Berniat Bangun Rumah Modern Tropis? Ikuti Panduan Perancangan Berikut

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Rumah Modern Tropis

 

Image via pinterest

 

Rumah modern tropis adalah sebuah konsep hunian yang mampu menghadirkan suasana rileks, tanpa melupakan nuansa kehidupan modern di dalamnya serta jauh dari sebuah kesan yang kaku. Hunian ini juga memiliki beberapa hal yang menerkaitkan secara kuat dengan ruang luarnya di dalam keseluruhan bangunan.

Sesuai namanya modern tropis, rumah ini telah dirancang oleh para arsitek modern yang sudah mengerti struktur bangunan rumah yang modern dan mengikuti kegunaanya yang cocok dipakai di iklim tropis atau rumah yang memiliki lingkungan dengan kelembaban yang cukup tinggi. Berikut ini panduan bangunan rumah modern tropis.

 

Atur Pencahayaan dan Penghawaan

 

Image via pinterest

 

Model rumah ini memiliki aturan khusus. Di antaranya, usahakan ruang-ruang seperti kamar tidur dan kamar mandi bisa mendapatkan pasokan cahaya alami.

Dengan begitu rumah akan terhindar dari kuman, karena terkadang di wilayah tropis kuman dapat mudah masuk ke ruangan bila pencahayaan tidak diatur dengan baik. Rumah juga harus memiliki pasokan udara yang yang baik di dalamnya, pastikan rumah memiliki sistem ventilasi yang dapat mengatur sirkulasi kedua hal tersebut.

 

Tentukan Orientasi Hadap Bangunan

 

Image via pinterest

 

Menentukan orientasi hadap bangunan rasanya perlu juga untuk diperhatikan. Sebaiknya dihadapkan ke arah utara atau ke selatan. Usahakan hindari bangunan yang menghadap ke barat agar tidak terlalu silau karena sorotan sinar matahari yang akan langsung mengarah ke jendela rumah di saat sore hari.

Baca Juga:  Ide Desain Taman Rumah Sederhana yang Cantik

Dengan begitu sebelum membangun rumah, Anda dapat memilih orientasi hadap arah mata angin yang disukai. Rumah modern tropis yang berhasil terwujud seperti ini, sangat diperlukan untuk kenyamanan hunian dalam jangka waktu yang lama.

 

Memposisikan Ukuran Lantai, Jendela dan Elemen Bangunan

 

Image via houseplans

 

Bila ingin rumah terasa lebih dingin, tinggikanlah lantai bangunan hingga 80 cm dari halaman depan. Hal ini dimaksdudkan agar terhindar dari kelembapan yang disebabkan iklim tropis. Selain itu, Anda dapat membuat ceiling rumah dengan ketinggian minimal tiga hingga empat meter, agar hawa ruangan pada rumah selalu sejuk.

Penataan bukaan jendela juga memiliki fungsi urgent yaitu dengan meletakkan bukaan jendela dibagian yang bisa menangkap sinar matahari dan hindarkan dari matahari sore. Karena, dapat mengakibatkan rumah terasa panas disaat menjelang sore hari. Dengan membuat bukaan jendela yang lebar, tentunya akan membuat sirkulasi udara maupun pencahayaan alami di dalam rumah menjadi lebih baik.

Untuk penggunaan bahan lantai, dapat menggunakan berbagai bahan yang tersedia, diantaranya dengan berbahan keramik, granit, marmer maupun parket kayu. Pilihlah bahan yang Anda sukai. Namum, mengingat lingkungan iklim tropis mungkin dapat menggunakan bahan seperti marmer yang dapat membuat ruangan lebih dingin pada siang hari. Jika ingin membuat ruangan lebih hangat, dapat memilih parket kayu sebagai bahan lantai.

Baca Juga:  Pilihan Dekorasi Kamar Tidur Sempit yang Terasa Lebih Luas

Untuk hal lainnya secara umum, komposisikan dengan sedikit ornamen elemen penting bangunan dalam bentuk-bentuk geometri yang selaras. Jika ingin menambahkan beberapa ornamen, Anda bisa memberikan ornamen garis vertikal atau horizontal.

Selain itu, dalam hal memposisikan letak ornamen elemen bangunan tersebut, pastikan sudah sesuai dengan keinginan Anda. Agar susunan bangunan juga menjadi fungsional sesuai yang diinginkan penghuninya.

 

Menata Ruang Sesuai Selera Dengan Material Yang Tepat

 

 

Dalam penataan ruangan rumah modern tropis, tidak ada panduan yang pasti. Dapat disesuaikan dengan keinginan penghuninya, mau menempatkan setiap ruangannya dengan yang dikehendakinya sendiri. Namun, untuk materialnya perlu dirancang dengan melihat kondisi bahan yang cocok untuk daerah sekitar tempat rumah yang akan dibangun sehingga bisa lebih tahan lama.

Pemilihan lokasi pembangunan hunian, akan memberikan beberapa pengaruh dari penyiapan bahan material bangunan, harga material ataupun biaya serta faktor lainnya yang kita butuhkan dalam membangun sebuah rumah. Misalkan biaya angkut bahan material akan terpengaruh dari jarak dan biaya kirim dari tempat sang penjual.

Alangkah baiknya, sejak awal sudah mempersiapkan semua catatan mengenai rencana anggaran dan biaya untuk membangun rumah modern tropis impian Anda. Dan konsultasikan terlebih dahulu kepada arsitek, desain interior dan kontraktor yang akan membangunnya. Setelah rincinan segala biaya sudah Anda dapatkan, tinggal menyesuaikan dengan budget dan coret segala hal yang dirasa tidak diperlukan.

Baca Juga:  Desain Apartemen Studio Unik Minim Perabot

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp