Cara Membersihkan Plafon Rumah Bekas Kena Bocor

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

Therumahproperty.com – Blog.

Genteng yang bocor akan berimbas pada plafon yang berada di bawahnya. Hal tersebut lama-kelamaan juga akan menyebabkan kebocoran pada plafon dan menimbulkan noda. Berkaitan dengan penyebab dan cara membersihkan plafon rumah bekas kena bocor, simak pembahasan di bawah ini.

 

Penyebab Kebocoran Pada Plafon

 

Penyebab utama plafon rusak atau bocor adalah air yang bocor. Apalagi jika sedang musim penghujan. Selain itu, gangguan dari hewan seperti tikus juga bisa menimbulkan kerusakan pada plafon rumah.

Sumber kebocoran lain selain dari plafon itu sendiri yaitu dapat berasal dari genteng atau pipa AC. Genteng atau pipa AC yang bocor akan mengalirkan air yang masuk ke bagian plafon rumah. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka perlu diketahui dahulu penyebab kebocoran yang terjadi.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membersihkan Plafon Bocor

 

Membersihkan plafon bekas bocor bisa dilakukan dengan pengecatan. Untuk melakukan pengecatan tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, hindari menggunakan cat minyak, karena noda pada plafon tidak akan rata saat dicat.

Cat minyak tersebut meghasilkan lapisan film yang cukup tebal. Jadi, apabila dilakukan pelapisan cat diatasnya, maka akan menimbulkan gelembung atau tidak rata. Pengecatan pada plafon harus dilakukan ketika plafon sudah benar-benar besih dari kotoran dan noda jamur atau lumut yang menempel.

Baca Juga:  Dekorasi Kamar Tidur Sempit dengan Sedikit Perabot

 

Langkah Membersihkan Noda Di Plafon Akibat Mengalami Bocor

 

Cara membersihkan plafon rumah bekas kena bocor yaitu, pertama harus membersihkan bagian plafon yang terkena bocor dengan menggunakan amplas atau kape scrap. Gunakan tangga atau bangku yang tinggi untuk membantu menjangkau area plafon. Bersihkan noda dan kotoran sampai bersih.

Langkah berikutnya yaitu lapisi plafon bernoda dengan alkali sealer dan keringkan sekitar 1 sampai 2 jam. Pemberian alkali sealer bertujuan untuk mengeblok noda agar pengecatan yang akan dilakukan nantinya dapat merata dan tidak belang-belang.

Selanjutnya adalah tahap pengecatan awal. Tahap awal ini dijadikan sebagai background warna awal pada plafon yang kotor tersebut. Cat dinding yang digunakan sebaiknya dicampur dengan air dengan perbandingan 10:1. Gunakan roll cat untuk mewarnai bagian plafon yang kotor akibat bocor.

Tahap terakhir adalah pengecatan kedua. Pebandingan cat dan air yang digunakan yaitu 5:1. Pada pengecatan terakhir ini, Anda bisa memberikan warna pada plafon sesuai dengan warna cat rumah Anda agar lebih pas.

 

Lebih Baik Ganti Dengan Plafon Yang Baru

 

Jika tidak ingin repot atau tingkat kerusakan plafon akibat bocor sudah cukup parah, sebaiknya ganti saja dengan plafon yang baru. Papan plafon yang baru bisa dipasang untuk meggantikan plafon yang bermasalah. Plafon baru akan lebih tahan bocor dan terlihat bersih.

Baca Juga:  Interior Rumah Klasik Sederhana Berikut Bisa Anda Coba

Sebelum melakukan pembersihan, perbaikan atau penggantian plafon, tetap lakukan pengecekan pada sumber kebocoran. Informasi tentang cara membersihkan plafon rumah bekas kena bocor tersebut bisa Anda jadikan solusi atau tindakan yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah serupa.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp