Adakah Kekurangan Tinggal di Townhouse? Ini Penjelasannya

The Rumah Property – Blog.

Tinggal di sebuah kompleks perumahan kecil dengan fasilitas lengkap atau biasa disebut townhouse, memang sangat menggiurkan. Namun, ada beberapa kekurangan tinggal di townhouse. Apa saja kekurangan tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

 

Harga Mahal

 

Untuk mendapatkan hunian berkualitas tinggi dengan lingkungan dan keamanan yang menjanjikan tentu harus dibayar dengan biaya yang tidak sedikit. Harga satu uit rumah townhouse cenderung lebih mahal dibandingkan dengan rumah pada perumahan pada umumnya.

 

Photo by Giorgio Trovato on Unsplash

 

Mahalnya harga townhouse disebabkan oleh beberapa factor. Pertama, harga tanah yang cenderung tinggi. Townhouse pada umumnya dibangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Semakin banyak fasilitas yang mudah dijangkau, maka harga tanah juga cenderung akan naik.

Selain itu, factor bangunan rumahnya juga membuat unit rumah di townhouse lebih mahal. Unit rumah didesain oleh arsitek dengan bentuk bangunan yang besar dan bertingkat. Rumah ini dibangun dengan material berkualitas tinggi sehingga biaya yang dikeluarkan cenderung lebih mahal.

 

Tampilan Unit Tetap

 

 

Dengan tawaran berupa bangunan yang didesain oleh arsitek dan tampak eksklusif, konsep hunian ini memiliki kekurangan pada tampilannya. Tampilan unit rumah di townhouse tidak dapat diubah menjadi salah satu kekurangan tinggal di townhouse.

Hal ini merupakan aturan yang menjadi ciri khas townhouse. Anda tidak dierkenankan mengubah façade dari rumah townhouse Anda. Namun Anda tidak perlu ragu karena rumah townhouse memiliki desain yang menarik dengan kualitas material yang bagus sehingga jarang membutuhkan renovasi.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Properti Dari Sekarang

 

Biaya Iuran Perawatan Bulanan (IPL) Tinggi

 

Lagi-lagi masalah keuangan menjadi kendala yang kurang menguntungkan dari townhous. Tinggal di townhouse berarti Anda harus siap membayar iuran perawatan bulanan yang tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan perumahan biasa, iuran di townhouse cenderung lebih mahal.

 

Photo by Katie Harp on Unsplash

 

Banyak hal yang harus dibaayarkan bersama untuk merawat keeksklusifan townhouse. Seluruh fasilitas yang tersedia dalam townhouse membutuhkan perawatan dengan biaya yang tidak sedikit. Biaya ini dibebankan pada seluruh penghuni townhouse dan dibayarkan secara iuran.

Tidak hanya fasilitas bangunan saja. Fasilitas keamanan juga membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi. Untuk menjaga keprofesionalan petugas keamanan di townhouse, harga yang harus dibayar pun tidak murah, terlebih penjagaan tersebut berlangsung selama 24 jam non stop.

 

Minim Kegiatan Sosialisasi Antarwarga

 

Bagi Anda yang senang bersosialisasi dengan tetangga dan warga sekitar, tinggal di townhouse agaknya kurang cocok untuk Anda. Townhouse pada umumnya dihuni oleh kalangan menengah ke atas yang biasanya memiliki jadwal kegiatan padat sehingga jarang berada di rumah.

Kesibukan pada warga townhouse membuat warga pada umumnya tidak memiliki cukup waktu untuk bersosialisasi dengan tetangga sekitar rumah. Hal ini menjadi salah satu kekurangan tinggal di townhouse terkait dengan kurangnya rasa kekeluargaan antartetangga.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp