Cara Membersihkan Kamar Mandi Keramik

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Keramik kamar mandi cenderung lebih cepat kusam dan berkerak dibandingkan keramik pada ruangan lain. Masalah tersebut akan terjadi apabila bekas sabun dan kotoran tidak dibersihkan dengan baik. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara membersihkan kamar mandi keramik seperti berikut ini.

 

Gunakan Cuka

 

Image via pinterest

 

Cuka biasa dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa asam. Bahan ini ternyata dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi keramik lho. Caranya sangat mudah. Pertama-tama, Anda dapat memasukkan bahan ini ke botol semprot agar mudah digunakan.

Kemudian, cuka putih tersebut dapat Anda semprotkan ke seluruh permukaan keramik kamar mandi. Tunggulah sekitar 10 menit agar cairan cuka meresap dan bereaksi. Hidupkan kran atau shower air panas untuk mendapatkan uap panas yang akan membantu proses pelarutan kerak.

Tunggu selama sekitar 2 menit, kemudian siram kamar mandi dengan air panas. Setelah itu, lap keramik menggunakan spon basah dan bilas dengan air bersih. Keringkan dengan handuk kering sebagai langkah terakhir.

 

Gunakan Kaporit

 

Kaporit yang pada umumnya digunakan sebagai desinfektan air, juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif cara membersihkan kamar mandi keramik. Bahan yang dapat Anda dapatkan di toko bahan kimia ini mampu melarutkan kerak bahkan yang sudah menempel selama bertahun-tahun.

Baca Juga:  Model Dapur Minimalis dengan Kombinasi Warna Cerah

 

Image via pinterest

 

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda perlu menyiram lantai dan dinding keramik kamar mandi menggunakan air panas. Kemudian, bubuk kaporit dapat Anda taburkan di atas permukaan keramik kamar mandi yang berkerak.

Tunggulah bahan ini bereaksi sekitar 30 menit. Setelah itu, sikat seluruh permukaan keramik kamar mandi, dan bilas menggunakan air bersih. Dengan demikian, noda dan kerak pada keramik kamar mandi akan terangkat

 

Gunakan Asam Sitrat

 

Asam sitrat atau lebih dikenal dengan sitrun merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue. Siapa sangka bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Karena merupakan bahan makanan, maka bahan ini dinilai paling aman digunakan daripada bahan lain.

 

Image via pinterest

 

Untuk menggunakannya, Anda perlu menggosok keramik kamar mandi menggunakan batu apung dan air sabun baik itu detergen maupun cairan pencuci piring terlebih dahulu. Kemudian, bilas dengan air bersih hingga sabun hilang. Segera tabur asam sitrat ke permukaan keramik yang berkerak selagi basah.

Tunggu bahan ini meresap dan bereaksi dengan kerak selama 1 jam. Setelah itu, gosok permukaan keramik menggunakan sikat dan bilas dengan air bersih. Pada kerak yang membandel, Anda perlu mengulang cara ini 2 sampai 3 kali karena sifat sitrun tidak sekeras cuka, kaporit dan bahan lain.

Baca Juga:  Inspirasi Sederhana Untuk Ruang Tamu Mungil

 

Gunakan Produk Pembersih Lantai

 

Image via pinterest

 

Saat ini sudah banyak produk pembersih lantai yang juga dapat Anda aplikasikan pada lantai maupun dinding keramik kamar mandi. Bahan ini cenderung lebih efektif karena diformulasikan khusus untuk mengangkat kerak pada keramik.

Cara membersihkan kamar mandi keramik dengan cairan pembersih lantai sangat mudah. Pertama, Anda dapat menguang cairan ini ke wadah yang cukup lebar. Kemudian, celupkan bulu-bulu sikat kamar mandi ke cairan ini.

Gosok sikat bercairan tersebut ke seluruh permukaan keramik kamar mandi. Tunggu bahan ini melarutkan kerak keramik selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, sikat lagi permukaan keramik yang berkerak dan bilas menggunakan air bersih.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp