7 Tips Membantu Anda Mendesain Interior Dapur

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp

The Rumah Property – Blog

7 Tips Membantu Anda Mendesain Interior Dapur – Dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam hunian kita. Karena satu ruangan ini, akan selalu dikunjungi setiap hari untuk melakukan kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan untuk memenuhi kebutuhan bagi semua anggota keluarga.

Memiliki rencana desain yang fungsional dan dipikirkan dengan matang sangat penting untuk menciptakan dapur yang cocok untuk Anda dan keluarga. Untuk itu, sebelumnya perlu rasanya Anda ketahui mengenai jenis dan tata letak dapur.

 

tips mendesain interior dapur
Tips mendesain interior dapur (image via Unplash)

 

Sebelum mempertimbangkan warna dan fitur dekoratif, penting untuk mendapatkan ruang, posisi peralatan dan permukaan yang tepat untuk memastikan bahwa ruang dapur Anda berfungsi sesuai keinginan Anda. Jika Anda merencanakan renovasi dapur atau sedang membangun rumah baru, diperlukan perencanaan yang cermat untuk memastikan desain interior dapur modern yang indah dan sangat fungsional.

 

Berikut ini tips desain interior dapur untuk membantu mengubah dapur Anda menjadi salah satu ruang impian Anda sehari-hari.

1. Rencanakan Tata Ruang Dengan Baik

 

Saat ingin mendesain ulang dapur, pikirkanlah terlebih dahulu dapur akan menggunakan desain berbentuk U atau L, kemudian rencanakanlah dimana Anda akan meletakkan peralatan dapur Anda.

Penataan peralatan dirasa perlu diperhatikan, agar dapur terlihat bersih dan tertata dengan baik. Selain itu, juga akan memudahkan kita dalam mencari barang keperluan dapur yang sedang dibutuhkan. Dengan rencana penataan tata ruang dan menempatkan peralatan pendukungnya, tentu fungsi dapur akan lebih optimal.

Baca Juga:  Warna Cat Dinding Luar Rumah Tampak Cerah

 

2. Beri Ruang Untuk Penyimpanan

 

Kesalahan terbesar yang dilakukan sebagian orang pada tahap perencanaan adalah tidak memungkinkan penyimpanan yang cukup.

Gunakanlah setiap sudut dan celah untuk meletakkan lemari overhead tepat di langit-langit, hal itu lebih baik daripada meninggalkan celah di atasnya yang akan mengumpulkan debu. Selain mengoptimalkan ruang penyimpanan, memiliki tujuan agar Anda dapat membersihkan dengan mudah ruang tersebut Anda sekaligus peralatan yang ada.

 

Apa Fungsi dari Pencahayaan?

 

perlumya pencahayaan di dapur
Perlunya pencahayaan di dapur (image via Unplash)

 

3. Perhatikan Pencahayaan

 

Pencahayaan berfungsi ketika Anda melakukan berbagai aktivitas dan sosialisasi saat berada di dapur, tidak hanya itu pencahayaan juga meningkatkan tampilan estetika dapur Anda.

Pencahayaan selain dapat didapatkan dari cahaya sinar lampu hunian kita, alangkah lebih baik usahakan juga mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Membuat lubang untuk ventilasi pada dinding dapur, yang berfungsi selain untuk pencahayaan akan menjadikan sirkulasi di ruangan dapur menjadi lancar.

Dengan pencahayaan yang baik diikuti dengan sirkulasi udara yang lancar, akan membuat dapur juga menjadi lebih sehat.

 

4. Memiliki Penyimpanan Dapur Yang Tepat

 

Gunakanlah lemari yang mudah Anda jangkau untuk mengambil peralatan dapur. Hal tersebut akan lebih efektif daripada menggunakan lemari lantai standar di mana Anda harus berlutut untuk melihat barang-barang tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Karakteristik Rumah Gaya Jawa

Dengan memilih model lemari yang fungsional, tentu akan mengoptimalkan ruang penyimpanan ini di dapur Anda. Besaran ruang pada lemari, dapat disesuaikan dengan kebutuhan barang yang terdapat pada dapur.

 

5. Berikan Kepribadian Dapur

 

Dengan memilih warna cat dinding dapur atau memilih desain wallpaper dapur yang cantik, akan memberikan kepribadian desain interior dapur Anda secara detail.

Pemilihan wallpaper atau cat dinding yang cerah, akan memberikan kepribadian atau nuansa yang energik di dalam dapur. Dengan nuansa tersebut, akan membuat dapur menjadi salah satu tempat yang menyenangkan.

 

6. Utamakan Keamanan

 

Jadikan dapur Anda seaman dan seramah mungkin untuk keluarga, misalnya seperti mempertimbangkan letak oven pada ketinggian dewasa untuk meminimalkan resiko yang berbahaya untuk anak Anda.

Selain itu berikan perhatian lebih kepada peralatan yang dapat mengakibatkan resiko berbahaya bagi penghuni, misalnya penempatan tabung gas dan peralatan berbahaya lainnya, seperti pisau atau benda tajam yang ada.

Dengan menyedikan tempat khusus pada beberapa peralatan dapur tersebut, akan memberikan sebuah rasa aman bagi seluruh keluarga Anda.

 

7. Pilih Kualitas Bahan Tertinggi Sesuai Anggaran Anda

 

Bahan-bahan dan hasil akhir yang Anda pilih untuk dapur pada akhirnya akan menentukan tampilan dan nuansa ruangan, tetapi yang lebih penting adalah menjaga dapur Anda supaya bisa bertahan lama. Cobalah untuk memasukkan sebanyak mungkin bahan-bahan yang berkualitas tinggi sesuai anggaran Anda.

Baca Juga:  Penataan Interior Kantor yang Minimalis dengan Konsep yang Fresh

Anda dapat memulai dengan membuat catatan khusus yang berisi anggaran biaya kebutuhan bahan interior, barang serta peralatan yang akan Anda gunakan pada dapur. Usahakan memilih bahan interior maupun barang perlengkapan dapur yang kualitas tinggi, karena hal itu akan mempengaruhi usia penggunaan dan ketahanan barang itu sendiri.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai 7 Tips Membantu Anda Mendesain Interior Dapur.

Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA

error: Agen properti di Jakarta
×

Konsultasikan kebutuhan pembelian tempat tinggal Anda kepada kami.

× Chat WhatsApp