Alasan Pilih Bisnis Kos-kosan di Jabodetabek Sebagai Passive Income Anda

Bisnis Kos-kosan di Jakarta dan Depok (Jabodetabek)

 

The Rumah Property – Blog.

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu bisnis properti yang cukup diminati oleh beberapa kalangan hingga saat ini. Jenis busaha ini, dapat dikatakan sudah menjamur di beberapa kota besar di Indonesia. Sebut saja seperti kota Jakarta dan beberapa kota satelitnya, antara lain Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang dan Kota Bekasi (kawasan Jabodetabek).

Jika dilihat dari berbagai sisi, seperti segi aktifitas dan segi ekonomi dari beberapa kawasan perkotaan itu sendiri. Didapati banyak warga pendatang ke suatu kawasan kota-kota besar seperti Jabodetabek untuk mencari pekerjaan ataupun universitas untuk kuliah. Secara otomatis, akan ada kebutuhan rumah kos-kosan bagi pendatang yang sedang mencari kebutuhan untuk sebuah tempat tinggal sementara di perantauan baik berupa kontrakan maupun kos-kosan yang disewakan. Banyak dijumpai rumah kos yang memiliki lokasi strategis dekat dengan kawasan perkantoran, maupun rumah kos dekat dengan area kampus yang banyak diincar oleh para pendatang.

 

 

Bagi para pendatang yang masih single, cenderung lebih memilih kos-kosan sebagai tempat tinggal sementara mereka. Karena beberapa kamar kos-kosan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas standar yang dibutuhkan, antara lain fasilitas tempat tidur, lemari pakaian, kamar mandi dalam, dan AC di tiap kamarnya.

Beberapa rumah kos yang tergolong eksklusif pun juga menyediakan fasilitas lebih, seperti fasilitas parkir kendaraan (motor dan mobil), fasilitas dapur, ruang serba guna, serta konsep roof top yang difungsikan sebagai garden maupun dijadikan fasilitas lainnya.

Namun terdapat juga beberapa rumah kos yang memiliki fasilitas yang terbatas. Misalnya, pada beberapa kamar kos tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi sendiri di dalam kamarnya. Sekain itu, di beberapa rumah kos-kosan memiliki beberapa fasilitas kamar mandi yang berada diluar kamar mereka. Sehingga, beberapa penghuni kamar kos-kosan harus berbagi fasilitas kamar mandi secara bergantian.

Harga sewa untuk kamar kos memang dipengaruhi dari segi fasilitas yang didapatkan, baik fasilitas internal maupun fasilitas eksternal di sekitarnya. Beberapa faktor lainnya adalah dari segi lokasi, semakin strategis lokasi akan semakin menarik minat dari para penyewa, selain itu juga dapat mendongkrak harga sewa.

Bisnis kos-kosan ini sangat cocok bagi siapapun yang menginginkan sebuah passive income atau penghasilan rutin tiap bulan, karena bisnis properti ini dapat dikatakan suatu revolusi bisnis era modern atau jaman millennial saat ini.

Baca Juga:  Pilihan Warna Cat kamar Mandi Agar Tampak Luas

 

 

KEUNGGULAN USAHA RUMAH KOS KOSAN

 

Berikut adalah keuntungan bisnis kos-kosan.

1. Permintaan Kamar Kos Selalu Ada di Kawasan Perkotaan

 

Banyak dijumpai beberapa kalangan masyarakat di kawasan perkotaan misalnya untuk area Jabodetabek maupun kawasan perkotaan lainnya belum segera membeli properti untuk tempat tinggal. Baik hunian berupa rumah tapak ataupun apartemen, dikarenakan harga properti tersebut dirasa masih terlalu tinggi untuk beberapa kalangan, dan jauh dari kemampuan bayar.

Bagi sebagian orang akhirnya memilih kos-kosan ataupun kontrakan untuk tempat tinggal sementara, sembari menabung uang untuk dapat membeli tempat tinggal di kemudian hari.

Kos-kosan juga banyak dicari para karyawan ataupun para mahasiswa untuk saat ini, khususnya kos-kosan yang memiliki lokasi yang cukup strategis. Misalnya dekat dengan area perkantoran, area universitas, ataupun dekat dengan pusat perbelanjaan. Inilah beberapa alasan yang menjadikan rumah kos-kosan salah satu bisnis properti yang diminati oleh beberapa oraang untuk berinvestasi properti.

 

2. Memberikan Penghasilan Rutin Tiap Bulan

 

Mengapa usaha kos-kosan cukup diminati dan dijadikan sebuah bisnis di era modern saat ini

Karena bisnis rumah kos-kosan ini, dapat memberikan penghasilan rutin tiap bulan secara terus menerus hingga jangka waktu ke depan. Misalnya, anggap saja jika memiliki sebuah rumah kos-kosan yang strategis di daerah Margonda Depok dengan jumlah 8 kamar yang tersewa penuh, dengan harga sewa per bulannya di kisaran angka 1,2 juta per bulan. Setiap bulan sang pemilik rumah kos-kosan akan menerima penghasilan rutin sebesar 9,6 juta dari hasil sewa keseluruhan kamar tersebut.

Sebuah passive income yang menarik bukan?

Bayangkan jika Anda menghitung penghasilan usaha rumah kos-kosan tersebut selama satu tahun. Pemilik usaha rumah kos-kosan mendapatkan penghasilan yang lumayan cukup besar, yaitu 115,2 juta rupiah. Bagaimana jika jumlah kamar kos yang dimiliki lebih banyak, misalnya hingga puluhan unit kamar lebih dan memiliki harga sewa lebih tinggi? Tentunya akan menjadi suatu usaha atau bisnis menggiurkan dan mengunguntungkan lagi bagi pemilik.

Tetapi jangan dihitung semuanya sebagai pendapatan bersih, dikarenakan pemilik rumah kos-kosan harus mengeluarkan biaya-biaya perawataan setiap bulannya. Katakanlah untuk membayar jasa orang yang membersihkan seluruh area rumah kos-kosan, plus biaya bulanan kebutuhan air dan listrik maupun biaya lainnya yang harus dibayarkan.

Baca Juga:  Tips Memilih Kos Bagi Mahasiswa

Beda hal, jika rumah kos-kosan tersebut menerapkan token listrik terpisah pada masing-masing kamar kos. Karena sekarang ini, banyak dijumpai rumah kos-kosan yang sudah menggunakan token listrik terpisah di tiap unit kamar. Jadi pemakaian listrik tiap penggunaan kamar kos, ditanggung oleh masing-masing dari penyewa.

Menarik bukan usaha rumah kos-kosan ini?

 

3. Memiliki Capital Gain dan Capital Rate

 

Memiliki aset sebuah usaha rumah kos-kosan juga mendapatkan beberapa keuntungan lebih yang lain, diantaranya adalah capital gain atau istilahnya kenaikan harga properti yang didapatkan per tahun. Karena terdapat kenaikan nilai tiap tahunnya dari nilai tanah dan bangunan tersebut dalam periode tertentu.

Yang kedua memiliki capital rate juga di dalamnya, dimana kos-kosan tersebut dapat menghasilkan (return) dari penyewa tiap bulan dan bahkan stabil selama pertahun, dengan catatan kos tersebut selalu terisi penuh.

Umumnya untuk rata-rata Capital Gain dapat mencapai di angka 7-10% per tahun kurang atau lebih, tergantung dari lokasi dan segala sarana prasarana yang terdapat pada rumah kos-kosan tersebut. Mengenai Capital Rate atau return yang diterima rata-rata di angka 2,5-7 % per tahun kurang atau lebih. Semakin lokasi strategis dan terdapat berbagai fasilitas lengkap, akan menentukan nilai lebih serta daya tarik dari rumah kos-kosan itu sendiri.

 

4. Dapat Membuka Beberapa Peluang Usaha Lain

 

Memiliki usaha rumah kos-kosan, dapat memberikan nilai yang lebih bagi pemiliknya, selain keuntungan yang didapatkan dari hasil sewa kamar kos tersebut. Kita ambil contoh peluang yang pertama adalah peluang laundry. Jika pada rumah kos-kosan tersebut katakanlah memiliki puluhan kamar kos-kosan, dengan kesibukan masing-masing para penyewa dalam kesehariannya, baik untuk bekerja ataupun untuk soal hal kuliah. Dari seluruh penghuni kos-kosan, tdak semuanya mencuci pakaiannya sendiri. Sehingga, dapat membuka peluang bagi pemilik rumah kos untuk membuka jasa cuci pakaian (laundry).

Peluang kedua yang didapatkan adalah peluang usaha katering makanan. Dari seluruh penyewa kos tersebut, sering dijumpai beberapa penghuni kamar kos yang tidak memasak sendiri. Karena sudah sibuk dengan aktifitas yang cukup padat padat di dalam kesehariannya. Akhirnya mereka memutuskan membeli makanan diluar. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha rumah kos-kosan untuk menawarkan jasa katering makanan kepada penghuni kos, sehingga jasa katering makanan dapat menjadi peluang berikutnya.

Peluang ketiga adalah penjualan pulsa dan kuota internet. Karena terdapat banyak penyewa pada rumah kos-kosan tersebut, pemilik rumah kos dapat menawarkan jasa penjualan pulsa atau paket data/kuota internet kepada mereka. Karena kebutuhan pulsa atau kuota internet (telekomunikasi) di jaman modern sekarang ini cukup besar, karena mayoritas orang sudah menggunakan smartphone.

Baca Juga:  Ciri Khas Desain Rumah Mewah di Masa Kini yang Banyak Dirujuk

 

5. Potensi Balik Modal atau Break Even Point

 

Kalau sedang berbicara suatu bisnis, pasti yang tergambar di dalam benak pikiran sang pelaku bisnis adalah kapan sekiranya usaha tersebut akan mendapatkan Break Even Point atau dapat balik modal?

Karena bisnis kos-kosan menghasilkan return tiap bulannya, plus keuntungan lain yang didapatkan dari investasi properti yaitu capital gain. Sehingga, pemilik usaha rumah kos-kosan akan mendapatkan double keuntungan.

Dengan estimasi dari penghasilan rutin tiap bulannya serta kenaikan properti dari tahun ke tahun, dapat memberikan peluang bagi sang pelaku usaha mencapai balik modal. Dengan perkiraan kisaran waktu kurang atau lebih 8 hingga 10 tahun (ataupun lebih), tergantung dari segi nilai kenaikan nilai properti tersebut serta penghasilan rutin yang didapatkan. Semakin strategis lokasi dari bisnis kos-kosan itu berada, serta segala sarana prasarana yang didapatkan tentunya akan memberikan pengaruh untuk usaha ini.

Banyak orang yang berminat menekuni binsis rumah kos-kosan ini, karena dianggap suatu usaha yang simple dan tidak terlalu ribet untuk ditekuni atau dijalankan. Sekain itu, memberikan keuntungan berupa penghasilan rutin tiap bulannya, serta dapat dijadikan sebagai aset tabungan masa tua atau masa depan nanti.

Menarik bukan mengenai bisnis kos-kosan ini? Namun, Anda dirasa perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis kos atau usaha rumah kos.

Jika Anda berminat dan ingin berinvestasi bisnis kos-kosan, kami memiliki listing properti rumah kost dijual di berbagai area dekat perkantoran di Jakarta, di kawasan eksklusif Kemang, Jakata Selatan maupun di kawasan Margonda, Depok yang memiliki akses dan dekat menuju kampus UI atau kampus Gunadharma .

Diantaranya, adalah sebagai berikut.

  1. Rumah Kost 8 Kamar Dekat Margonda Depok Dengan Perabot dan AC.
  2. Dijual Rumah Kost 2 Lantai Dengan 16 Kamar di Margonda Depok Sudah Terisi Penyewa.
  3. Rumah Kost Dijual di Kebagusan Belakang Perkantoran Arkadia TB Simatupang Jakarta Selatan.
  4. Rumah Kos Dijual di Kawasan Kemang Jakarta Selatan.
  5. Rumah Kost Dijual di Tebet Jakarta.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat salam sukses dan selamat berinvestasi properti.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp