Bingung Mencari Ide Desain Rumah Tropis Satu Lantai? Ini Ulasannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

The Rumah Property – Blog.

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis memang menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat rumah. Mulai dari rumah dengan desain satu lantai maupun dua lantai. Bagi Anda yang ingin membuat rumah tropis satu lantai, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

 

Memperbanyak Jendela di Setiap Ruangan

 

Jendela di setiap ruangan (Image via pinterest.com)

 

Salah satu ciri dari rumah tropis adalah dengan membiarkan cahaya masuk secara maksimal ke dalam rumah. Salah satu cara yang bisa yang bisa Anda terapkan adalah dengan memperbanyak jendela di setiap ruangan. Hal ini dilakukan agar cahaya matahari dan udara segar yang masuk dapat diperoleh dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin membuat rumah tropis satu lantai, cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah karena hanya berfokus pada satu lantai. Pada umumnya rumah tropis yang dilengkapi dengan jendala pada setiap ruangannya adalah rumah yang berada di sisi pantai untuk mengurangi udara yang panas.

 

Menggunakan Pintu dengan Ukuran Lebar

 

Pintu dengan ukuran lebar (Image via pinterest.com)

 

Perlu diketahui bahwa selain memperbanyak jendela, Anda juga dapat menggunakan pintu dengan ukuran-ukuran yang lebar. Tujuan dari hal tersebut sama dengan penggunaan banyak jendela yaitu untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Baca Juga:  Tujuan Bisnis Properti yang Biasa Ingin Dicapai Para Pelakunya

Sirkulasi udara yang masuk ke rumah Anda secara maksimal tentunya dapat memberikan keuntungan. Salah satunya adalah hal ini dapat mencegah terjadinya kelembapan pada setiap ruangan di rumah tropis satu lantai. Oleh sebab itu, penggunaan pintu yang lebar sangat dianjurkan.

 

Menggunakan Bentuk Fasad dengan Pelindung yang Unik

 

Fasad dan pelindung yang unik (Image via pinterest.com)

 

Apabila ingin menambah kesan yang berbeda untuk rumah tropis Anda, cobalah untuk menggunakan fasad dengan pelindung yang unik. Anda dapat memilih elemen pelindung seperti kanopi rumah maupun roster beton. Untuk menambah tekstur yang indah, Anda dapat memilih kisi-kisi kayu.

Selain itu, apabila Anda senang dengan tanaman, bisa menggunakan tanaman-tanaman dalam pot. Tabir rumah yang dilengkapi dengan pot tanaman dalam besi yang tersusun akan menambah kesan alami dan sejuk pada rumah tropis Anda. Ini tentu akan menambah kecantikan rumah dari sisi luarnya.

 

Memilih Warna Cat Rumah yang Cerah

 

Cat rumah dengan warna cerah (Image via pinterest.com)

 

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mendesain rumah tropis adalah pemilihan warna cat. Tidak dapat dipungkiri bahwa warna cat juga sangat mempengaruhi kesan yang diberikan pada rumah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mebuat desain rumah tropis ini hendaknya memilih cat yang cerah.

Baca Juga:  Gambaran Taman Minimalis Modern Belakang Rumah

Warna-warna cat rumah yang cerah dapat memberikan kesan ceria dan hangat. Anda dapat menggunakan warna biru, hijau, kuning, dan warna-warna lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa warna cat yang cerah juga dapat membuat suasana di rumah Anda tidak membosankan dan menyenangkan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp