Beberapa Tips Menata Rumah Kecil Agar Rapi Dan Nyaman Saat Ditinggali

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Tips Menata Rumah Kecil Agar Rapi Dan Nyaman

 

Therumahproperty.com – Blog – Tips Menata Rumah Kecil.

Tinggal di kawasan perkotaan untuk akhir-akhir ini, memang memiliki rumah berukuran kecil menjadi salah satu pilihan atau solusi. Karena lahan yang sudah terbatas, sehingga banyak orang memiilih memiliki rumah minimalis yang berukuran kecil. Dan banyak rumah berukuran kecil dengan beragam tata ruang yang dapat Anda pilih untuk dijadikan tempat berteduh dari panas dan hujan bagi seluruh keluarga.

 

 

Kadang timbul satu permasalahan saat kita menata rumah kecil kita agar selalu nampak rapi dan nyaman saat ditinggali. Tak jarang dijumpai, menemui beberapa barang berantakan di dalam rumah dan tidak berada pada tempat seharusnya. Dan terkadang, udara lembab cukup terasa di dalam rumah serta pencahayaan kurang maksimal di dalamnya.

Anda pernah menjumpai hal tersebut?

Namun, jangan khawatir. Dalam artikel kami kali ini, akan diulas mengenai beberapa tips agar rumah kecil selalu rapi dan nyaman saat ditinggaali.

Simak beberapa tips menata rumah kecil agar selalu rapi dan tentunya nyaman.

 

Mengatur Sirkulasi Udara dan Pencahayaan Dalam Rumah Dengan Baik

 

Tak jarang dijumpai ketika memiliki rumah kecil, udara terasa lembab dan pencahayaan kurang maksimal di dalam rumah. Hal pertama yang dapat dilakukan ketika memiliki rumah kecil adalah dengan memilih pintu dan jendela rumah berbahan kaca yang memiliki bukaan yang lebar. Dengan penggunaan bahan material kaca ini, dapat memungkinkan sirkulasi udara menjadi lancar dan mengusir kelembaban.

 

 

Selain itu, fungsi yang lain dari jendela kaca akan memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah. Dengan sirkulasi udara dan pencahayaan rumah menjadi lancar, akan menjadikan rumah kecil Anda menjadi rumah yang sehat bagi sekeluarga.

Setiap pagi hari bukalah jendela rumah untuk membiarkan udara dan cahaya mengalir masuk di dalam rumah. Tak hanya itu saja, dengan jendela kaca ini Anda dapat menikmati pemandangan di luar rumah.

Tambahkan beberapa pot tanaman untuk menambah kesegaran alami di dalam rumah dan mempercantiknya.

 

Rajin Dalam Membersihkan Rumah

 

Hal yang tidak kalah dalam menata rumah kecil agar selalu rapi dan nampak bersih adalah dengan rajin memberishkan rumah. Pengerjaan ini, harus rutin dilaksanakan bagi pemilik rumah. Bersihkan semua bagian rumah setiap hari atau minimal 3 hari sekali.Agar kebersihan rumah kecil Anda selalu terjaga dengan baik.

Baca Juga:  Daftar Keunggulan Bisnis Properti Apartemen Menarik

 

 

Kegiatan membersihkan rumah, tidak hanya menyapu dan mengepel lantai rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Bersihkan setiap lorong di bawah bagian furniture Anda. Tidak hanya bagian lemari rumah, namun setiap lorong atau sudut ruang yang tertutup dengan furniture rumah.

Dengan kegiatan rutin ini, tentunya akan membuat rumah kecil Anda nampak bersih, rapi dan nyaman saat ditinggali.

 

Mengoptimalkan Ruangan Yang Ada

 

Memiliki rumah kecil tentunya tidak banyak bagian ruang yang kita miliki. Namun, itu tidak menjadi kendala. Jika Anda memiliki beberapa bagian ruang saja di dalam rumah kecil Anda. Atur dan pergunakan secara baik penggunaan masing-masing ruang tersebut.

Misalnya, dengan menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga serta dapur menjadi satu. Dengan penyusunan perabotan yang ada dengan baik, hal itu tidak mustahil untuk dilakukan.

 

 

Dengan pemanfaatan sofa di sudut dinding, dan di dinding sebaliknya dengan penggunaan rak dinding yang dapat menaruh segala jenis barang. Pada tengah ruangan dapat dimaksimalkan dengan menaruh perabotan meja dan kursi makan untuk keluarga. Di ujung ruangan yang merupakan ruang sisa, dapat dimaksimaklan menjadi area dapur untuk memasak.

Dengan melakuan cara ini, tentu pengoptimalan ruang pada rumah kecil Anda dapat terwujud.

 

Memilih Furnitur Yang Fungsional

 

Memiliki rumah kecil tentu adabeberapa kendala lain yang tak jarang dijumpai. Salah satunya adalah, ruang penyimpananan yang terbatas. Untuk itu, hal yang dapat dilakukan adalah memilih perabotan atau furnitur yang fungsional.

 

 

Salah satunya adalah furniture yang berguna untuk menyimpan barang, yakni buffet. Buffet atau rak penyimpanan ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pemilihan furniture yang funsional untuk rumah kecil Anda.

Rak penyimpanan ini selain dapat memuat segala jenis barang, juga dapat dijadikan salah satu furniture yang menambah kecantikan rumah kecil Anda.

 

Menata Furniture Dengan Baik

 

Memiliki rumah kecil, tentunya akan menuntut kreatifitas kita dengan penataan furniture yang baik dan tepat di dalam rumah. Mengingat keterbatasan ruang yang dimiliki.

Baca Juga:  Desain Taman Minimalis Untuk Hunian Yang Lebih Nyaman

Hal itu tidak jadi soal, jika kita pandai dalam mensiasatinya.

Contohnya penataan ruang tamu sekaligus ruang keluarga untuk rumah kecil. Hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah penataan furniture pada ruangan tersebut. Tentu beberapa hal yang menjadi bagian ruangan tersebut tidak lupa untuk diikutsertakan di dalamnya. Seperti TV, meja dan kursi atau sofa.

 

 

Dengan penempatan rak serba guna di dinding ruangan, yang berfungsi menaruh TV dan berbagai barang lain yang dibutuhkan. Menata meja dan sofa menghadap ke TV, serta penggunaan kursi tambahan untuk tamu atau anggota keluarga yang sedang duduk di ruangan ini. Anda juga dapat menambah karpet yang tebal untuk menambah rasa hangat di ruangan ini.

 

Menyimpan Barang Pada Tempatnya

 

 

Tuntutan yang lain agar rumah selalu nampak rapi dan nyaman adalah dengan menyimpan barang pada tempatnya. Hal ini dilakukan untuk tujuan agar selalu menjaga kerapian dalam rumah. Sebagai contoh, taruhlah sepatu pada rak sepatu yang telah dipersiapkan, atau peralatan dapur pada tempatnya.

Anda tentu tidak mau kan ada banyak barang bergelatakan di dalam rumah?

Karena, hal itu akan membuat rumah kecil tidak rapi dan tentu tidak enak dipandang.

 

Menggunakan Ornamen Pendukung

 

 

Penggunaan ornamen tertentu sebagai pendukung interior pada rumah kecil Anda. Ornamen yang dapat digunakan tentu banyak dapat dijumpai, seperti lampu gantung, karpet, gordyn, rak penyimpanan, meja serta kursi.

Sebagai contoh, pemilihan lampu gantung warna-warni dengan hiasan dinding yang seragam untuk ruangan ini. Sakan menambahkan nuansa Arabian style di dalamnya.

Untuk ornamen pendukung lainnya, tentunya tidak harus kaku. Anda tetap dapat mengeksplorasi ornamen tersebut dengan memilih barang yang seusai dengan kesukaan masing-masing.

 

Pemanfaatan Wallapper Pada Dinding Rumah

 

Dinding rumah salah satu bagian penting keberadaan di dalam rumah. Jal ini dapat menjadi salah satu prioritas pemilik rumah untuk menjadikan dinding rumahnya menjadi indah dan enak dipandang mata.

Tentu cat rumah merupakan hal utama yang banyak dipakai oleh banyak orang untuk mempercantik dinding rumahnya. Namun, ada hal lain yang dapat Anda coba untuk mempercantik dinding rumah kecil Anda, yaitu dengan menggunakan wallpaper.

Baca Juga:  Model Teras Rumah Masa Kini yang Modern dan Simpel

 

 

Beragam jenis pilihan warna dan bentuk wallpaper tersedia di pasaran dan beberapa mudah ditemukan secara online. Untuk memberikan kesan lapang di dalam rumah kecil Anda, direkomendasikan untuk memilih wana yang terang.

Namun, Anda dapat secara bebas megekspresikan dalam mempercantik dinding rumah. Seperti, pemilihan wallpaper dengan gambar dedauanan akan memberikan kesan ruangan bertema urban jungle di dalam rumah kecil Anda. Jangan lupa menyeragamkan wallpaper yang dipilih dengan furniture Anda ya. Agar rumah terlihat rapi dan eye catching.

 

Menata Dapur Selalu Rapi dan Bersih

 

Dapur merupakan salah satu ruang yang sering dijumpai di dalam rumah kecil. Ruangan ini tentu setiap hari akan didatangi oleh pemilik rumah, khususnya bagi orang yang sudah berkeluarga.

Dapur menjadi bagian penting di dalam rumah dan dijadikan salah satu tempat untuk memasak aerta mempersiapkan kebutuhan makanan untuk setiap anggota keluarga.

 

 

Untuk itu, pasti akan dijumpai banyak kegiatan di salah satu ruangan ini. Menjaga dapur agar selau rapi dan bersih menjadi suatu kewajiban.

Anda tentu tidak mau kan melihat dapur yang berantakan dan barang yang berserakan. Dengan rutin setiap habis memasak langsung membersihkannya, akan membuat rumah kecil Anda selalu nampak rapi, bersih dan nyaman saat ditinggali oleh anggota keluarga.

 

Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

 

Tidak hanya dapur saja lho yang bakal sering dikunjungi dan digunakan oleh anggota keluarga. Ruangan lain adalah kamar mandi. Karena tiap anggota keluarga untuk menjaga kebersihan badan, wajib mandi setiap hari.

 

 

Hal itu, menjadi bagian penting juga dalam menjaga kebersihan kamar mandi khususunya di rumah kecil. Dengan kamar mandi yang bersih, semua anggota keluarga pasti akan dibuat nyaman berada di dalamnya.

Selain perlengkapan untuk mandi, penambahan cermin dan rak untuk menyimpan berbagai alat membersihkan kamar mandi, serta gantungan handuk rasanya sangat diperlukan untuk kenyamanan pengguna.

Tambahkan vas bunga yang diisi tanaman hidup dan wallpaper motif bunga akan menambah betah waktu berada di kamar mandi.

ARTIKEL LAINNYA

The Rumah Property (therumahproperty.com) merupakan situs web Real Estate Agent (agen properti) di Jakarta. Situs web The Rumah Property (therumahproperty.com) menyuguhkan kumpulan artikel tentang seputar properti, serta memasarkan berbagai properti piihan terbaik untuk Anda.

Kami associate agent dari Premium One Property, salah satu perusahaan agen properti profesional (property agency) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Premium One Property adalah salah satu Official Property Agency yang telah menjalin kerjasama dengan banyak Developer ternama, untuk memasarkan produk-produk unggulan dan terbaru.

RUMAH DIJUAL

APARTEMEN DIJUAL

LISTING SECONDARY

ARTIKEL TERBARU

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian properti atau sewa properti Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp