Cara Menata Dapur Kontrakan dengan Desain Sederhana

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

The Rumah Property – Blog.

Hampir setiap orang memiliki impian mempunyai rumah sendiri. Namun, mempunyai rumah sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga banyak yang memilih mengontrak rumah sebagai solusi. Meskipun rumah kontrakan, desain ruangan tetap harus diperhatikan, termasuk dapur. Berikut ini adalah cara menata dapur kontrakan dengan desain sederhana yang perlu Anda ketahui.

 

Menggunakan Rak Dinding

 

Penggunaan rak dinding di dapur (Image via id.pinterest.com)

 

Dapur kontrakan mungkin tidak sebesar dapur rumah sendiri. Oleh karena itu, Anda harus memutar otak untuk memaksimalkan setiap bagian dapur, termasuk area dinding. Anda bisa menggunakan dinding sebagai tempat peralatan masak dan makanan. Gunakan rak dinding secara bertingkat dan susun peralatan secara bertingkat juga.

Selain itu, Anda juga dapat melengkapinya dengan rak dinding gantung. Dengan adanya rak dinding tersebut, Anda bisa menghemat area dapur dan memaksimalkan fungsi dinding dapur kontrakan secara maksimal.

 

Buat Jendela yang Besar

 

Jendela besar di dapur (Image via pinterest.com)

 

Tips menata dapur kontrakan selanjutnya adalah dengan menggunakan jendela ukuran besar. Ukuran jendela yang lebar memberikan pencahayaan yang bagus pada area dapur, sehingga  bisa menghemat penggunaan listrik.

Selain itu, jendela lebar juga memberikan efek dapur yang lebih luas dan lega meskipun ukuran sebenarnya sangat terbatas. Di samping itu, jendela lebar yang terbuka juga membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Pasalnya, aktivitas memasak akan menghasilkan asap yang banyak.

Baca Juga:  Model Kamar Mandi Sederhana tapi Mewah

Tidak hanya itu, penggunaan jendela yang besar membuat pemandangan diluar jendela lebih terlihat jelas, dibanding dengan jendela ukuran kecil. Hal ini memberikan kenyamanan tersendiri saat di dapur, karena Anda akan menikmati pemandangan dibanding mengeluhkan ukuran dapur yang sempit.

 

Menata Peralatan Dapur dengan Benar

 

Menata peralatan dapur (Image via id.pinterest.com)

 

Cara menata dapur kontrakan yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah menata peralatan dapur. Setelah sebelumnya membahas tentang penggunaan rak dinding, maka rak dinding tersebut harus dimaksimalkan dengan penataan alat dapur yang benar.

Gantung peralatan dapur atau alat makan yang memiliki pegangan dan terbuat dari bahan yang tidak rentan pecah, seperti alumunium dan kayu. Untuk peralatan makan yang terbuat dari kaca, Anda bisa meletakkannya di rak meja dibanding dengan rak dinding.

Selain itu, susun alat dapur dengan memperhatikan ukurannya. Jika ukuran alat dapur cukup besar, Anda bisa meletakkannya di bagian rak dinding paling bawah agar tidak menutupi gantung rak lainnya.

 

Manfaatkan Kabin Bawah Dapur

 

Memanfaatkan kabin bawah dapur (Image via pinterest.com)

 

Kabin bawah dapur biasanya digunakan hanya untuk tempat tabung gas. Padahal, kabin bawah dapur bisa dimanfaatkan sebagai tempat peralatan dapur atau makan. Anda juga memanfaatkannya untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur seperti garam, gula dan lain-lain.

Cara menata dapur kontrakan ini dilakukan dengan melengkapi kabin bawah dapur dengan menggunakan laci atau lainnya. Pemanfaatan kabin bawah ini akan menghemat area dapur kontrakan. Selain itu, perabot dapur juga menjadi lebih rapi dan tertata.

Baca Juga:  Desain Apartemen Minimalis dengan Berbagai Tipe

Selain tips menata dapur yang telah disebutkan sebelumnya, yang terpenting dari menata dapur kontrakan adalah menjaga kebersihan kerapihan. Hal tersebut dikarenakan, ketika Anda sudah menata dapur serapi mungkin, akan terasa percuma jika dapur tersebut tidak dijaga kebersihannya.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp