil yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan meletakkan karpet pada ruang tamu.

Pemilihan warna karpet yang tepat harus dilakukan agar ruangan tampak terlihat sederhana, namun tetap enak dipandang. Warna karpet pilihan Anda harus sesuai dengan warna sofa di ruang tamu serta warna dinding.

 

Meletakkan Dinding Serbaguna

 

Jika dengan meletakkan sebuah jendela untuk menghasilkan latar berupa panorama yang indah, kini di bagian depan ruang tamu bisa dimanfaatkan dengan meletakkan dinding serbaguna yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda.

Baca Juga:  Inspirasi Kamar Tidur Minimalis Dengan Desain Yang Simple

Ini bisa juga dijadikan sebagai hiasan. Biasanya, pintu pada dinding serbaguna menggunakan kayu. Warnanya juga disesuaikan dengan warna dinding Anda.

 

Menggunakan Benda-benda yang Berwarna Putih

 

Warna putih selain enak dilihat, juga merupakan warna wajib yang harus ada pada ruangan yang tidak terlalu luas, seperti ruang tamu kecil di rumah Anda.

Mengapa warna putih diwajibkan? Karena warna putih bisa memantulkan cahaya yang berasal dari lampu serta bisa merefleksikan segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

 

Ruang Tamu Digabung dengan Ruang Kerja

 

Membagi sebuah ruangan menjadi dua area untuk digunakan sebagai ruangan lainnya juga salah satu bentuk dekorasi pada ruang tamu minimalis yang tidak terlalu luas.

Misalnya saja dengan membagi ruang tamu dengan ruang kerja. Dengan begitu, ruangan tetap akan tampak lebih lapang dan menarik tentunya. Namun, pastikan Anda tetap menjaga ruangan disebelah ruang tamu agar tetap rapi.

Itulah beberapa ide untuk menata ruang tamu Anda, khususnya yang memiliki ukuran ruangan yang dirasa tidak begitu luas. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp