Apa Saja Ciri Khas Perumahan Residence? Ini Ulasannya

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

 

The Rumah Property – Blog.

Meningkatnya kebutuhan hunian rumah membuat banyak developer berlomba-lomba membangun model perumahan, mulai model residence, cluster, dan regency. Setiap model perumahan tersebut tentunya memiliki ciri khas yang bisa dibedakan. Kali ini yang akan diulas ialah ciri khas perumahan residence.

 

Lokasinya Berada Di Wilayah Sub-Urban

 

Poin pertama yang membedakan adalah lokasi perumahan. Lokasi perumahan ini berada di wilayah sub-urban. Wilayah sub-urban yang dimaksud adalah di pinggiran kota, tidak di tengah perkotaan. Bisa saja di daerah desa, wilayah kelurahan atau kecamatan tertentu, karena lokasinya umumnya dekat dengan pemukiman warga.

Kebanyakan perumahan jenis ini dibangun di area yang sebelumnya adalah persawahan. Namun, berbeda kondisinya dengan perumahan yang berada di kota-kota besar saat ini. Beberapa lokasi perumahan memiliki akses cukup strategis karena tidak lagi jauh dari kawasan perkotaan, ditunjang dengan progress pembangunan infrastruktur serta sarana prasarana.

Suasana kompleks perumahan juga lebih kondusif karena jauh dari keramaian. Perumahan model ini banyak ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah mengingat harga rumah relatif lebih terjangkau.

 

Jumlah Unit Rumah Terbatas

 

Salah satu ciri dari perumahan model residence adalah jumlah unit total rumah tidak begitu banyak. Memang bangunan yang dihasilkan akan lebih banyak karena pengaturan pembangunan yang dibuat berdekatan antar rumah sehingga memaksimalkan lahan yang ada.

Baca Juga:  Investasi Properti Yang Menguntungkan Untuk Anda

Namun, biasanya perumahan jenis residence hanya terdiri dari beberapa blok saja. Hal ini karena lahan utama tidak seluas perumahan jenis premium. Tiap blok nya juga tidak terdiri dari banyak unit rumah. Berbeda dengan perumahan premium yang jumlah unit rumahnya cukup banyak dan berukuran besar.

 

Tipe Hunian Hanya Satu (Seragam)

 

Ciri paling menonjol dari perumahan residence adalah tipe semua rumah yang ada di dalamnya seragam. Beberapa unit rumah tersebut dikonsep sama. Baik dari ukuran, warna rumah, dan desainnya. Dari sini Anda akan dapat membedakan antara residence dengan model perumahan lain.

Contohnya pada perumahan cluster. Tipe hunian perumahan cluster berbeda-beda. Ukuran tiap rumah, desain rumah, dan tampilan rumah sangat berbeda. Melihat beberapa perbedaan yang ada, maka sudah jelas bahwa pembangunan tiap jenis perumahan memiliki karakteristik masing-masing.

 

Desain Rumah Minimalis

 

Selain tipe rumah yang seragam, ciri khas kompleks residence yaitu berdesain minimalis. Desain minimalis rumah ini umumnya hanya terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan teras. Beberapa unit lainnya juga menyediakan taman. Teras atau garasi perumahan jenis residence ini juga tidak besar, maksimal cukup untuk 1 mobil saja.

Dengan desain rumah yang sederhana dan berukuran kecil, maka harga rumah di kompleks residence terbilang cukup murah. Hal ini juga didukung oleh lokasi bangunan yang jauh dari wilayah perkotaan, sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan perumahan di wilayah perkotaan.

Baca Juga:  Desain Ruang Tamu Rumah Gaya Jepang

 

Tingkat Keamanan Standar

 

Fasilitas yang diberikan hampir sama dengan semua jenis perumahan lain. Misalnya ada pos penjaga, masjid, lapangan, atau taman perumahan. Fasilitas umum tersebut memang perlu untuk dibangun demi menyediakan kebutuhan para penghuni perumahan.

Pada setiap perumahan pasti ada petugas keamanan atau satpam. Biasanya juga disediakan CCTV untuk mengawasi area perumahan. Namun, segi keamanan perumahan model residence terbilang standar atau cukup terbatas.

Setelah membaca ciri-ciri dari perumahan residence di atas, semoga Anda sudah bisa membedakan antara jenis perumahan yang banyak diminati masyarakat ini dengan jenis perumahan lain yang saat ini banyak dibangun.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp