Apa Itu Townhouse? Simak Ulasannya di Sini

The Rumah Property – Blog.

Berbagai jenis perumahan kini ditawarkan sebagai hunian yang menarik. Salah satu jenis hunian yang banyak diperbincangkan adalah townhouse. Apa itu townhouse? Beberapa informasi mengenai townhouse dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

 

Pengertian Townhouse

 

Townhouse merupakan suatu konsep hunian berupa sebuah kompleks kecil dengan jumlah rumah kurang dari 30 unit. Rumah-rumah ini dibangun berjajar dengan dinding yang saling menempel (dinding bersama atau couple).

 

 

Townhouse yang disebut juga sebagai rumah Bandar sekilas hampir sama dengan perumahan pada umumnya. Akan tetapi townhouse terlihat lebih eksklusif dengan desain rumah yang seragam dan tata ruang yang rapi.

Kompleks kecil konsep perumahan ini disebut dengan muster. Setiap cluster memiliki sistem keamanan yang terpercaya dengan penjagaan 24 jam, serta fasilitas pendukung yang lebih lengkap. Anda dapat menikmati fasilitas berupa kolam renang, taman bermain, dan fasilitas lain dalam satu muster.

 

Sejarah Townhouse

 

Konsep townhouse berasal dari Amerika, bernama row house. Row berarti baris dan house berarti rumah, sehingga pada dasarnya, konsep rumah ini berupa barisan rumah dengan desain yang sama. Namun, row house tidak begitu menjual di Indonesia, sehingga dipopulerkan dengan townhouse.

 

 

Konsep hunian ini masuk di Indonesia pada era 1990-an sebagai hunian untuk para ekspatriat. Hal ini membuat townhouse memiliki lokasi strategis yang dekat dengan segala fasilitas umum seperti fasilitas perkantoran, pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Desain Interior Apartemen Studio Minimalis Berbasis Smarthome

Dalam perkembangannya, townhouse di Indonesia mengalami kerancuan dengan konsep perumahan lain. Townhouse yang seharusnya hanya memiliki sedikit rumah untuk penjagaan yang lebih efisien, kini berubah menjadi lebih besar hingga mencapai 100 unit rumah per muster.

 

Konsep Townhouse

 

Apa itu townhouse juga dapat diketahui dengan mengenali konsep townhouse yang sesungguhnya. Townhouse dibangun sebagai konsep hunian berupa deretan rumah-rumah dengan desain dan luas yang sama, dimana hal ini tidak boleh diubah.

 

 

Anda tidak diperkenankan untuk melakukan renovasi atau perombakan pada desain rumah townhouse. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena setiap bangunan di townhouse didesain oleh arsitek handal dan dibangun dengan material berkualitas tinggi sehingga kualitas bangunan tak perlu diragukan.

Area townhouse juga mengadopsi konsep one gate system, dimana setiap mobilitas keluar-masuk muster hanya dapat melalui satu gerbang saja. Pada gerbang ini terdapat penjaga yang akan memastikan setiap orang yang masuk dan keluar cluster sehingga keamanan tetap terjaga.

 

Lokasi Townhouse

 

 

Pada umumnya, townhouse dibangun di area tengah kota, dimana akses pada fasilitas umum mudah dijangkau. Townhouse cenderung dibangun pada lokasi yang dekat dengan fasilitas mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan berbagai fasilitas lain.

Hal ini sedikit banyak memberi pengaruh pada harga unit rumah di townhouse yang cenderung mahal. Namun kini banyak kalangan yang belum mengerti apa itu townhouse menganggap townhouse dapat berlokasi di mana saja asal tidak menyalahi aturan dasar townhouse.

Baca Juga:  Rekomendasi Desain Kamar Apartemen yang Menarik

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp