Apa Itu Smarthome? Ini Ulasannya Untuk Anda

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog.

Dampak perkembangan teknologi memang dirasakan hampir di semua bidang, kehidupan. Tidak terkecuali di dunia properti. Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan juga terjadi di dunia ini. Smarthome disini adalah salah satu contohnya.

Produk ini adalah salah satu bukti pemanfaatan kemajuan teknologi yang ditujukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penghuninya.

 

 

Pengertian Smarthome

 

Smarthome sendiri berasal dari dua kata yaitu smart yang berarti pintar, dan home yang berarti rumah atau hunian. Jadi  secara sederhana, bisa diartikan sebagai rumah pintar. Lalu apa yang dimaksud dengan rumah pintar itu sendiri?

Di sini rumah pintar diartikan sebagai rumah yang dilengkapi dengan teknologi canggih yang berguna mengatur berbagai peralatan di dalam rumah sehingga memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Rumah pintar ini, memang diintegrasikan sebuah teknologi yang memungkinkan penghuninya mengatur semua peralatan di dalam rumah hanya dengan sebuah gawai saja.

Ada banyak perlatan rumah yang bisa dioperasikan dengan teknologi rumah pintar ini. Diantaranya adalah sistem pencahayaan, pengatur suhu ruangan, sistem keamanan rumah, sistem hiburan, peralatan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dan lain-lain.

 

Cara Kerja Smarthome

 

Seperti sudah dijelaskan, rumah pintar ini adalah rumah yang dilengkapi dengan sebuah teknologi yang diaplikasikan dengan menggunakan sebuah sistem. Sistem yang digunakan di sini berupa sebuah gawai yang pada pengoperasiannya bisa ditempelkan pada dinding.

Baca Juga:  Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Dalam Kamar Tidur

Selain itu, sistem juga bisa diaplikasikan pada sebuah UI yang dipasang pada perangkat computer, tablet, situs web, ataupun berupa aplikasi pada handphone. Adanya teknologi rumah pintar ini, tentunya akan sangat memudahkan penghuninya dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengoperasian peralatan di dalam rumah.

Singkatnya, di sini penghuni rumah tidak perlu beranjak dari tempat, tetapi  hanya cukup dengan menekan tombol di layar handphone atau komputer, maka peralatan rumah yang dimaksudkan  akan bekerja atau berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Misalnya saja saat untuk mengatur suhu ruangan di dalam rumah. Di sini Anda bisa menggunakan teknologi rumah pintar berupa smarthome heating system.

Sistem yang digunakan di sini berbentuk smart thermostat. Yaitu semacam alat pengukur suhu ruangan yang bekerja secara otomatis karena adanya perubahan suhu. Dengan menggunakan teknologi rumah pintar, pengaturan suhu ruangan cukup dinyalakan secara otomatis melalui smartphone Anda.

Bukan hanya pengatur suhu ruangan. Teknologi rumah pintar ini juga bisa digunakan untuk keperluan peralatan rumah lainnya.  Katakanlah diantaranya seperti untuk membuka dan menutup pintu rumah, mengatur kerja mesin cuci, kulkas, bahkan juga bisa digunakan untuk keperluan memesan barang secara online.

Pada intinya, smarthome sistem ini adalah teknologi yang terhubung ke internet, dan bisa dioperasikan melalui jaringan yang terintegrasi pada smartphone penghuni rumahnya. Dengan sistem ini sekaligus berbagai produk smarthome yang ada, bahkan pengawasan jarak jauh pun bisa dilakukan.

Baca Juga:  Tanaman Penyerap Racun Sekaligus Tanaman Hias Di Ruangan Rumah

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp