Bisnis Properti, Pengertian, Cara, Strategi dan Jenis-jenisnya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Berada pada era global, begitu banyak usaha dijalankan para pelaku bisnis untuk meraih pasar. Diantara deretan bisnis yang dijalankan, bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang dinilai paling menjanjikan bagi siapa yang dapat menjalankannya dengan baik.

 

bisnis properti
Bisnis Properti

 

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengusaha yang terjun di bisnis ini dengan cara menginvestasikan sahamnya atau terjun langsung dan menjadi pelaku bisnis di bidang ini. Usaha di bidang properti sendiri mulai dilirik para pengusaha ketika permintaan akan kebutuhan papan semakin meningkat.

Sebenarnya bisnis sudah berkembang sejak lama. Pada awalnya, bisnis ini hanya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan papan tetapi dalam skala kecil. Di awal perkembangannya, bisnis ini juga hanya mencakup satu bidang saja yaitu pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi.

 

Pengertian Bisnis Properti

 

Bisnis di bidang properti yang pada awalnya hanya untuk pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi. Pada perkembangan selanjutnya meluas hingga merambah pada aspek-aspek lain yang berkaitan dengan bidang tersebut. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan bisnis di dunia tersebut? Apa pengertiannya secara harfiah dan juga pengertian dalam dunia bisnis?

Secara harfiah pengertian bisnis properti adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang jual beli tanah, dan berbagai aspek yang terkait atau berhubungan dengan hal tersebut.

Di dalamnya ada juga usaha atau bisnis di bidang bangunan, sarana dan prasarana, dan sebagainya. Dalam hal ini persewaan berbagai macam properti seperti rumah, vila, townhouse, apartemen, kos-kosan, kios, ruko, gudang, perkantoran, gedung dan properti lainnya juga termasuk dalam bisnis tersebut.

Usaha ini pada awalnya memang hanya bertujuan untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan papan atau rumah pribadi bagi masyarakat. Tetapi pada perkembangannya, bisnis ini bukan hanya bergerak di bidang papan atau perumahan yang bersifat pribadi saja, namun juga mencakup kebutuhan untuk usaha perkantoran, perdagangan dan perindustrian.

Seperti diketahui, kebutuhan properti semakin hari semakin meningkat terkait peningkatan jumlah penduduk yang pesat. Keadaan ini dibaca oleh para pelaku bisnis, dan menjadikannya sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis baru.

 

Cara Memulai Bisnis Properti

 

Kesuksesan yang sudah diraih oleh para pelaku bisnis di bidang ini, membuat beberapa pengusaha yang akhirnya banting setir dan merubah jenis usaha mereka untuk beralih ke dunia properti. Keuntungan serta prospek yang bagus menjadi alasan bagi mereka untuk menggeluti usaha ini. Mereka melihat bisnis di bidang ini sebagai usaha yang bisa dijalankan dalam jangka panjang dan tidak akan pernah mati.

 

just start
Memulai Bisnis Properti

 

Tetapi untuk terjun ke usaha ini, tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Pengetahuan serta kemampuan mengelola usaha ini saja tidak cukup untuk dijadikan modal sebagai untuk memulainya.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis properti ini dan apa saja yang harus dipersiapkan agar usaha ini bisa berjalan dan berkembang? Bagi Anda yang masih pemula, berikut ini uraiannya.

 

1. Memulai Dengan Menjadi Investor

 

Banyak yang beranggapan untuk menjadi investor membutuhkan modal yang besar. Tetapi sebenarnya tidak demikian. Untuk menjadi seorang investor hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tempat yang tepat untuk menanamkan modal, yaitu yang mempunyai berbagai keunggulan dan prospek yang bagus. Karena tempat yang tepat, akan memberikan pendapatan dan keuntungan yang terus meningkat.

Dari keuntungan yang didapat, bisa digunakan untuk memulai dan mengembangkan usaha sendiri. Misalnya untuk membeli sebuah apartemen, kemudian menyewakan bulanan atau tahunan kepada pihak lain. Usaha mengelola kos-kosan, juga bisa menjadi alternatif untuk mengembangkan usaha dari keuntungan menanam modal atau menjadi investor.

 

2. Melakukan Riset

 

Melakukan riset dan penelitian terhadap usaha yang akan digeluti adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis properti.

Baca Juga:  Desain Ruang Tamu Rumah Gaya Eropa

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui secara mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Baik itu tentang keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi, juga tentang prospeknya dimasa mendatang.

 

3. Melakukan Promosi Produk yang Ditawarkan

 

Promosi sangat diperlukan bagi usaha di bidang properti ini. Apalagi mengingat bahwa di zaman yang cepat ini, konsumen tidak mempunyai waktu yang cukup untuk sekedar mencari informasi tentang rumah, apartemen, kantor, maupun properti yang yang akan dibelinya.

Sebagai pelaku bisnis di bidang ini, melakukan promosi wajib dilakukan. Tujuan utamanya tentu saja agar konsumen mengetahui secara mendetail tentang segala yang dibutuhkan tanpa banyak membuang waktu dan tenaga.

 

4. Mulai Menjadi Perantara Penjualan Properti

 

Menjadi perantara bisa menjadi jalan pintas untuk meraih sukses di bisnis ini tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Misalnya menjadi perantara jual beli sebuah lahan.

Cukup dengan pengetahuan mendetail tentang lahan yang ditawarkan, dan kemampuan public speaking yang bagus terhadap calon konsumen, broker bisa meraih keuntungan dari usaha ini.

Selanjutnya, Anda bisa memperluas jaringan tersebut ke tingkatan yang lebih tinggi. Misalnya dengan berbagai penjualan produk project besar di kota-kota besar. Tentu ketika sudah sukses di bidang ini, jam terbang Anda di dunia properti pun akan semakin tinggi.

 

5. Gunakan Merek Usaha Anda

 

Setelah mempunyai cukup modal dan berhasil membangun sebuah usaha, memiliki sebuah merek usaha yang merupakan cara selanjutnya yang bisa diterapkan. Pada dasarnya hal ini penting, karena suatu usaha dengan merk sendiri wajib Anda miliki. Pilihlah sebuah nama yang simpel dan mudah diingat semua orang, khususnya bagi konsumen Anda.

Dengan mempunyai merek usaha, dengan berjalannnya waktu dan berkembangnya usaha Anda. Merek usaha Anda akan lebih banyak dikenal oleh banyak orang, sehingga konsumen akan mengenalnya dan memudahkan orang jika ingin membutuhkan jasa Anda.

 

Keuntungan Menjalankan Bisnis di Bidang Properti

 

Setiap pelaku bisnis pasti mengharapkan keuntungan dari usaha bisnis yang dijalankan. Demikian juga bisnis di bidang properti ini. Dengan prinsip ekonomi yang diterapkan dan modal serta kemampuan yang dimiliki, mendapatkan keuntungan adalah keinginan semua pengusaha di bidang properti.

 

benefit
Keuntungan Bisnis Properti

 

Lalu, apa saja keuntungan bisnis properti yang menjadi incaran para pengusaha? Berikut ini daftarnya.

 

1. Nilai Jual Tanah dan Hunian yang Terus Meningkat

 

Kebutuhan akan tempat tinggal setiap tahunnya terus meningkat. Sementara lahan yang bisa digunakan untuk tempat tinggal tidak pernah bertambah justru semakin habis.

Karena hal ini, harga tanah semakin hari semakin tinggi. Membuka usaha di bidang ini akan mendatangkan keuntungan besar, karena dengan membeli satu lahan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan berlipat-lipat dari lahan tersebut jika Anda bisa mengoptimalkannya.

 

2. Nilai Tambah Untuk Lokasi yang Strategis

 

Mempunyai lahan yang berada pada lokasi yang strategis akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi pemiliknya. Memanfaatkan lahan ini untuk usaha properti dengan membangunnya sebagai perumahan atau apartemen dan juga perkantoran.

Desain yang menarik serta fasilitas yang memadai, akan menjadi sumber mengalirnya keuntungan bagi pemiliknya.

 

3. Pendapatan Terus Meningkat

 

Karena kebutuhan akan papan yang terus meningkat, mempunyai sebuah usaha seperti menyewakan apartemen ataupun gedung perkantoran akan memberikan keuntungan yang terus bertambah.

Dengan nilai jual yang terus bertambah, maka harga sewa pun juga akan meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu ini akan terus meningkatkan pendapatan bagi pemiliknya.

 

4. Aman dari Pengaruh Inflasi

 

Harga tanah tidak terpengaruh oleh nilai tukar mata uang di pasar modal. Meskipun sedang terjadi inflasi dan nilai uang berada pada titik terendah, harga jual tanah tetap tinggi bahkan cenderung terus bertambah.

Baca Juga:  Mengenal Kawasan Rumah Hijau Alami Dengan Taman Tematik

Mengembangkan bisnis di bidang properti sangat aman dan tetap bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya meskipun sedang terjadi penurunan nilai tukar uang atau inflasi.

 

5. Merupakan Investasi Jangka Panjang

 

Terjun di bisnis ritel bisa dikatakan sebagai investasi dalam jangka panjang. Karena modal yang dipakai atau dikeluarkan waktu sekarang, akan bisa dinikmati hasilnya dalam 3-5 tahun mendatang atau bahkan lebih.

Hal ini dinilai sangat menguntungkan, karena modal yang telah dikeluarkan akan sebanding dengan nilai properti yang terus bertambah nilainya di tahun-tahun mendatang berikutnya.

 

6. Menjadi Kebanggaan

 

Menjadi pelaku bisnis di bidang properti merupakan kebanggaan tersendiri. Karena menjadi pebisnis di bidang ini akan dapat meningkatkan prestise dan menjadikannya sebagai orang yang terpandang.

Masyarakat menilai pelaku usaha di bidang properti adalah orang sukses, pandai, kaya, dan juga terhormat. Dengan demikian, di lingkungan masyarakat, pengusaha di bidang ini akan sangat disegani.

 

7. Bisa Menjadi Jaminan Hidup Pada Masa Depan

 

Memiliki usaha ini bisa dijadikan sebagai jaminan untuk masa depan. Karena bisnis ini merupakan bisnis yang terus berkembang dan mempunyai prospek yang bagus.

Di masa depan, pemilik usaha ini bisa terus menikmati keuntungan yang terus mengalir, meskipun pengeluaran modal hanya dilakukan sekali pada awal dimulainya usaha.

 

Strategi Dalam Menjalankan Usaha Properti

 

Untuk memulai sebuah usaha, harus memiliki strategi untuk menjalankan usaha tersebut agar bisa terus berjalan dan berkembang hingga akhirnya mendapatkan keuntungan. Setiap pengusaha mempunyai strategi yang berbeda dalam menjalankan usahanya.

 

marketing strategy
Strategi Bisnis Properti

 

Strategi bisa dipelajari dan diambil dari berbagai sumber. Belajar dari pengusaha yang terlebih dahulu bergelut di bidang ini, merupakan salah satu cara untuk bisa menerapkan strategi yang akan dijalankan dalam usaha yang akan dijalankan.

Selain itu, ada beberapa strategi lain yang bisa Anda terapkan sebagaimana berikut.

 

1. Menjadikan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi

 

Promosi merupakan cara untuk mengenalkan usaha yang dijalankan kepada pasar konsumen yang membutuhkan. Tanpa melakukan promosi, usaha yang dijalankan tidak akan dikenal atau diketahui oleh siapapun.  Apalagi mengingat bisnis properti online ini saat ini sedang populer.

Promosi juga harus dilakukan dengan seefisien mungkin dan tepat sasaran, sehingga maksud dan tujuan dari promosi bisa sampai dan dipahami konsumen. Karena pada zaman sekarang ini masyarakat lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan media sosial.

Setiap orang menggunakan media sosial untuk menjalankan semua kegiatannya. Melakukan promosi dengan memanfaatkan medsos merupakan cara paling efektif untuk mengenalkan usaha kepada publik. Dengan demikian promosi bisa cepat sampai kepada konsumen.

 

2. Memperhatikan Pengusaha Properti Lain

 

Mengamati dan memperhatikan strategi yang sudah dijalankan pengusaha lain bisa dijadikan cara untuk menyusun strategi yang pas untuk menjalankan usahanya.

Karena dengan memperhatikan mereka yang sudah berpengalaman, seseorang akan bisa belajar tentang kesalahan dan kegagalan yang dialaminya. Selanjutnya, Anda bisa mencari strategi lain untuk mengantisipasinya.

 

3. Membuat Desain Promosi yang Menarik

 

Konsumen biasanya akan langsung tertarik pada fitur atau gambar yang dilihatnya, sehingga desain menjadi penting. Mempromosikan usaha ritel yang dijalankan, juga harus dengan memanfaatkan keindahan dan daya tarik yang ada di lingkungan sekitar.

Dalam hal ini pengambilan gambar akan sangat berperan. Misalnya untuk mengambil sebuah gambar, harus diatur posisi, pencahayaan, latar belakang sehingga konsumen langsung merasa tertarik begitu melihat gambar yang ditampilkan.

 

4. Membuat Nomor Kontak yang Mudah Dihubungi

 

Konsumen tidak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mencari informasi tentang produk yang diinginkan. Apalagi konsumen dari kalangan pebisnis juga.

Baca Juga:  Mengenal Karakteristik Rumah Gaya Jawa

Ketika melihat sebuah penawaran, biasanya akan langsung menghubungi nomor kontak yang tertera. Dan para konsumen biasanya akan segera membatalkan pencarian informasi apabila nomor kontak tersebut sulit dihubungi.

 

5. Membuat Konten Video Sebagai Ajang Promosi

 

Menggunakan konten video yang tersedia dalam layanan Youtube tentang produk yang dipromosikan akan membuat konsumen lebih tertarik. Karena dengan konten video ini akan bisa divisualisasikan secara mendetail tentang produk yang ditawarkan.

Dengan strategi ini konsumen bisa mengetahui prioduk secara lebih rinci. Melalui konten video faktanya juga tidak membutuhkan kalimat muluk-muluk untuk mempromosikan produk. Konsumen cukup dengan melihat dari gambar yang ditampilkan saja ditambah dengan beberapa penjelasan.

 

6. Membuat Website Pemasaran

 

Mempunyai website sendiri tentang pemasaran bidang properti akan semakin memudahkan konsumen untuk menemukan produk yang ditawarkan.

Melalui website promosi bisa dilakukan dengan lebih akurat dan intensif, serta bisa mengenai sasaran yang lebih tepat. Website ini pun harus bersifat mobile friendly, sehingga bisa diakses dengan cepat dan mudah oleh konsumen.

 

Jenis-Jenis Usaha Properti Berdasarkan Produknya

 

Ada beberapa jenis usaha properti yang bisa dijadikan pilihan bagi pelaku bisnis untuk menentukan jenis properti mana yang akan dijadikan usaha. Pembagian ini berdasarkan jenis properti yang dikembangkan serta target pasar yang ingin dijadikan konsumen.

Dengan pembagian ini, akan memudahkan pengembang untuk memilih menjalankan usaha yang akan ditekuninya, dan membidik pasar konsumen yang diinginkan. Beberapa jenis bisnis properti ini adalah sebagai berikut.

 

1. Residential Real Estate

 

Ini merupakan bisnis yang lebih mengkhususkan pada pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi bagi semua orang. Dalam bisnis ini, bisnis dijalankan dengan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan akan hunian bagi manusia.

Misalnya pemenuhan kebutuhan papan berupa rumah sehingga kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal bisa terpenuhi.

 

2. Commercial Real Estate

 

Usaha jenis ini membidik pada dunia perkantoran dan properti ritel. Termasuk dalam usaha ini adalah menyewakan ruang perkantoran kepada perorangan atau perusahaan.

Usaha lain adalah berupa persewaan properti ritel berupa tempat usaha, toko, restoran, dan mall / pusat perbelanjaan. Sasaran konsumen yang dituju adalah penyewa tunggal atau untuk digunakan sendiri.

 

3. Industrial Property

 

Jenis usaha ini membidik konsumen dari kalangan perusahaan atau perindustrian. Usaha yang dijalankan berupa penyewaan manufaktur berat dan ringan berupa gudang untuk penyimpanan dan pendistribusian hasil produksi.

Dalam hal ini membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, karena usaha ini berkaitan dengan proses produksi yang dijalankan perusahaan penyewa. Tanggung jawab pengelolaan properti dibagi antara pemilik dan penyewa.

Jenis usaha ini berlaku di kawasan industri dimana di dalamnya terdapat kantor pengembangan properti yang merupakan kerjasama antara pemilik dan penyewa. Kawasan industri sendiri merupakan kawasan dengan berbagai jenis usaha dan produksi berada dalam satu lingkungan atau kawasan.

 

4. Special Purpose Property

 

Special purpose property merupakan jenis usaha properti dengan sasaran pasar konsumen yang lebih khusus. Karena jenis usaha bergerak di bidang pemenuhan sarana dan prasarana yang digunakan untuk kepentingan umum. Seperti hotel, motel, resort, teater, sekolah, rumah sakit, atau tempat ibadah. Pengelolaan usaha ini dilakukan secara internal dari anggota perusahaan itu sendiri.

Menjalankan bisnis properti memang membutuhkan kemampuan khusus agar bisa terus berkembang dan tidak berhenti di tengah jalan. Tetapi dalam menjalankan usaha di bidang ini tidak perlu merasa khawatir, karena bisnis ini mempunyai prospek yang bagus jika Anda benar-benar bisa menjalankannya dengan baik, sehingga kesuksesan telah berhasil Anda raih. Disamping itu, masa depan dari usaha ini juga sangat menjanjikan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp