Beberapa Tipe Apartemen Yang Perlu Kita Ketahui

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

Ketahui Beberapa Tipe Apartemen Sebagai Berikut

 

The Rumah PropertyBlog

Banyak tipe apartemen yang bisa Anda temukan di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya dan kota besar lain tentunya. Jadi tidak heran sebelum membeli apartemen, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan tipe atau jenis apartemen yang ada di pasaran terlebih dahulu.

Tentu dengan tujuan agar Anda tidak salah memilih jenis apartemen yang sedang Anda butuhkan. Di Jakarta maupun beberapa kota besar lainnya yang memiliki jumlah penduduk padat, jenis hunian apartemen memang sudah menjadi pilihan yang populer.

Berikut beberapa tipe unit apartemen yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut.

 

1. Tipe Apartemen Studio

 

Gambar ilustrasi lay out apartemen tipe studio (pinterest.com)

 

Tipe studio adalah salah satu tipe unit apartemen yang cocok untuk pelajar ataupun mahasiswa, dan paling popular karena harganya yang paling relatif terjangkau dibandingkan dengan tipe apartemen yang lainnya. Tipe ini tidak mempunyai kamar-kamar atau sekatan pada ruangan apartemen.

Sehingga, penghuni dapat menggunakannya sebagai tempat untuk tidur, menerima tamu atau bahkan menonton tv di tempat yang sama. Apartemen tipe studio ini cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena tidak sulit ketika akan membersihkan maupun dalam mendekorasinya.

 

2. Tipe Alcove

 

Gambar ilustrasi lay out apartemen tipe Alcove (pinterest.com)

 

Baca Juga:  Tips Agar Lantai Rumah Tetap Wangi

Tipe apartemen Alcove ini hamper mirip dengan tipe studio, hanya saja bentuk lay out unit apartemen saja yang menjadi pembedanya. Jika studio berbentuk persegi panjang atau persegi, alcove berbentuk huruf L dengan sudut terkecil untuk tempat tidur.

Sisa sudutnya dapat digunakan sebagai ruang untuk menonton tv, ruang tamu, tempat kerja maupun ruang lainnya sesuai dari kebutuhan pemilik.

 

3. Tipe 1 Bed Room

 

Gambar ilustrasi lay out apartemen tipe 1 bedroom (desig.kristinejaynephotography.com)

 

Tipe 1 BR ini adalah singkatan dari tipe 1 Bed Room yang artinya tipe apartemen dengan satu ruangan khusus untuk kamar tidur (satu kamar). Tipe unit apartemen ini cocok untuk Anda yang sudah menikah dan belum memiliki momongan.

Luas apartemennya memang lebih kecil, jika dibandingkan dengan dibanding tipe apartemen lain yang memiliki dua atau tiga tempat tidur di dalamnya.

Namun, saat ini ada beberapa pihak pengembang yang menyediakan apartemen dengan Tipe 1 Bed Room ditambah dengan satu ruangan tambahan yang dapat difungsikan sebagai study room atau ruang kerja. Tipe 1 Bedroom ini sering dikenal dengan nama atau istilah Tipe 1+1, yang artinya terdapat satu ruangan untuk kamar tidur plus satu ruang tambahan yang multifungsi.

 

4. Tipe 2 Bed Room

 

Gambar ilustrasi layout apartemen tipe 2 bedroom (pinterest.es)

 

Jika tadi ada tipe 1 Bed Room, maka ada juga tipe 2 Bed Room. Jadi tipe 2 Bed Room ini memiliki dua kamar tidur dan juga dua buah toilet. Biasanya terdapat satu kamar mandi di dalam kamar utama (master bed room) dan satu kamar mandi diluar, yang dapat digunakan oleh pemilik kamar tidur kedua (second bed room) dan para tamu yang sedang berkunjung.

Baca Juga:  Astra Property Raih Penghargaan Di PropertyGuru Indonesia Property Awards Tahun 2019

Tipe ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki pasangan dan momongan. Ukuran kamarnya lebih besar dibanding 1 Bed Room tadi.

Untuk informasi tambahan, Tipe 2 Bed Room ini juga hampir sama dengan Tipe 1 Bed Room di artikel diatasnya, ada juga dari pihak pengembang yang tipe 2 Bed Room yang lebih luas, 2 Bed Room plus study room atau pilihan maid room (kamar pembantu) di dalamnya, atau sering dikenal juga dengan Tipe 2+1.

 

5. Tipe 3 Bed Room

 

Gambar ilustrasi layout apartemen tipe 3 bedroom (pinterest.com)

Tipe lain untuk apartemen yang ada di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya adalah 3 BR atau 3 Bed Room. Jadi ada 3 kamar tidur didalam huniannya. Jenis apartemen ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki dua anak.

Tentu saja ukuran tipe ini lebih besar dibandingkan tipe 1 Bed Room ataupun 2 Bed Room. Tipe 3 Bed Room ini juga ditawarkan dari beberapa pihak Developer dengan tambahan 1 ruang kamar pembantu di dalamnya yang memiliki akses terpisah dengan unit Anda. Yang menjadikan privasi Anda sebagai sebuah prioritas.

Biasanya apartemen tipe 3 BR + 1 Maid Room ini, ditawarkan oleh perusahaan pengembang yang bermain di segmen apartemen kelas menengah keatas. Bahkan tambahan kamar pembantu tersebut dengan akses terpisah dari pintu utama apartemen tersebut. Karena, terkadang dijumpai beberapa tipe apartemen ini memiliki akses langsung melalui private lift ke dalam unitnya bagi sang pemilik.

Baca Juga:  Selain Rumah Minimalis Ini Tipe Rumah Modern Cocok untuk Milenial

Beberapa tipe apartemen yang mempunyai unit besar seperti 3 Bed Room keatas, antara lain Tipe 4 Bed Room dan Unit Penthouse. Selain dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang tidak terdapat pada apartemen standar. Biasanya, apartemen yang menyasar segemen para kalangan kelas atas ini dilengkapi dengan fasilitas yang dapat dikatakan premium. Seperti terdapatnya berbagai fasilitas yang memanjakan penghuninya.

 

Gambar ilustrasi fasilitas di apartemen (gites.fr)

Berbagai fasilitas tersebut, diantaranya fasilitas swimming pool in door, bahkan terkadang kolam renang tersebut dilengkapi dengan Jacuzzi. Selain itu terdapat berbagai fasilitas lainnya, seperti ruang menonton film (theater room), ruang steam plus sauna, ruang khusus bermain anak-anak di dalam gedung apartemen plus taman bermain anak-anak yang terdapat lingkungan luar apartemen, ruang khusus bermain bilyard, ruang meeting ataupun ruang serba guna untuk pertemuan serta berbagai acara, serta sky lounge, sky garden dan berbagai fasilitas lainnya di kawasan gedung apartemen tersebut yang jarang dijumpai di apartemen lain.

Bagi Anda yang membutuhkan hunian apartemen, sekarang banyak dijumpai developer atau pengembang yang menyediakan berbagai tipe apartemen. Jadi, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari jenis apartemen seperti apa yang Anda inginkan.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp